Memaafkan Diri Sendiri

Seringkali kita merasa lebih mudah untuk memaafkan orang lain daripada memaafkan diri kita sendiri.

Ketika anda melakukan sesuatu dan ternyata gagal maka seharusnya anda mempelajarinya dan melanjutkan usaha. Memaafkan diri sendiri tidak berarti bahwa anda menerima perilaku anda sendiri, atau bahwa anda memaafkan apa yang anda lakukan. Semua itu berarti menerima apa adanya sebagai manusia.

memaafkan diri sendiri

Tidak ada yang sempurna dan sebenarnya itulah keindahan dari kita. Menghukum diri sendiri terus-menerus bukanlah jawaban. Jika anda memaafkan diri sendiri maka anda dapat bergerak maju, dapat tumbuh dari pengalaman dan menggunakannya sebagai tindakan positif untuk masa depan. Maafkan diri anda maka akan dapat mencintai diri sendiri. Dan ketika anda mencintai diri sendiri, untuk semua sifat positif dan negatif, maka anda dapat memahami diri sendiri jauh lebih baik.

Jika anda tahu bahwa anda kembali bertindak dengan cara tertentu untuk situasi tertentu, maka suatu ketika anda akan dapat melihat tanda-tanda peringatan dan kontrol diri. Sekuat mungkin untuk menerima, memaafkan bukanlah tanda kelemahan melainkan tanda kekuatan. Memaafkan diri sendiri akan mengembalikan kekuatan dalam kehidupan anda.

,

Comments are closed.