Rahasia Masa Depan

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada kehidupan kita di masa depan. Inilah tempat dimana masalah iman seseorang diuji, terutama komitmen untuk melakukan apa yang dia inginkan dengan cara apapun. Apa yang terjadi sekarang belum pernah dikenal sebelumnya, kecuali hanya sebatas perencanaan. Begitu juga apa yang akan terjadi beberapa waktu kemudian.

Ada banyak peristiwa seperti ini yang mempengaruhi totalitas keinginan kita. Seorang anak yang berasal dari keluarga miskin tidak bisa bersekolah adalah hal yang dapat diterima akal. Tapi siapa yang pernah berpikir bahwa ia akan berhasil tanpa biaya sebelumnya. Anak-anak orang kayapun belum tentu akan mengalami keberhasilan.  Rahasia inilah yang harus menjadi renungan.

Ada orang yang menolak pekerjaan sederhana yang ditawarkan kepadanya. Dia terlalu yakin dengan kemampuan sendiri. Tetapi siapa yang bisa memastikan bahwa banyak orang yang gagal karena masalah yang sederhana. Dan tidak sedikit orang yang berhasil dengan memulai dari pekerjaan kecil atau bagi sebagian orang dipandang rendah.

Masa depan, tidak pernah ada yang dapat memastikan hal itu terjadi. Yang menjadi kewajiban kita adalah melakukan segala sesuatu dengan upaya yang terbaik. Selalu membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan mental.

Termasuk rahasia tentang masa depan kematian. Siapa yang mengira bahwa kematian akan merenggut kehidupan pada waktu yang tidak diinginkan. Masa depan hanyalah bagian dari kehidupan seperti sekarang. Bersiaplah selalu!

Comments are closed.