Nyeri Dada Saat Berlari

Rasa nyeri dada saat berlari dan seperti ditekan adalah salah satu dari tanda-tanda serangan jantung. Itulah sebabnya mengapa kebanyakan orang merasa khawatir jika mengalami sakit pada daerah ini. Namun, rasa sakit di dada dapat disebabkan oleh kondisi yang mungkin tidak berhubungan dengan masalah jantung. Artikel berikut ini memberikan informasi tentang faktor di balik nyeri dada saat berlari.

Nyeri dada sering menjadi masalah yang serius karena ada kemungkinan tinggi bahwa rasa sakit tersebut dipicu oleh kondisi kardiovaskular. Rasa sakit di dada ini dapat dikaitkan dengan kondisi medis seperti masalah jantung atau non jantung. Misalnya, rasa sakit yang timbul pada dada bisa disebabkan oleh peradangan pada kartilago kosta. Cedera tulang rusuk, infeksi yang menyebabkan batuk dengan keras, stres, kecemasan, nyeri ulu hati, dapat menjadi beberapa faktor yang menjadi sebab nyeri dada. Kadang-kadang orang mengeluhkan nyeri dada saat berjalan bahkan saat berlari. Dalam kondisi berjalan, berlari ataupun melakukan gerakan intensif, jantung harus bekerja lebih keras. Tingkat pernapasan juga akan meningkat, karena lebih banyak oksigen yang diperlukan. Paru-paru harus bekerja lebih keras untuk pertukaran oksigen dan karbondioksida. Jika seseorang sering mengalami sesak napas dan nyeri daerah dada pada saat melakukan aktivitas fisik, akan lebih baik untuk melakukan pemeriksaan medis guna mengatasi kemungkinan adanya masalah kardiovaskular atau kondisi yang bersifat nonjantung.

Nyeri dada saaat berlari

Nyeri dada saat berlari dapat disebabkan karena pernafasan yang tidak teratur, atau juga karena otot-otot dada yang lelah. Dalam berlari juga harus memastikan untuk mengikuti teknik berlari yang tepat.

Sindrom prekordial bisa menjadi alasan di balik nyeri dada ketika berlari pada anak-anak dan dewasa muda. Hal ini menghasilkan nyeri di dada saat menghirup dan menghembuskan napas, terutama saat mengambil napas panjang. Nyeri ini berlangsung sekitar 2 sampai 3 detik. Namun, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, mungkin juga dapat berlangsung selama sekitar setengah jam. Tidak ada cara untuk mengobatinya karena penyebabnya belum diketahui secara pasti.

Angina terjadi ketika jantung tidak memberikan darah dengan oksigen yang cukup. Ketika sedang berlari, aliran darah yang terbatas menyebabkan nyeri di dada. Angina bisa menjadi indikasi tekanan darah berfluktuasi atau pembesaran jantung.

>>  Sakit Dada Sebelah Kiri Bawah

Setiap aktivitas yang berat membuat otot tubuh bagian atas meregang, termasuk otot jantung. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pelari maraton bisa berada pada risiko peradangan reversibel dari otot jantung.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pelari maraton berada pada resiko terkena serangan jantung. Nyeri di dada saat berlari dapat menjadi gejala dari serangan jantung. Tanda utama dari serangan jantung adalah rasa sakit di sisi kiri dada, yang akan memancar ke lengan, bahu, atau leher. Gejala dapat termasuk berkeringat dan pusing.

Nyeri di dada dapat dialami saat berlari selama cuaca dingin. Karena tingkat pernapasan meningkat saat berlari, seseorang terus menghirup hawa dingin ke dalam paru-paru.

Untuk masalah yang tampaknya berhubungan dengan jantung, akan lebih aman untuk mencari saran dari dokter. Dalam kasus serangan jantung, dokter mungkin akan melakukan operasi. Dalam kasus-kasus kecil, dokter mungkin meresepkan obat-obatan dan dapat memberikan nasihat tentang berolahraga yang lebih baik. Bantuan medis juga mungkin diperlukan untuk mengobati kondisi paru-paru, cedera rusuk, kondisi peradangan, yang mungkin menjadi faktor penyebab nyeri di dada.

Berolahraga memang merupakan kebiasaan yang sehat, namun pastikan bahwa anda tidak merugikan kesehatan anda sendiri. Akan lebih baik jika anda berkonsultasi dengan dokter pada tahap awal jika terjadi nyeri dada. Hal ini penting untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat waktu sebelum menjadi lebih buruk.

 
  Incoming Keywords: sakit dada ketika jogging, sakit dada kiri saat lari kencang, dada sakit saat lari, setiap olahraga dada nyeri, dada sakit ketika olahraga, yang menyebabkan sesak napas saat berlari, dada sakit akibat lari, cara mengobati dada yang terasa sakit pada saat berlari, Cara menghilangkan sesak saat berlari, Bagaimana rasanya payudara sedang lari

, ,

Comments are closed.