Belakang Kepala Sakit Seperti Ditekan

Kepala bagian belakang seperti ditekan dapat dikaitkan dengan berbagai kondisi medis. Di bawah ini adalah artikel yang menjelaskan tentang penyebab sakit kepala seperti ditekan di bagian belakang.

Rasa tertekan atau penat di belakang kepala dapat disebabkan karena berbagai alasan. Jika sakit di kepala mempengaruhi kemampuan anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter lebih cepat. Meskipun mungkin tidak selalu menjadi penyebab yang mengkawtirkan, kondisi medis yang serius mungkin dapat menjadi alasan mengapa mengalami rasa seperti ditekan di belakang kepala. Dalam kasus tersebut, diagnosis dan pengobatan akan diperlukan sehingga dapat membantu memecahkan masalah. Pada artikel kesehatan ini, kita akan mencari tahu tentang kondisi medis yang dapat menyebabkan kepala di bagian belakang seperti ditekan.

Penyebab kepala belakang seperti ditekan

Sakit kepala seperti ditekan senut-senut di kepala belakang dapat disebabkan karena berbagai alasan. Informasi di bawah ini adalah beberapa kondisi medis yang seringkali menyebabkan tekanan pada bagian belakang kepala.

Sinus
Sinus frontal, sinus sphenoid, sinus maksila, dan sinus ethmoid, empat pasang ruang berisi udara yang terletak di dalam tengkorak. Masing-masing rongga berisi udara dan terhubung ke rongga hidung melalui lubang kecil yang disebut ostium. Sinus dilapisi dengan selaput lendir yang mengeluarkan lendir dan melembabkan bagian hidung. Sinus juga membantu dalam menyaring debu, polusi dan patogen di udara yang kita hirup. Sinusitis terjadi ketika paparan iritasi ini menyebabkan peradangan atau pembengkakan membran hidung. Hal ini menyebabkan penyumbatan ostium. Ketika lendir tidak mengalir keluar, patogen dapat dengan mudah masuk ke dalam sinus dan menyebabkan infeksi sinus. Sinus yang meradang sering menyebabkan tekanan di sekitar wajah. Tekanan biasanya dirasakan di sekitar mata. Selain itu juga dapat menyebabkan tekanan di belakang kepala saat membungkuk atau berbaring. Setelah infeksi sinus ini berakhir, rasa senut-senut ini akan menghilang dengan sendirinya.

Kepala tegang
Sakit kepala karena tegang ditandai dengan perasaan berat di atas kepala. Berat seperti ditekan pada kepala disebabkan karena kontraksi otot di leher dan bahu. Ketegangan pada otot sering menyebabkan kekakuan di bagian belakang kepala. Otot-otot menegang di bagian belakang leher dan kulit kepala ini dapat disebabkan karena posisi tubuh yang buruk atau juga kelelahan. Cara terbaik untuk mengatasi sakit kepala karena tegang tersebut adalah menjaga tubuh tetap santai. Latihan pernapasan, pijat atau teknik relaksasi akan membantu dalam relaksasi otot.

>>  Sakit Kepala Seperti Ditekan

Cervicogenic
Tekanan di leher dan bagian belakang kepala juga bisa timbul karena masalah leher. Cedera pada leher atau arthritis leher dapat menyebabkan tekanan di bagian belakang kepala.

Gangguan otak
Rasa tertekan di bagian belakang kepala juga bisa disebabkan karena adanya pertumbuhan yang ganas dari tumor dalam otak. Tumor otak dapat memberikan tekanan pada otak. Infeksi otak seperti meningitis juga dapat menyebabkan sakit kepala atau tekanan pada kepala. Hidrosefalus adalah kondisi lain yang terjadi ketika cairan cerebrospinal menumpuk di sekitar otak. Hal ini menyebabkan peningkatan tekanan intrakranial, yang pada saatnya dapat menyebabkan berbagai gejala neurologis.

Ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kepala belakang seperti ditekan. Beberapa kondisi serius yang menyebabkan sakit di kepala harus segera mendapatkan perawatan medis.

 
  Incoming Keywords: Kenapa kepala kadang sakit senut senut, mengapa kepala suka sakit saat ditekan bagian belakang, kepala belakang sakit bila ditekan, kenapa kepala sering sakit seperti dijambak, kenapa kepala sebelah kanan belakang sering sakit seperti ditarik, urat kepala ketarik, cara mengobati kepala senut-senut, cara mengobati belakang leher kadang senut senut, belakang kepala sakit ditekan, apa penyebab mata seperti ditekan kedalam

, ,

Comments are closed.