Tips Mengatasi Pusing

Setiap orang pernah mengalami pusing. Berikut adalah tips mengatasi pusing yang akan dapat mengobati kepala pusing. Pusing bisa menjadi gejala dari sesuatu seperti glukosa yang rendah karena tidak makan dengan sehat dan teratur atau juga karena masalah kesehatan yang lebih serius.

Kepala pusing dapat menjadi gejala dari berbagai masalah kesehatan mulai karena kekurangan gizi, gangguan saraf, penyakit serius, dan kronis lainnya. Mari kita lihat sekilas apa yang dapat menjadi kemungkinan penyebab di balik kepala pusing diikuti dengan tips yang harus dilakukan ketika mengalami pusing tersebut.

Klasifikasi pusing

Pusing dapat disebabkan oleh kondisi biologis yang luas, beberapa diantaranya adalah;  tidak memadainya suplai darah ke otak, terlalu banyak oksigen mengalir ke otak dengan cepat, gangguan atau infeksi pada telinga bagian dalam, efek samping obat-obatan pada sistem otak dan saraf. Pusing adalah istilah yang luas yang dapat diklasifikasikan menjadi 4 kondisi tertentu yaitu vertigo, di mana ketika anda merasa lingkungan sekitar berputar saat anda berdiri, hiperventilasi yaitu merasa pusing atau perasaan kabur yang keluar ketika stres, shock, atau di bawah serangan panik karena bernapas terlalu cepat dan terlalu dalam, pusing ringan yakni kepala serasa hanyut, dan terakhir adalah disequilibrium yaitu ketika anda merasa seperti akan jatuh tanpa alasan.

Vertigo adalah hasil dari gangguan pada organ vestibular di telinga bagian dalam dan ini biasanya merupakan suatu kondisi kronis disertai dengan rasa mual. Pusing terjadi sebagai akibat dari kelemahan otot dan turunnya tekanan darah, dan kondisi ini biasanya dirasakan ketika mencoba untuk membuat gerakan dengan tiba-tiba. Hal ini biasanya diikuti dengan pingsan dan sebagian besar disebabkan oleh kekurangan gizi atau juga karena kelemahan otot yang disebabkan oleh penyakit serius, terutama penyakit kardiovaskular. Disequilibrium dapat disebabkan oleh infeksi atau penyakit organ-organ indera yang menerima dan memproses informasi spasial dan menanamkan rasa keseimbangan seperti pada mata dan telinga bagian dalam.

Tips mengatasi pusing

Sebelum anda mengambil langkah-langkah kuratif, hal pertama yang harus anda lakukan segera sewaktu merasakan gejala di kepala anda adalah menghentikan apa yang anda lakukan saat ini dan menjadi diam. Dengan cara ini, rasa pusing akan lewat dalam beberapa saat dan akan meninggalkan anda, setelah itu hilang. Jangan mencoba membuat gerakan atau menempatkan setiap ketegangan pada tubuh atau pikiran, bernapaslah dengan santai.

>>  Penyebab Sakit Kepala

Cobalah untuk mengidentifikasi pola apapun, seperti apakah anda sering melewatkan waktu makan? Apakah anda sedang diet dalam penurunan berat badan? Apakah anda menderita hipoglikemia? Jika jawaban anda mengarah ke salah satunya, maka anda mungkin perlu untuk mendapatkan makanan yang bergizi dan kaya glukosa seperti jus buah, permen gula, dsb. Jika pusing dimulai setelah anda terkena semacam infeksi atau penyakit lainnya, kemungkinan ada hubungan antara pusing dan penyakit tersebut satu sama lain. Setiap kasus yang berulang atau konstan harus mendapatkan diagnosa secara medis untuk menentukan dan mengobati akar penyebab gejala ini. Seringkali, kurangnya asupan cairan yang cukup dapat menyebabkan otak menjadi lelah, yang sebenarnya sinyal bagi anda untuk meminum cairan lagi.

Jika anda menolong orang yang merasa pusing, maka anda harus memastikan bahwa penderita ditempatkan pada ruang yang cukup, sehingga penderita bisa bernapas lega. Untuk memudahkan bernapas, pakaian harus longgar dan aksesoris pakaian seperti ikat pinggang, syal, dasi, dsb harus dikendurkan. Setelah itu, penderita juga dapat mengunyah permen, minum sedikit kopi atau minuman glukosa untuk mengembalikan kadar glukosa darah yang normal. Jika kepala pusing terjadi karena tekanan darah rendah, beberapa makanan asin harus diberikan untuk menaikkan tekanan darahnya. Setelah mulai pulih maka harus makan sesuatu yang bergizi secara perlahan dan dalam jumlah kecil.

 
  Incoming Keywords: Klasifikasi pusing Pusing dapat disebabkan oleh kondisi biologis yang luas beberapa diantaranya adalah; tidak memadainya suplai darah ke otak terlalu banyak oksigen mengalir ke otak dengan cepat gangguan atau infeksi pada telinga bagian dalam efek samping

,

Comments are closed.