Infeksi Paru-paru oleh Bakteri

Infeksi oleh bakteri pada paru-paru dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan yang parah. Artikel di bawah ini akan membahas beberapa infeksi bakteri tersebut.

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri disebut dengan infeksi bakteri. Beberapa penyakit paru-paru seperti tuberkulosis, pneumonia, dan bronkitis dapat disebabkan oleh bakteri. Infeksi pada paru-paru oleh bakteri dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah jika tidak diobati sedini mungkin. Infeksi paru-paru kronis tentunya merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya, karena secara bertahap mengurangi kapasitas vital paru-paru untuk menghirup oksigen.

Penyebab infeksi oleh bakteri

Ada beberapa kemungkinan bagaimana bakteri masuk ke dalam tubuh kita. Yang utama adalah melalui udara, yaitu pernafasan. Kadang-kadang, infeksi bakteri juga disebabkan karena pencemaran atau kontaminasi makanan dan minuman. Daerah yang lembab mendukung pertumbuhan bakteri. Tergantung pada kekebalan individu terhadap invasi bakteri, dan bagaimana tubuh merespon infeksi bakteri. Menghirup polusi, gas beracun, debu, dan zat berbahaya lainnya melemahkan kapasitas paru-paru, sehingga membuat sistem kekebalan tubuh kita lemah dan membuat kita rentan terhadap serangan patogen.

Gejala yang timbul

Infeksi paru-paru oleh bakteri biasanya menimbulkan gejala-gejala seperti nyeri dada, batuk, sakit tenggorokan, demam, dsb.

Daftar penyakit oleh infeksi bakteri

Berikut ini adalah beberapa penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri. Hal ini sangat penting untuk mengetahuinya dan melakukan yang terbaik untuk dapat mengambil langkah-langkah preventif.

Tuberkulosis
Penyakit ini disebabkan oleh mycobacterium tuberculosis. TBC adalah infeksi paru-paru kronis yang berbahaya. Ini mempengaruhi kemampuan efisiensi dan oksigen dalam paru-paru. Seseorang yang terkena TBC menunjukkan gejala seperti batuk terus-menerus, warna dahak yang berubah, nyeri dada, serta kesulitan saat bernafas. Infeksi ini membutuhkan waktu yang lama untuk muncul permukaan dan biasanya terlihat seperti gejala flu dan pilek. TBC adalah penyakit menular dan menyebar ketika penderita bersin atau batuk. Seseorang yang menderita TBC harus menggunakan barang-barang pribadi secara terpisah seperti peralatan makan, pakaian, saputangan, dsb.

Pneumonia
Pneumonia adalah istilah medis untuk peradangan paru-paru, khususnya yang mempengaruhi alveoli. Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan yang berbeda, salah satunya adalah infeksi bakteri pada paru-paru. Pneumonia disebabkan karena bakteri streptococcus pneumoniae. Gejala utama adalah batuk dan demam disertai menggigil, kelelahan, sesak napas dan nyeri dada. Pada orang tua, pneumonia juga dapat menyebabkan kebingungan.

Bronkitis akut
Meskipun bronkitis akut biasanya disebabkan oleh virus, bakteri seperti mycoplasma pneumoniae, chlamydophila pneumoniae dan bordetella pertussis juga dapat menjadi penyebabnya. Ini adalah kondisi peradangan mengenai bronkus. Gejala yang terjadi meliputi batuk yang produktif.

Infeksi paru-paru, terutama dari jenis bakteri, harus mendapatkan perhatian medis yang memadai. Hal ini penting karena infeksi paru-paru dapat berkembang lebih cepat pada tahap berikutnya sehingga lebih sulit untuk diobati. Oleh karena itu, intervensi medis awal diperlukan. Antibiotik biasanya akan diresepkan untuk orang yang menderita infeksi paru-paru. Menjaga kebersihan sangat penting untuk menghindari penyebaran infeksi bakteri pada paru-paru. Seseorang yang menderita infeksi bakteri juga harus memastikan bahwa apa yang dia makan sesuai dengan pola makan yang ditentukan.

 
  Incoming Keywords: bakteri pneumonia masuk lewatana, Diantara bakteri-bakteri berikut yang menyebabkan penyakit paru-paru adalah ?

,

Comments are closed.