Masa Inkubasi Bronkitis Akut

Masa inkubasi bronkitis berlangsung selama beberapa hari sampai beberapa minggu, tergantung pada jenis infeksi. Seperti namanya, bronkitis adalah penyakit yang berhubungan dengan kondisi abnormal dari saluran bronkial pada sistem pernapasan. Tabung bronkial atau bronchi adalah saluran udara yang menuju ke paru-paru. Pada penderita bronchitis, lapisan selaput lendir dari saluran pernapasan mengalami peradangan. Bronkitis dapat bersifat akut dan kronis. Masa inkubasi bronkitis dapat bervariasi sesuai dengan faktor penyebab.

Masa inkubasi bronkitis

Yang paling menonjol dari gejala bronkitis adalah batuk. Sedangkan gejala yang muncul hampir sama untuk semua penderita. Bronkitis akut adalah jangka pendek dan disebabkan oleh infeksi virus – sekitar 90% penderita bronkitis dan infeksi oleh bakteri – sekitar 10% penderita bronkitis. Sebaliknya, bronkitis kronis berlangsung selama 3 bulan sampai 2 tahun, biasanya akibat menghirup iritan seperti polusi udara dan asap rokok.

Dalam ilmu kedokteran, masa inkubasi didefinisikan sebagai kesenjangan periode antara infeksi patogen dan manifestasi gejala. Oleh karena itu, ketika kita mengatakan masa inkubasi bronkitis, hal itu berlaku untuk bronkitis akut saja. Berbicara tentang masa inkubasi bronkitis akut, gejala dapat diamati dengan segera setelah terinfeksi.

Bronkitis akut dapat dikembangkan dari infeksi saluran pernapasan seperti pilek dan flu. Untuk lebih tepatnya, bronkitis virus jangka pendek muncul degnan tanda seperti flu biasa, yang disebabkan karena infeksi oleh rhinovirus. Pada kasus tertentu masa inkubasi bronkitis biasanya berlangsung selama 1-3 hari.

Inkubasi berbeda secara signifikan sesuai dengan organisme penyebab. Sebagaimana dinyatakan di atas, ini adalah hitungan beberapa hari untuk bronkitis virus. Dalam kasus bronkitis bakteri, patogen yang sering menjadi penyebab adalah mycoplasma pneumoniae dan chlamydophila pneumoniae. Bronkitis yang disebabkan karena infeksi oleh mycoplasma kerap terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Untuk kasus seperti itu, masa inkubasi berkisar antara 16 hari hingga satu bulan. Penderita lanjut usia mengalami bronkitis bakteri akibat infeksi chlamydophila. Di sini, masa inkubasi adalah sekitar 4 minggu.

Selama masa bronkitis akut, penyakit akan tetap menular. Dengan demikian, penderita yang terinfeksi bakteri atau virus dapat menularkan patogen ke orang yang sehat.

 
  Incoming Keywords: masa inkubasi bronkhitis

Comments are closed.