Tips Mencegah Bronkitis

Bronkitis dapat dihindari dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan yang sederhana. Berikut adalah tips untuk mencegah bronkitis pada anak-anak dan orang dewasa.

Bronkitis, gangguan pernapasan, terjadi ketika saluran udara meradang atau bengkak. Bronkitis terjadi peradangan akut dari trakea dan bronkus besar atau kecil dalam paru-paru. Trakea dan bronkus besar dan kecil adalah saluran udara di dalam paru-paru. Berbagai virus seperti influenza A dan B serta bakteri seperti mycoplasma pneumoniae, dapat menjadi penyebab bronkitis. Bila terkena penyakit ini, saluran udara mengalami iritasi dan bengkak. Dahak dapat menumpuk di paru-paru dan akan keluar bersamaan dengan batuk. Namun, batuk yang terjadi terus menerus menyebabkan rasa tidak nyaman, kerusakan paru-paru, dan saluran udara. Gejala-gejala bronkitis meliputi batuk persisten, sesak napas, nyeri dada, pilek, flu, mengi, dsb.

Bronkitis terdiri dari dua jenis, yaitu akut dan kronis. Dalam kasus akut, gejala dapat langsung terlihat, namun penyakit ini tidak berlangsung lama. Di sisi lain, bronkitis kronis adalah penyakit yang tahan lama. Gejala-gejalanya bisa ringan atau berat dan muncul berulang kali. Penyakit ini sering berkembang setelah pilek dan flu. Meskipun ada metode pengobatan yang tersedia, anda harus mengikuti tindakan pencegahan untuk mencegah bronkitis.

Cara mencegah bronkitis

Langkah-langkah preventif untuk mencegah bronkitis sangatlah sederhana dan tidak rumit. Perokok dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah lebih rentan terhadap bronkitis. Oleh karena itu, tindakan pencegahan harus diambil untuk menghindari kedua hal tersebut.

  • Vaksinasi terhadap infeksi virus adalah tindakan preventif yang terbaik untuk mencegah bronkitis. Vaksinasi meminimalkan risiko tertular penyakit untuk sebagian besar. Vaksin Influenza adalah vaksin tahunan yang mampu melindungi terhadap virus influenza.
  • Mengenakan masker dapat mencegah polusi udara seperti debu dan serbuk sari untuk memasuki saluran udara. Orang yang bekerja pada industri logam atau tambang juga memiliki resiko tinggi tertular bronkitis. Oleh karena itu mereka harus mengenakan masker. Dokter atau relawan yang bertugas juga harus mengenakan masker karena mereka terus-menerus berhubungan dengan pasien yang menderita penyakit menular.
  • Penyakit ini dapat menyebar lebih cepat dari satu orang ke orang lain. Oleh karena itu, anda harus membatasi berada di dekat orang yang menderita pilek dan flu. Mencegah kondisi ini juga dapat mencegah komplikasi seperti bronkitis.
  • Memiliki pola makan seimbang dan makanan bergizi yang sehat meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh melindungi seseorang terinfeksi oleh virus penyebab penyakit. Anda harus menyertakan buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan dalam menu makan harian anda untuk meningkatkan kekebalan.
  • Menggunakan saputangan saat bersin atau batuk, mencuci tangan, dan juga menggunakan pembersih. Kemudian anda juga jangan berbagi peralatan pribadi dan pakaian orang yang menderita penyakit menular.
  • Merokok adalah salah satu penyebab menonjol dari bronkitis. Ketika seseorang merokok, ia menghirup asap tembakau. Asap yang dihirup menyebabkan iritasi pada saluran udara¬† yang kemudian menyebabkan bronkitis. Oleh karena itu, merokok harus dihentikan sepenuhnya.
  • Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi perokok pasif juga berbahaya bagi kesehatan seperti perokok aktif. Terkena paparan asap rokok dapat mengiritasi bronkus dan menyebabkan bronkitis. Oleh karena itu, anda harus menghindari berada di perusahaan rokok atau berada di daerah penuh dengan asap rokok.
>>  Makanan yang Harus Dihindari Penderita Bronkitis

Selalu diingat bahwa merokok dapat merangsang timbulnya penyakit bronkitis. Meskipun bronkitis sering ditemukan pada perokok aktif dan pasif, adalah bijaksana untuk mengikuti semua langkah-langkah dalam mencegah bronkitis tersebut. Hal ini dapat membantu dalam menuju hidup sehat. Dan yang terakhir, anda harus selalu ingat bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

 
  Incoming Keywords: bronkitis menular atau tidak, cara menular bronkitis, bagaimana cara pencegahan bronkitis, fungsi vaksin influenza dewasa untuk bronkitis, Cara pencegahan penyakit bronkhitis, cara mencegah penykit bronghitis, cara mencegah penyakir broncitis, bronkitis pada anak apakah menular, Bagaimana langkah terbaik untuk menghindarkan diri dari penyakit bronkitis, pencegahan bronkitis

Comments are closed.