Pengaruh Cahaya Terhadap Tidur

Pencahayaan di tempat di mana anda tidur dapat mempengaruhi anda. Berikut adalah pengaruh cahaya terhadap tidur. Apakah anda mengubah posisi atau menutup kepala dengan bantal atau selimut untuk menghindari cahaya? Sebagian besar dari anda mungkin pernah memiliki pengalaman ini atau juga setiap harinya. Sangat sedikit orang yang dapat menjalani tidur yang nyaman di ruang yang terang. Mengapa kita tidak bisa mentolerir cahaya saat tidur, dan mengapa lingkungan yang gelap kondusif untuk tidur? Tidur nyenyak sangat penting bagi tubuh dan pikiran, dan ada banyak kerugian dari tidak mendapatkan tidur yang cukup setiap hari. Cahaya pada tidur, akan sangat mengganggu ritme sirkadian dan tidur.

Pengaruh cahaya pada tidur

Siklus 24 jam yang mengatur proses biokimia, fisiologis, dan proses kimia dalam tubuh disebut ritme sirkadian. Ini adalah semacam jam biologis untuk tidur dan membantu dalam regulasi berbagai proses. Faktor lingkungan seperti cahaya dan cuaca dapat mengganggu ritme sirkadian juga. Ritme ini secara khusus dikendalikan oleh hipotalamus di otak kecil, di mana berbagai sel bertugas mengelola irama sirkadian. Semua sinyal dari retina akan ditransfer ke hipotalamus, di mana reseptor ritme sirkadian dirangsang. Setiap organisme memiliki irama sirkadian untuk mengontrol proses tersebut. Meskipun sifat yang tepat dari regulasi tidur tidak diketahui, banyak struktur otak mengontrol periode terjaga dan tidur. Sebelum adanya listrik dan ketika tidak ada cahaya buatan, orang akan menyelesaikan pekerjaan mereka sebelum gelap tiba. Singkat kata, mereka mempunyai kehidupan yang seimbang dengan ritme sirkadian yang seimbang.

Retina memiliki banyak sel yang sensitif terhadap cahaya, di mana sel-sel merasakan cahaya dan mengirimkan sinyal ke otak untuk menyampaikan apakah saat itu merupakan siang hari atau malam hari. Lampu di kamar anda memancarkan sinar, yang dengan cepat diserap oleh sel-sel retina yang sensitif terhadap cahaya. Sel-sel kemudian mengirimkan sinyal ke otak, sinyal ini mengganggu ritme sirkadian. Butuh waktu untuk menormalkan siklus tidur kembali pada keadaan seimbang, yang akhirnya mengganggu hari anda berikutnya.

>>  Bangun Tidur Pagi Hari

Mengatur pola tidur

Tidur yang baik penting bagi pikiran dan tubuh yang sehat. Ada banyak efek buruk dari tidak beristirahat dengan cukup. Anda harus memastikan untuk memperoleh jumlah tidur yang cukup setiap hari. Berikut beberapa kebiasaan sehat akan membantu anda dalam menjaga siklus keseimbangan antara tidur dan terjaga.

  • Anda sekarang menyadari efek cahaya pada tidur. Jadi, matikanlah semua lampu di kamar anda dan mengatur suhu yang kondusif, minimal membuat redup pencahayaan. Lingkungan yang remang-remang menyampaikan tanda ke otak kita bahwa itu adalah waktu untuk tidur.
  • Menghindari minum minuman yang mengandung kafein tinggi seperti teh, kopi, minuman energi, dan minuman soda di malam hari.
  • Mandi air hangat sebelum tidur akan membuat anda cepat tertidur.
  • Terlepas dari faktor-faktor penting, cara lainnya seperti mengatur pernafasan, memijat, dan tidur di kasur yang nyaman juga akan membantu.

Jika anda memiliki pola tidur yang berantakan, upayakan untuk mengubah kebiasaan anda. Mulai sekarang, redupkan lampu di kamar anda untuk dapat memiliki pola tidur yang baik.

 
  Incoming Keywords: pencahayaan yang baik saat tidur, pengaruh cahaya terhadap tidur, Pengaruh cahaya yang terang terhadap tubuh, regulasi tidur

, ,

Comments are closed.