Penyebab Rendahnya Sel Darah Merah

Ketika jumlah sel darah merah berkurang dari kisaran normal, maka akan dapat menyebabkan kerugian besar bagi tubuh dengan melemahnya kekebalan tubuh dan meningkatkan kerentanan terhadap infeksi.

Sel darah merah, yang juga dikenal dengan eritrosit atau sel darah merah bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Sel darah ini melakukan perjalanan dalam aliran darah melalui sistem peredaran darah. Hormon erythropoietin bertugas untuk mengatur produksi sel darah merah. Sel darah merah mengandung hemoglobin(HB), pembawa oksigen, yang juga merupakan pigmen yang memberikan warna merah untuk sel-sel darah. HB ditemukan dalam darah, hampir sekitar 45% dari darah. Bentuknya cekung ganda, bulat, dan datar, dan dapat berubah karena masuk melalui kapiler, tidak memiliki inti sel dan sebagian besar organel. Jumlah sel darah merah yang rendah dianggap tidak sehat dan mengkhawatirkan.

Sel darah merah normal

Mempertahankan jumlah sel darah merah yang normal sangat penting. Jumlah sel darah merah yang normal untuk orang dewasa laki-laki adalah 4,5-6,0 M/ul, dan untuk wanita dewasa adalah 4,2-5,4 M/ul. Hal ini juga bervariasi tergantung pada usia individu.

Penyebab rendahnya sel darah merah

Gangguan sistem kekebalan
Sebagian besar penyakit autoimun menyebabkan sistem kekebalan tubuh untuk menyerang sel-sel darah tubuh sendiri dan jaringan. Penyakit autoimun yang mempengaruhi darah dan pembuluh darah termasuk anemia hemolitik autoimun, lupus eritematosus sistemik, anemia pernisiosa, dsb.

Anemia
Dalam kondisi ini jumlah darah keseluruhan kurang dari jumlah normal sel darah merah atau kurang dari jumlah normal hemoglobin dalam darah. Anemia mencakup sebagian bentuk, anemia sel sabit, anemia aplastik, gizi buruk, perdarahan menstruasi berat, dsb.

Gangguan pada limpa
Limpa adalah bagian dari sistem limfatik. Kelancaran dalam fungsinya diperlukan untuk melawan infeksi dan menjaga cairan tubuh agar seimbang. Setiap gangguan limpa dapat menghambat kerja-kerja pada jaringan yang menyebabkan sel darah merah dalam darah menurun.

Penyakit hodgkin
Penyakit Hodgkin adalah kanker dari sistem limfatik. Hal ini terjadi pada kelenjar getah bening, limpa, hati, dan sumsum tulang. Kelenjar getah bening, limpa, dan sumsum tulang sangat penting untuk mempertahankan jumlah sel darah merah normal. Gangguan apapun yang terjadi dapat menyebabkan rendahnya sel darah merah.

Leukemia
Leukemia adalah kanker dari sel darah yang mempengaruhi sumsum tulang. Sumsum tulang adalah jaringan lunak dalam tulang dan tempat di mana sel darah dibuat. Pada dasarnya hal ini mempengaruhi sel-sel darah putih, menyebabkannya berkembang biak normal, akhirnya berkerumun dengan sel darah lain, termasuk sel darah merah.

Ketika seseorang mempunyai tingkat rendah sel darah merah yang rendah dalam darah, biasanya akan merasa mudah lelah, lemah, sering pusing, sakit kepala, muka ataupun kulit akan terlihat lebih pucat, sesak napas, dsb. Kekurangan sel darah merah berarti beresiko tinggi terkena segala infeksi.

 
  Incoming Keywords: Eritrosit rendah, kekurangan sel darah merah gara2 apa, pemyebab kekurangan eritrosit, Penyebab eritrosit rendah, Penyakit kekurangan eritrosit, apa yang akan terjadi jika kekurangan eritrosit, apa akibatnya bila eritrosit rendah, akibat kurang sel darah merag, sel darah sehat, akibat dari kekurangan sel darah merah

, , , ,

Comments are closed.