Penyebab Telinga Sakit

Telinga sakit menyebabkan rasa nyeri yang bervariasi dan gangguan di bagian lain dari tubuh. Artikel ini adalah diskusi singkat tentang berbagai penyebab telinga sakit.

Sakit telinga atau otalgia dapat menjadi hasil dari infeksi pada telinga itu sendiri atau dapat disebabkan karena beberapa penyakit lain. Meskipun anak-anak lebih rentan terhadap infeksi ini, orang dewasa dapat juga menderita sakit pada telinga. Selain itu, sakit telinga dapat merupakan indikator dari beberapa masalah lain. Apapun bentuknya, adalah penting untuk menentukan penyebab telinga sakit yang menyebabkan nyeri.

Penyebab telinga sakit

Sakit telinga menyebabkan nyeri yang merupakan hasil dari infeksi salah satu dari tiga bagian yang berbeda dari telinga manusia, yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga bagian dalam. Beberapa penyebab telinga sakit secara umum adalah sebagai berikut:

Otitis media
Hal ini adalah yang sering terjadi pada anak-anak. Kondisi ini disebabkan karena adanya infeksi bakteri pada telinga tengah. Dalam sakit telinga ini, terdapat nyeri akut dan juga dapat disertai dengan demam. Penelitian menunjukkan bahwa penyebab otitis media makin resisten terhadap antibiotik. Pada otitis media akut, terjadi infeksi di telinga bersama dengan cairan dan lendir yang terperangkap di dalam telinga.

Otitis eksterna
Otitis eksterna merupakan sakit telinga yang disebabkan karena air yang terjebak di dalam telinga. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang mengeluhkan rasa sakit setelah berenang. Dalam kondisi tertentu, akan menghasilkan keringat berlebih. Cairan yang terperangkap di dalam telinga menyebabkan bakteri dan jamur untuk tumbuh dan menyebabkan infeksi pada telinga.

Otitis eksterna maligna
Kondisi ini mengacu pada masalah yang lebih serius ketika telinga terinfeksi pada saluran telinga dan mencapai tengkorak. Kondisi ini juga dikenal dengan osteomyelitis. Orang yang menderita diabetes dan sistem kekebalan tubuh yang buruk akan rentan menderita otitis eksterna maligna.

Kista
Terkadang kista dapat terbentuk pada telinga karena aktivitas tekanan telinga, dari telinga tengah pada gendang telinga. Hal ini dikenal dengan kolesteatoma. Jika tidak diobati, kista dapat menyebabkan gangguan pendengaran, meningitis, dan juga mempengaruhi saraf wajah yang menyebabkan kelumpuhan wajah.

>>  Penyebab Telinga Merah Panas

Labyrinthitis
Ini adalah peradangan pada telinga bagian dalam yang biasanya terjadi setelah infeksi saluran pernapasan atas atau infeksi pada telinga tengah. Gejala utama dari infeksi telinga ini adalah vertigo.

Perubahan tekanan suhu udara
Karena perubahan tekanan udara dalam lingkungan eksternal, yang kemungkinan terdapat perbedaan tekanan udara dengan gendang telinga. Kondisi ini menyebabkan gendang telinga meregang. Contohnya seperti pada waktu kita kehujanan, terkadang telinga terasa sakit.

Selain dari penyebab di atas, benda asing yang bersarang di telinga, luka, tinnitus dan kanker juga dapat menyebabkan sakit telinga. Kadang-kadang kita juga akan merasa nyeri pada telinga karena mendengar suara yang keras.

Tidak hanya itu, penyebab telinga sakit dapat merupakan hasil dari beberapa konsekuensi dari penyakit lain, diantaranya adalah karena masalah gigi, infeksi tenggorokan atau hidung, gangguan saraf di daerah sekitar telinga, cedera pada saraf wajah, amandel, dan masalah eustachian.

Rasa sakit yang disebabkan oleh alergi juga mempengaruhi anak-anak maupun orang dewasa. Sakit telinga yang disebabkan oleh infeksi sinus mudah menyebar ke telinga bagian dalam.

Pada kebanyakan kasus, sakit telinga tidak menimbulkan komplikasi parah. Namun, lebih baik untuk mendapatkan bantuan medis untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Serahkanlah masalah ini pada dokter THT.

 
  Incoming Keywords: sakit telinga, penyebab telinga terasa sakit, telinga bagian dalam terasa pegal, telinga pegel, telinga sakit, telinga sakit saat kehujanan, terasa pegal d daerah telinga

,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Penyebab, Dampak Polusi Udara dan Cara Mencegah Pencemaran

    […] Efek yang lebih serius dapat terjadi pada anak-anak kecil, paparan polusi udara dapat menyebabkan sakit telinga, bronkitis, dan […]