Penyebab Pria Suka Mendengkur

Apa yang sebenarnya menyebabkan pria mendengkur? Berikut ini adalah beberapa fakta yang terkait dengan mendengkur yang akan membantu anda menemukan obat untuk mengatasi kondisi yang mengganggu ini.

Orang yang mendengkur, jarang menyadari bahwa suara dengkurannya mengganggu orang lain yang tidur di sekelilingnya. Hal ini menyebabkan argumen diantara pasangan yang ingin merasakan kedamaian saat tidur. Penyebab mendengkur pada pria dapat terkait dengan masalah kesehatan.

Mendengkur

Suara nafas yang keras selama proses tidur disebabkan karena terganggunya ritme pernafasan, yang disebut mendengkur. Salah satu masalah yang sering mempengaruhi lebih banyak pria daripada wanita adalah mendengkur. Sebagaimana disebutkan di atas, kebanyakan pria tidak menyadari masalah mereka. Mendengkur yang sangat keras pada pria ada kemungkinan menunjukkan masalah kesehatan yang sebenarnya serius.

Penyebab mendengkur pada pria

Ketika anda tertidur, otot-otot hidung dan faring dalam keadaan santai. Jaringan lunak di bagian belakang tenggorokan cenderung bergetar saat bernapas, dan akhirnya menyebabkan mendengkur. Uvula, tonsil, dan langit-langit cenderung berkontraksi satu sama lain ketika sesuatu menghalangi saluran udara pada celah sempit antara hidung dan faring. Hal ini menyebabkan produksi suara yang keras disebut mendengkur. Ada banyak faktor yang menyebabkan mendengkur pada pria yang disebutkan di bawah ini.

Hidung tersumbat
Salah satu masalah umum yang menyebabkan mendengkur adalah hidung tersumbat. Masalah ini dapat terjadi karena berbagai alasan seperti polip hidung, rhinitis, dsb.

Kegemukan
Kurangnya berolahraga dan peningkatan lemak dalam tubuh di sekitar tenggorokan dapat menyebabkan mendengkur. Jaringan lemak di sekitar leher menekan udara selama tidur. Hal ini menyebabkan obstruksi udara dan getaran jaringan lunak yang menyebabkan seseorang mendengkur.

Gangguan faring
Ketika faring terganggu karena berbagai alasan, maka akan menyebabkan getaran pada jaringan lunak yang menyebabkan mendengkur. Hal ini dapat terjadi karena jaringan lemak yang berlebihan di bawah mukosa faring, tonsil, hipertrofi, dsb.

>>  Penyebab Tidur Sambil Berjalan

Sleep apnea
Sleep apnea adalah suatu kondisi dimana seseorang menderita gangguan dalam bernafas selama 10 detik atau lebih. Sleep apnea dapat terjadi berkali-kali dalam semalam, dan menyebabkan gangguan pada pola tidur normal. Ketika seseorang berhenti bernafas, maka terjadi kenaikan tingkat karbon dioksida dalam darah. Otak mengirimkan sinyal dan membangunkan orang tersebut, sehingga ia dapat lagi untuk melanjutkan berdafas. Dengan demikian, mendengkur dapat menunjukkan kemungkinan bahwa seseorang menderita sleep apnea.

Alkohol
Pria peminum cenderung mendengkur lebih sering daripada mereka yang tidak. Hal ini karena alkohol cenderung memperlambat respon otak. Dengan demikian, otot-otot lebih rileks dari yang biasanya mereka lakukan. Hal ini juga menyebabkan iritasi pada hidung dan kemacetan yang menyebabkan mendengkur.

Merokok
Kebiasaan lain pada pria adalah merokok. Ketika seseorang merokok, ia mulai mengiritasi rongga hidung dan tenggorokan. Iritasi ini menyebabkan peradangan yang mempersempit saluran hidung bahkan lebih jauh dari itu. Dengan demikian, menyebabkan mendengkur setelah orang itu tertidur.

Penyebab lain mendengkur pada pria dapat mencakup kehidupan yang sibuk, dimana seseorang akan benar-benar lelah. Hal ini juga dapat menunjukkan tekanan darah tinggi, masalah hormon, penuaan, dsb. Oleh karena itu, adalah gagasan yang baik untuk memeriksakan diri ke dokter, untuk mengetahui apakah ada masalah kesehatan yang mendasarinya hingga menyebabkan seseorang mendengkur.

,

Comments are closed.