Sakit Telinga Saat Makan

Telinga sakit saat makan adalah masalah kesehatan umum yang mempengaruhi semua orang dari segala usia. Banyak orang pernah mengalami sakit yang parah di saluran telinga saat mengunyah dan menelan. Sakit telinga secara medis disebut dengan otalgia, yang disebabkan karena masalah yang berhubungan dengan telinga luar atau tengah seperti penyumbatan, gangguan saraf, luka, dan infeksi. Mengetahui penyebab rasa sakit akan membantu menentukan pengobatan yang tepat.

Penyebab telinga sakit saat makan

Sakit telinga ini biasanya dikaitkan dengan gejala lain seperti tekanan di telinga saat batuk dan menguap. Nyeri di telinga pada saat menelan makanan dapat dikorelasikan dengan iritasi saraf, yang terlibat selama menelan dan pada saat yang sama terhubung ke telinga secara langsung.

Infeksi telinga
Infeksi telinga adalah salah satu penyebab dari sakit telinga. Pada kasus seperti itu, seseorang mengalami sakit pada telinga saat mengunyah, menelan, atau saat terlibat dalam kegiatan lain yang melibatkan pergerakan daerah sekitar telinga. Sakit telinga disebabkan karena infeksi disertai dengan keluarnya cairan dari telinga.

Amandel
Tonsilitis mengacu pada infeksi amandel yang terletak di bagian belakang tenggorokan. Gejala umum dari tonsilitis adalah sakit tenggorokan parah dan sulit menelan. Jika tonsilitis disebabkan oleh infeksi bakteri, maka komplikasi sakit telinga biasanya akan nampak. Dengan demikian, pada kasus seperti itu penderita tonsilitis dapat saja mengalami nyeri pada telinga saat menelan bersama dengan gejala sakit tenggorokan.

Masalah eustachian
Tabung eustachio adalah kanal kecil yang menghubungkan telinga tengah dengan tenggorokan bagian atas dan belakang hidung. Tabung ini berfungsi sebagai equalizer untuk mengatur tekanan udara di dalam telinga tengah dan lingkungan luar. Tabung ini terbuka saat menelan dan menguap. Penyumbatan atau disfungsi dari tabung eustachian dapat menyebabkan sakit telinga saat makan.

Penyakit gondok
Gondonk disebabkan karena infeksi virus. Meskipun sakit di telinga saat makan tidak secara langsung berhubungan dengan gondok, rasa sakit di telinga adalah tanda yang biasanya berhubungan dengan penyakit ini. Seseorang yang menderita dapat mengalami otalgia ketika mengunyah makanan.

>>  Penyebab Telinga Merah Panas

Sakit Tenggorokan
Nyeri tenggorokan atau sakit tenggorokan sering dikaitkan dengan sakit telinga, karena telinga tengah dan tenggorokan secara anatomi dihubungkan oleh saraf kranial. Ini adalah alasan utama mengapa beberapa orang mengalami sakit telinga saat menelan.

Peritonsillar abses
Peritonsillar abses, komplikasi utama dari tonsilitis adalah penyebab lain sakit tenggorokan dan sakit telinga pada saat menelan makanan. Seseorang yang menderita kondisi ini tidak mampu untuk membuka mulut mereka, disertai dengan gejala lain seperti demam dan malaise.

Laringitis termal
Laringitis termal disebabkan karena cedera laring. Kondisi ini mempengaruhi mukosa laring dan mengakibatkan sakit tenggorokan, nyeri ketika menelan, suara serak, sakit telinga, dan masalah pernapasan.

Seperti kondisi kesehatan lainnya, diagnosis dan pengobatan nyeri telinga adalah aturan untuk mencegah komplikasi lebih parah. Pada sebagian besar kasus, nyeri pada telinga dapat ditelusuri melalui sejarah medis pasien setelah pemeriksaan yang tepat. Beberapa pengobatan sederhana untuk sedikit membantu menghilangkan rasa sakit di telinga adalah mengompres dengan air hangat ke telinga yang sakit.

 
  Incoming Keywords: telinga sakit saat mengunyah, ketika mengigit telinga terasa sakit, kenapa saat menelan ludah kuping sakit, kenapa saat makan telinga saya yang kiri sakit iya, kenapa pas mengunyah makanan telingaku sakit, kalau makan telinga kiri sakit, gejala saat mengunyah sakit ngambung ke telinga, cara mengatasi sakit telinga yg berefek sakit pada saat menelan, buat nelan kuping sakit, telinga tetada budek ketika mengunyah makanan

Comments are closed.