Nyeri Perut Atas Waktu Hamil

Meskipun nyeri di perut bagian atas selama kehamilan adalah umum, tetapi juga dapat menjadi indikasi masalah yang serius. Oleh karena itu, sangat penting bagi wanita hamil untuk mengetahui tentang masalah seperti preeklamsia, cholelithiasis, kontraksi, dsb, yang dapat menyebabkan nyeri pada perut atas waktu hamil.

Meskipun nyeri perut saat kehamilan sering mengarah ke bagian perut bawah, tidak jarang bagi wanita untuk mengalami nyeri di daerah atas. Bagi sebagian orang, hal itu juga bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting bagi wanita untuk mengetahui tentang hubungan antara kehamilan dan nyeri perut bagian atas.

Penyebab nyeri perut waktu hamil

Mari kita lihat pada beberapa masalah kesehatan yang dapat menimbulkan nyeri pada perut pada tahap awal serta tahap akhir kehamilan.

Kontraksi
Kadang-kadang, ibu hamil mungkin merasakan kontraksi pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Ini merupakan hasil dari pengencangan otot-otot rahim untuk durasi yang sangat singkat. Biasanya akan menghilang dalam beberapa waktu, tetapi jika tetap bertahan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Kehamilan ektopik
Kehamilan ektopik terjadi ketika embrio berada di luar rongga rahim. Dalam kebanyakan kasus kehamilan ektopik, implantasi terjadi di dalam tuba falopi. Namun, bisa juga terjadi pada leher rahim, indung telur atau daerah perut. Jika diperhatikan, mungkin terlihat perdarahan dan komplikasi lain akibat pecah dari daerah kehamilan ektopik. Kondisi ini menimbulkan ancaman bagi kehidupan wanita dan membutuhkan intervensi medis segera.

Miskram
Banyak wanita mengalami miskram dalam beberapa bulan pertama kehamilan. Jika seorang wanita merasa nyeri di perutnya diikuti oleh rasa lemah dan mengeluarkan darah, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Preeklamsia
Salah satu penyebab utama dari rasa nyeri ini adalah preeklampsia yang terjadi selama trimester kedua atau ketiga. Ini terjadi ketika ibu hamil menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Gangguan ini menyebabkan perubahan dalam pembuluh darah, dan mempengaruhi organ-organ tertentu dari tubuh termasuk ginjal, otak, dan hati. Selain itu juga dapat berdampak buruk pada plasenta.

Batu empedu
Kandung empedu adalah organ kecil yang menyimpan empedu, yang membantu untuk memecah lemak dalam tubuh. Oleh karena itu, organ ini memainkan peran penting dalam pencernaan lemak. Namun selama kehamilan, organ ini tidak bekerja secara efektif, sehingga empedu dapat membentuk batu empedu atau cholelithiasis.

>>  Sakit Perut Sebelah Kanan Atas

Infeksi ginjal
Pada umumya kondisi ini menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman di perut bagian bawah dan daerah panggul, tetapi jika infeksi menyebar ke arah ginjal, seseorang dapat mengalami rasa nyeri sampai ke perut bagian atas juga.

Usus buntu
Seorang wanita juga dapat merasakan nyeri akut pada bagian atas perutnya selama kehamilan karena radang usus buntu yang disebabkan oleh pembesaran uterus. Meski begitu, sulit untuk mendeteksi masalah usus buntu selama kehamilan. Hal ini dapat berakibat fatal jika tidak diobati pada waktunya. Oleh karena itu, jika anda merasakan rasa sakit apapun pada perut, lebih baik untuk membawanya ke dokter segera.

Pencernaan
Kentut yang berlebihan dan rasa kembung karena masalah pencernaan selama kehamilan dapat menyebabkan rasa nyeri. Tekanan yang diberikan oleh rahim di perut dan usus juga merupakan salah satu penyebab nyeri perut di bagian atas.

Sembelit
Saluran pencernaan ibu hamil membutuhkan lebih banyak waktu untuk memproses makanan yang mengakibatkan sembelit, sehingga menimbulkan rasa nyeri pada perut.

Selama kehamilan, tubuh mengalami perubahan yang cepat dalam waktu singkat. Oleh karena itu, tidaklah mudah untuk memutuskan apakah perubahan yang terjadi pada tubuh anda adalah normal atau tidak. Itulah sebabnya, yang terbaik adalah mencari bantuan dari seorang ahli medis.

 
  Incoming Keywords: sakit perut sebelah kiri atas pada wanita hamil, nyeri sebelah kiri atas perut saat hamil, nyeri perut kanan atas saat hamil, nyeri perut atas sebelah kiri saat hamil, ngilu perut bagian atas hamil 8bulan, mengapa saat Hamil perut bagian atas sakit, kenapa terasa perih di bagian atas perut daat hamil, hamil 7bulan perut sebelah kanan sering tegang, hamil 5 bln suka sakit di bagian atas perut, gejala sakit pada bagian atas perut slama kehailan trimeser 3

, , ,

Comments are closed.