Perut Terasa Sakit Saat Berlari

Perut terasa sakit saat berlari pasti pernah dialami oleh banyak orang, dan ini bukanlah suatu kejadian abnormal. Ada beberapa alasan sederhana untuk perut sakit saat berlari, dan beberapa tindakan pencegahan yang dapat digunakan untuk menghindari masalah ini.

Jika anda mengalami sakit perut sewaktu berlari, atau mungkin ketika anda sedang berjalan, hal ini adalah indikator yang jelas bahwa anda perlu untuk memperlambat kecepatan anda dalam berjalan maupun berlari. Rasa nyeri semakin lama semakin kuat jika anda terus berlari. Alasan yang paling jelas untuk kondisi ini adalah bahwa terdapat beberapa masalah atau ketidakseimbangan dalam pola makan anda, atau dalam sistem pencernaan anda secara keseluruhan. Kondisi ini bisa diperbaiki dengan makan makanan yang sehat.

Perut sakit saat berlari

Kram adalah suatu hal yang sering dikenal oleh kebanyakan pelari. Bahkan pada saat berjalan, dapat terjadi kram perut mendadak. Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa hal tersebut dapat terjadi;

  • Kekurangan air dalam tubuh.
  • Tidak memberikan istirahat cukup antara makan dan berjalan.
  • Stamina seseorang yang cukup rendah.
  • Berjalan terlalu cepat.

Penjelasan medis untuk kondisi ini adalah bahwa hal itu dapat terjadi karena suplai oksigen dalam tubuh mulai berkurang. Para pelari juga harus belajar bagaimana menguasai dan mengendalikan teknik pernafasan mereka, untuk menghindari terjadinya masalah ini.

Gastrointestinal lainnya terjadi terutama karena hilangnya cairan dalam tubuh, atau dehidrasi. Ini adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari karena tubuh berkeringat deras selama berjalan apalagi berlari. Untuk menghindari hal ini, kita harus memastikan untuk meminum air yang cukup sebelum berlari. Air sangat penting untuk kelangsungan hidup kita, dan asupan air yang kurang dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan. Beberapa orang bahkan menderita kram perut setelah makan karena alasan ini.

>>  Sakit Perut Sebelah Kanan Atas

Sebelum berlari hendaknya juga melakukan pemanasan untuk mencegah terjadinya kram perut. Kram perut sering terjadi juga pada orang yang tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Selain itu juga harus menghindari berjalan atau berlari jika perut sedang penuh.

Jika anda mengalami sakit perut atau kram perut secara teratur, anda harus mengunjungi dokter. Kondisi ini dapat menjadi masalah yang lebih parah daripada yang anda pikirkan, karena sakit perut berkepanjangan dapat menjadi gejala penyakit tertentu.

 
  Incoming Keywords: berolahraga perut bagian kanan terasa sakit ?, kenapa perut sebelah kanan sakit saat lari, perut bagian kanan sakit setelah berlari, apabila lari dan perut terasa nyeri sebelah kiri, kenapa bagian perut sebelah kiri sakit pada saat jogging, untuk lari perut sebelah kanan terasa nyeri, kenapa habis lari perut sebelah kanan sakit, kenapa kalau buat lari perut bagian kanan bawah sakit, kenapa ketika lari perut sebelah kiri sakit, kenapa pas lari perut sebelah kanan pusar sakit?

Comments are closed.