Sejarah Tenis Meja dengan Singkat

Ingin mengetahui sejarah tenis meja? Artikel ini akan memberikan informasi mengenai seputar sejarah tenis meja dan perkembangannya bagi anda. Tenis meja adalah salah satu permainan yang cukup populer di seluruh dunia. Berikut adalah ikhtisar dari beberapa peristiwa penting yang membawa sejarah permainan permainan tenis meja sampai menjadi bentuk yang sekarang ini.

Sejarah tenis meja telah sangat mengalami banyak perubahan dan evolusi. Saat inipun, tenis meja menjadi salah satu cabang olahraga utama yang diperhitungkan pada kejuaraan olimpiade. Berikut diberikan di bawah ini ringkasan sejarah singkat tentang tenis meja.

Sejarah tenis meja

Akhir abad ke-19
Ini adalah catatan pertama dalam sejarah permainan tenis meja. Dalam beberapa dekade terakhir, pada abad kesembilan belas, permainan tenis meja

sejarah tenis meja

sejarah tenis meja

mengambil bentuk suatu permainan elit di Inggris, di mana para wanita keturunan bangsawan dan para pria akan menghibur diri mereka setelah makan malam dan berpesta anggur. Cara bermain mereka adalah dengan mengambil sesuatu yang dapat dijadikan bola dan raket. Semakin lama dan perlahan, permainan ini kemudian menjadi lebih populer di seluruh kawasan Inggris, namun hanya sebagai acara hiburan setelah makan malam.

1901
Raket ping pong yang pertama kali digunakan dalam permainan tenis meja ini diciptakan oleh produsen alat olahraga bernama Hamley. Raket ini merupakan perkamen dengan bingkai yang berbentuk oval dengan gagang kayu keras. Nama ping pong diambil dari suara bola yang dimainkan. Kemudian pada tahun yang sama, produsen alat olahraga yang lain, J. Jacques dan Son Ltd, meresmikan namanya menjadi ping pong.

1910-1920
Sebagian besar negara di dunia tidak begitu ingin mengimpor permainan tenis meja karena menganggapnya sebagai simbolis kerajaan Inggris, terutama di negara koloni Inggris seperti India. Permainan tenis meja ini membutuhkan gerakan yang sangat cepat. Ini adalah salah satu hal yang membuat tenis meja mulai diperkenalkan di dunia. Namun hal ini juga memiliki dampak. Beberapa negara memegang keyakinan bahwa permainan cepat seperti itu dapat merusak penglihatan baik itu bagi para pemain maupun penonton. Bahkan di beberapa negara, seperti di Rusia misalnya, sempat melarang permainan ini.

1920-1930
Bangsa Inggris terus melakukan upaya untuk membawa permainan tenis meja agar makin menonjol ke dunia. Salah satu poin pertama dalam hal ini adalah mengubah nama ping pong menjadi tenis meja. Badan resmi pertama di dunia untuk permainan tenis meja dibentuk pada tahun 1921. Hal ini kemudian berkembang menjadi ITTF, yang sebenarnya terpisah dan dimulai pada tahun 1926. Awal dari organisasi ini juga berarti merupakan cikal bakal kompetisi internasional. Kompetisi dunia tenis meja internasional pertama kalinya diadakan pada tahun 1927 di London.

1930-1950
Pada pertengahan abad ke-20, raket tenis meja diresapi dengan spons dan karet. Raket ping pong mendapat improvisasi yang memungkinkan tiap pemain untuk dapat menampilkan keahliannya. Konsep spin dan kecepatan memperoleh tempat yang penting dalam sejarah permainan tenis meja.

1990
Masuknya permainan tenis meja ke dalam kejuaraan olimpiade dapat diartikan bahwa tenis meja menjadi cocok bagi penonton. Dalam bentuk permainan tenis meja saat ini, diameter bola meningkat dari 38 mm sampai 40 mm. Kenaikan ini membuat bola bergerak lebih lambat dan menjadi lebih mudah untuk diikuti di televisi bagi mata normal. Angka penilaian permainan tenis meja juga berubah turun dari 21 poin (2x menang) menjadi 11 poin (3x menang).

 
  Incoming Keywords: permainan tenis meja diciptakan oleh

, ,

Comments are closed.