Penyebab Leher Kaku

Mengenali penyebab leher kaku sewaktu bangun tidur dapat mempermudah dalam mengobatinya. Sebagian besar leher kaku waktu bukanlah suatu masalah yang sangat serius dan dapat disembuhkan dengan pengobatan sederhana. Namun, terkadang mengalami leher kaku dapat pula menjadi indikasi dari masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui tentang alasan yang menjadi penyebab leher kaku.

Sesekali, kebanyakan dari kita susah untuk menggerakkan leher setelah bangun di pagi hari. Alasan yang biasa untuk ini adalah cara tidur yang tidak benar. Namun, leher kaku dapat dikaitkan dengan banyak kondisi medis lainnya juga. Leher yang kaku sewaktu bangun tidur disebabkan karena otot-otot leher yang kencang, terutama skapula levator yang merupakan otot yang bertindak sebagai penghubung antara leher dan bahu. Leher kaku pada umumnya terkait dengan rasa sakit di sekitar daerah leher.

Penyebab leher kaku

Alasan bagi seseorang untuk mengalami leher kaku saat bangun tidur tidak selalu sama dengan orang lain. Berikut di bawah ini adalah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab leher kaku;

Posisi tubuh
Seringkali leher kaku disebabkan karena posisi tidur yang tidak pas. Ketika tubuh rileks saat tertidur, leher menjadi tegang saat seseorang tidur dalam posisi yang menyebabkan otot leher tertarik atau saraf terjepit pada leher. Hal ini juga terjadi ketika seseorang tidur tanpa bantal ataupun karena memakai 2 bantal atau lebih. Tidur siang di kursi juga dapat menyebabkan leher menjadi kaku. Selain itu, alasan lain bagi seseorang dapat menderita leher kaku karena berbicara di telepon untuk waktu yang sangat lama, duduk dalam posisi yang kurang nyaman sambil menonton tv atau membaca buku, yang juga dapat menjadi penyebab leher kaku dialami oleh seseorang.

Sakit persendian
Arthritis yang disebabkan karena melemahnya sendi dan otot tubuh juga dapat menjadi penyebab leher kaku. Ada dua jenis radang sendi leher yang dapat menyebabkan leher kaku dan keduanya lebih sering terjadi pada orang tua. Orang-orang yang memiliki osteoarthritis merasakan kaku pada persendian mereka yang mengarah ke leher. Kerusakan sendi disebut dengan rheumatoid arthritis, dan ketika hal itu mempengaruhi sendi leher, kekakuan biasanya terjadi pada bagian leher atas.

>>  Nyeri Leher Akibat Tato

Cedera
Leher kaku bisa disebabkan karena mendapat cedera saat terlibat dalam kegiatan fisik, olahraga, permainan, dsb. Olahraga seperti berenang, tenis, dan olahraga lainnya kadang-kadang dapat menyebabkan cedera pada leher karena yang mengakibatkan seseorang tidak dapat menggerakkan lehernya tanpa menyakiti dirinya sendiri.

Masuk angin
Kekakuan pada leher juga dapat disebabkan karena masuk angin. Pada saat anda tertidur mungkin anda menghidupkan kipas angin. Jika badan tidak kuat, hal ini dapat membuat persendian menjadi kaku semua bahkan termasuk leher.

Stres
Terlepas dari alasan fisik, ada penyebab lain yang umum bagi seseorang untuk mengalami masalah ini. Singkat kata, stres dan ketegangan mental dapat dikatakan menjadi penyebabnya. Ketika seseorang mengalami stres, maka otot-otot khususnya di sekitar leher dan bahu cenderung menjadi tegang, yang menimbulkan kejang otot di bagian leher.

Penyakit
Kaku pada leher bersama dengan beberapa gejala lain juga dapat menjadi indikator adanya penyakit menular seperti meningitis. Meningitis dapat digambarkan sebagai penyakit yang disebabkan karena peradangan jaringan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Jika leher kaku terjadi karena penyakit ini, gejala-gejala yang menyertainya adalah termasuk demam yang tinggi, mual, dan sakit kepala.

Jika kekakuan pada leher disebabkan karena masalah kecil seperti posisi yang salah saat duduk, tidur atau pada saat membaca, rasa sakit akan segera hilang dengan menggunakan kompres panas atau es. Pijatan lembut pada leher juga akan membantu dalam menghilangkan rasa sakit.

 
  Incoming Keywords: cara mengobati otot leher kencang, leher tegang karena masuk angin apa obatnya ?, mengapa sakit tengkuk setiap bangun pagi, tiap bangun tidur pagi leher terasa kaku, bangun tidur pundak leher terasa sakit ?, urat kaku bangun tidur, bangun tidur leher kanan sakit, bangun tidur kaku leher punggung, bangun tidur di bagian belakang leher terada sakit, apa penyebab setiap bangun tidur sakit leher

, ,

Comments are closed.