Penyebab Benjolan di Belakang Telinga

Benjolan di belakang telinga baik itu menyakitkan atau tidak menyakitkan tidak selalu karena masalah kanker. Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab benjolan di belakang telinga.

Ada beberapa gejala yang spesifik dan umum yang dapat menimbulkan terjadinya benjolan di belakang telinga baik itu pada anak-anak dan orang dewasa. Kadang-kadang benjolan tersebut terasa menyakitkan, lembut, dan bergerak. Pada kondisi tertentu, benjolan di belakang telinga ini juga tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali tetapi jika disentuh terasa lembut. Benjolan di belakang telinga ini selalu berubah-ubah ukurannya tetapi jarang sekali melebihi ukuran kacang polong. Pada kebanyakan kasus, benjolan ini akan hilang dalam waktu singkat. Namun ini bukan berarti anda membiarkannya begitu saja. Anda juga harus menyadari penyebab benjolan dibelakang telinga, dan harus memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab benjolan di belakang telinga

Anda sebaiknya mengamati benjolan tersebut dengan seksama dan mencoba untuk mengetahui penyebab benjolan di balik telinga. Ini juga mungkin karena simpul getah bening, yang membuat benjolan muncul di daerah belakang telinga. Kelenjar getah bening membengkak oleh infeksi telinga, alergi, dan luka-luka. Benjolan dapat terasa menyakitkan atau tidak menyakitkan. Penyebab lain yang mungkin dapat menimbulkan infeksi pada tulang mastoid biasanya terjadi pada anak-anak.

Pembentukan benjolan di belakang telinga juga dapat terjadi karena kista sebaceous. Kondisi ini terjadi karena folikel rambut membengkak atau adanya trauma pada kulit.

Beberapa penyebab lain yang dapat menjadi penyebab mengapa terdapat benjolan di belakang telinga meliputi:

  1. Tumor kelenjar getah bening
  2. TBC
  3. Toksoplasmosis
  4. Infeksi kulit
  5. Infeksi kulit kepala yang berulang
  6. Tiroid
  7. Frambusia
  8. Kanker jaringan getah bening
  9. Sifilis
  10. Leukemia

Pengobatan

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah penyebab pasti di balik benjolan di telinga tersebut adalah mengamati gejala-gejala yang menyertai benjolan di belakang telinga.

>>  Penyebab Benjolan di Kepala

Intervensi medis sangat penting untuk menentukan dan mengobati benjolan di belakang telinga. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika benjolan menghilang bersama dengan penyebab fisik yang sama, atau tidak menimbulkan rasa sakit, maka biasanya tidak ada perawatan yang berkelanjutan. Namun, jika hal itu adalah benjolan yang menyakitkan dan keras di belakang telinga, yang muncul tiba-tiba tanpa alasan, maka berkonsultasilah dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik yang diperlukan dan akan mendiagnosa alasan penyebab benjolan di belakang telinga.

Jangan mentolerir dan mengabaikan benjolan di belakang telinga karena hal ini juga bisa menjadi sebuah peringatan adanya suatu masalah kesehatan yang serius.

 
  Incoming Keywords: benjolan di bawah telinga, bengkak di belakang telinga, ciri-ciri penyakit yang terdapat benjolan di belakang telinga, bembengkakan di bagian belakang telinga, ada benjolan di belakang telinga, benjolan keras di belakang telinga seperti tulang tidak sakit, bejolan keras d bawah telinga kanan, bagian telinga terdapat benjolan, benjolan dibawah telinga kiri, benjolan keras di belakang telinga

, , ,

No comments yet.

Leave a Reply