Penyebab Benjolan di Perut

Sebuah benjolan di perut merupakan gejala dari beberapa gangguan kesehatan yang serius dan tidak boleh diabaikan. Artikel ini akan memberikan informasi lebih banyak tentang penyebab benjolan di perut.

Pembentukan massa atau benjolan di bagian manapun dari tubuh adalah kondisi abnormal yang dapat timbul karena beberapa alasan. Benjolan didefinisikan sebagai tonjolan lembut atau tonjolan pada kulit. Seringkali yang harus kita sadari bahwa benjolan merupakan gejala klasik dari penyakit kanker apapun. Tapi, anda tidak perlu panik, karena selain kanker, pembentukan benjolan atau massa yang menggembung di perut juga bisa menjadi gejala dari penyakit lain atau gangguan kesehatan lainnya.

Beberapa penyebab benjolan di perut

Pada sebagian besar kasus, benjolan di perut disebabkan karena hernia. Hernia inguinalis menyebabkan benjolan di perut bagian bawah, sedangkan hernia umbilikalis menyebabkan benjolan di sekitar pusar.

Infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih adalah infeksi bakteri pada setiap bagian dari saluran kemih, yaitu ginjal, ureter, uretra, dan kandung kemih. Escherichia coli (E. coli) adalah bakteri penyebab infeksi pada saluran kemih yang paling umum. Penyakit ini terjadi ketika bakteri berbahaya dari saluran pencernaan berjalan ke uretra dan berkembang biak hingga menyebabkan infeksi. Jika infeksi terjadi pada uretra, ini akan menghasilkan penyakit yang disebut uretritis, sedangkan jika terjadi pada ginjal, ini akan menghasilkan sistitis atau infeksi ginjal. Secara khusus, infeksi saluran kemih umumnya sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria. Orang tua dan penderita diabetes juga beresiko tinggi tertular penyakit ini. Perut menggembung, buang air kecil terasa sakit, sakit pada kandung kemih, dsb adalah gejala infeksi saluran kemih.

Hernia
Sebagaimana disebutkan di atas, hernia perut adalah penyebab benjolan di perut yang sudah umum terjadi. Dalam kasus hernia perut, hal ini terjadi karena ada bagian yang pecah di dalam lapisan dinding perut, kondisi ini menyebabkan gelembung atau bengkak di perut. Seseorang dari setiap kelompok usia dapat menderita hernia. Hernia perut disebabkan karena melakukan aktivitas yang memberi tekanan berlebihan pada dinding perut. Ini termasuk mengejan saat buang air besar, kehamilan, obesitas, mengangkat benda berat atau batuk kronis parah. Tergantung pada lokasi benjolan di perut, hernia perut dapat diklasifikasikan ke dalam jenis yang berbeda seperti hernia epigastrium, hernia femoralis, hernia inguinalis, hernia inguinalis tidak langsung, hernia insisional, dan hernia umbilikalis. Sebuah tonjolan atau benjolan di perut yang membesar ketika seseorang dalam posisi berdiri adalah gejala yang paling menonjol dari hernia perut. Gejala lain adalah meliputi muntah, sakit perut, sembelit, dan darah dalam tinja.

>>  Makanan Penyebab Sembelit

Kanker perut
Kanker perut atau kanker lambung adalah penyebab paling parah dari benjolan di perut. Kanker lambung terjadi ketika tumor ganas tumbuh di lapisan terluar dari perut. Tumor biasanya tumbuh dalam kantung otot yang terletak di tengah-tengah perut, tepat di bawah tulang rusuk. Penyebab pasti kanker perut tidak diketahui, namun para ahli kesehatan meyakini bahwa pola makan dan gaya hidup memainkan peran penting dalam meningkatkan resiko terkena kanker perut. Makan makanan asin yang berlebihan dan kebanyakan lemak, merokok dan konsumsi alkohol berlebih juga diyakini menyebabkan kanker perut. Demikian pula, pria dewasa lebih rentan terhadap kanker lambung. Hal ini juga harus diketahui bahwa massa abdomen juga merupakan gejala dari kanker ovarium dan kanker ginjal.

Jika seseorang merasa mempunyai benjolan pada perutnya, maka dia harus segera berkonsultasi dengan dokter. Kadang-kadang, penderita juga mungkin mengalami gejala lain seperti nyeri, demam, mual, dan muntah. Jika hernia tidak diobati pada waktu yang tepat, akan dapat mengakibatkan komplikasi seperti usus terlilit. Operasi laparoskopi sangat efektif dalam mengobati hernia. Infeksi saluran kemih dapat diobati dengan antibiotik. Pengobatan kanker lambung tergantung pada pengembangan dan penyebaran sel-sel kanker. Pada tahap awal, operasi dapat digunakan untuk menghilangkan tumor sepenuhnya. Pada stadium lanjut, radiasi dan kemoterapi mungkin diperlukan. Perlu dicatat bahwa tidak ada pengobatan rumah untuk mengobati kondisi ini, mendapatkan saran medis dengan cepat dan tepat adalah satu-satunya metode pengobatan. Seperti yang telah kita ketahui, penyebab benjolan di perut adalah kondisi medis yang serius, oleh karena itu tidak boleh diabaikan.

 
  Incoming Keywords: benjolan di perut, benjolan perut sebelah kiri bawah, benjolan di perut sebelah kanan, tonjolan di perut kanan bawah, benjolan keras di perut kanan bawah, bengkak di perut, perut bagian bawah kiri diraba keras, benjolan di perut bawah pusar, benjolan di perut atas tengah, benjolan di perut sebelah kiri atas

, , ,

Comments are closed.