Penyebab Nyeri di Bawah Ketiak

Nyeri di bawah ketiak bisa disertai dengan perubahan warna dan tekstur kulit, jika penyebab rasa sakit tersebut adalah infeksi kulit. Terkadang, rasa sakit dapat juga menyebar sampai ke lengan dan bahu. Nyeri pada ketiak biasanya merupakan gejala infeksi, tetapi juga dapat disebabkan karena kondisi medis lainnya.

Ketiak, yang juga disebut aksila atau rongga ketiak, dapat dipengaruhi oleh bisul, ruam, atau masalah kulit. Bakteri mudah berkembang di lipatan kulit yang hangat dan lembab, dan orang-orang yang menderita hiperhidrosis (keringat berlebih) pasti lebih sering mengembangkan ruam atau bisul di ketiak. Selain itu, infeksi kulit sering menjadi faktor yang menyebabkan sakit di bawah ketiak, berbagai kondisi medis dapat menyebabkan nyeri di daerah ini.

Penyebab nyeri di ketiak

Nyeri di sekitar ketiak dapat disebabkan karena berbagai alasan. Dikarenakan kulit pada rongga aksila cukup sensitif, paparan bahan kimia mudah untuk mengiritasi kulit, sehingga menyebabkan rasa sakit. Cedera yang berulang juga dapat menimbulkan rasa sakit di bawah ketiak. Penyebab umum sakit di daerah ketiak antara lain adalah:

Bisul
Infeksi dapat juga terjadi jika bakteri masuk melalui luka pada kulit. Gesekan dari pakaian atau penggunaan produk hair removal dapat menyebabkan kulit lecet, sehingga memungkinkan bakteri untuk masuk ke dalam kulit. Seringkali, organisme penyebab infeksi adalah bakteri staphylococcus. Orang dengan keringat deras mudah dipengaruhi abses atau bisul kulit. Penyumbatan pori-pori kulit atau kelenjar sebaceous juga dapat menimbulkan pembentukan kista berisi cairan atau benjolan. Ruam juga bisa timbul karena gigitan serangga. Menggaruk pada daerah yang terkena juga dapat menimbulkan infeksi bakteri sekunder.

Penggunaan kosmetik
Beberapa orang mungkin mengalami gejala seperti rasa sakit, bengkak, atau kemerahan di area ketiak saat kulit terkena kontak langsung dengan zat-zat yang keras yang terdapat dalam deodoran, antiperspirant, sabun, dsb. Penggunaan antiperspirant dapat menyebabkan kulit terasa terbakar. Gatal, nyeri, kemerahan, atau peradangan di ketiak bisa dialami, terlebih ketika seseorang mengalami reaksi alergi terhadap salah satu bahan yang digunakan dalam produk kosmetik.

Hair removal
Folikulitis mengacu pada peradangan folikel rambut. Folikel rambut pada ketiak dapat meradang jika teknik hair removal tidak diikuti dengan benar. Benjolan di ketiak akan muncul jika seseorang menggunakan pisau tumpul untuk mencukur rambut ketiak. Ada juga resiko terkena infeksi, jika tidak menggunakan pisau cukur yang bersih. Menggunakan lilin yang sangat panas atau menarik rambut ke arah yang salah saat waxing, juga dapat merusak kehalusan kulit ketiak.

Hidradenitis suppurativa
Ini adalah kondisi medis yang mempengaruhi kulit ketiak dan daerah pangkal paha. Kondisi ini dapat menimbulkan benjolan lembut yang bisa membesar dan berisi dengan nanah yang berbau busuk. Kadang-kadang, benjolan seukuran kacang dapat terbentuk di bawah kulit.

Nyeri otot
Peregangan otot yang berlebihan di wilayah ketiak dapat menyebabkan nyeri myalgic aksila. Mereka yang sering berolahraga dengan melibatkan ayunan tangan yang kuat dapat mengalami rasa sakit di bawah ketiak. Ketegangan otot subscapularis, yang sering mempengaruhi orang-orang yang bermain tenis, lempar lembing, dan segala macam olahraga dengan kekuatan ayunan tangan, juga dapat menyebabkan nyeri di ketiak.

>>  Cara Menghilangkan Bau Ketiak Tak Sedap

Lymphadenitis
Kelenjar getah bening adalah kelenjar yang melakukan fungsi untuk menghancurkan patogen. Kelenjar getah bening aksila, yang merupakan kelenjar getah bening yang terletak di ketiak, bisa membesar karena cedera pada lengan. Limfadenitis aksila, yang mengacu pada peradangan kelenjar getah bening di ketiak, bisa menimbulkan gejala seperti nyeri, demam, bengkak, dsb. Nyeri juga dapat dirasakan di bawah ketiak jika jaringan payudara terpengaruh oleh infeksi. Pada beberapa kasus, peradangan dapat berhubungan dengan kanker. Perkembangan benjolan yang tumbuh menyakitkan di ketiak merupakan salah satu tanda umum dari kanker payudara.

Infeksi
Bakteri, virus, atau jamur penyebab infeksi juga bisa menyebabkan nyeri di ketiak. Sporotrichosis adalah infeksi jamur yang dapat menyebabkan benjolan yang menyakitkan di ketiak. Infeksi virus seperti campak, cacar, gondok, tipus, herpes zoster, dan AIDS juga dapat menyebabkan rasa sakit di daerah ini. Infeksi bakteri yang disebabkan oleh streptococcus pyogenes dan staphylococcus aureus juga bisa menyebabkan nyeri di ketiak. Infeksi mononucleosis, leukemia, penyakit hodgkin, dan limfoma non hodgkin adalah kondisi medis lain yang dapat menyebabkan nyeri di ketiak.

Tips mengobati nyeri di ketiak

Pengobatan dapat bervariasi, tergantung pada kondisi medis yang menyebabkan rasa sakit di bawah ketiak. Berikut adalah beberapa pilihan pengobatan dan tindakan perawatan diri yang dapat diikuti oleh seseorang yang mengalami sakit pada ketiaknya.

  1. Obat penghilang rasa sakit sering direkomendasikan untuk menghilangkan rasa sakit.
  2. Antibiotik, obat antivirus, atau obat antijamur dapat digunakan untuk mengobati bakteri, virus, atau jamur infeksi masing-masing.
  3. Kompres dingin dapat memberikan bantuan. Ambil es batu secukupnya dan bungkus dalam sepotong kain. Tempatkan di ketiak yang sakit selama sekitar 10-15 menit. Lakukan tiga kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.
  4. Jika anda ingin menerapkan kompres panas, ambil kain dan rendam dalam air hangat. Tempatkan di ketiak yang sakit selama sekitar 5-10 menit. Pastikan bahwa kain tersebut tidak terlalu panas untuk disentuh, jika tidak maka dapat membakar kulit anda.
  5. Jika kondisi medis yang serius menjadi penyebab rasa sakit di ketiak, pengobatan ekstensif akan diperlukan. Seperti contoh, kemoterapi dan terapi radiasi akan diperlukan untuk mengatasi kondisi seperti akibat dari penyakit leukemia, limfoma hodgkin dan limfoma non hodgkin.

Mereka yang mempunyai bisul atau kista dapat berkonsultasi dengan dokter kulit. Pengobatan tepat waktu sangat penting untuk mengurangi gejala dan menurunkan resiko komplikasi. Infeksi berulang dapat dihindari dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat dicapai dengan membuat perubahan pola hidup seperti mengikuti gaya hidup sehat.

 
  Incoming Keywords: ketiak nyeri tanpa benjolan, ketiak sakit, ketiak sakit saat ditekan, ketiak sakit tanpa benjolan, sakit dibawah ketiak kanan, nyeri di ketiak, ketiak nyer, mengatasi nyeri pada ketiak, kenapa ketiak sakit saat gerakan, sakit di ketiak

, , ,

Comments are closed.