Mengatasi Sakit di Ketiak Kiri

Sakit di ketiak kiri mungkin bukanlah masalah yang mengkhawatirkan. Namun, jika masalah yang sama terjadi terlalu sering atau semakin memburuk, maka mungkin hal itu menunjukkan ada sesuatu yang salah pada tubuh. Lalu apa yang bisa menyebabkan masalah seperti itu?

Sakit di bawah ketiak kiri mungkin terasa seperti terbakar atau rasa terjepit. Pada kebanyakan orang, rasa sakit terpancar dari titik asal dan menyebar ke daerah seperti bahu atau lengan pada sisi yang terkena.

Penyebab umum sakit di ketiak kiri

Bentuk terparah dari rasa sakit di bawah ketiak kiri dan punggung bisa disebabkan oleh infeksi herpes zoster. Herpes disebabkan oleh virus yang menyebabkan cacar air. Setelah seseorang sembuh dari cacar air, virus masuk ke dalam keadaan dormansi. Kemudian untuk alasan tertentu, virus akan diaktifkan kembali dalam bentuk herpes zoster. Ini biasanya menyebabkan kulit melepuh di dada, punggung, dan bahu. Dan rasa sakit ini dapat menyebar melalui jalur saraf ke daerah ketiak.

Pembengkakan kelenjar getah bening
Ini adalah salah satu penyebab paling umum sakit pada ketiak. Pembengkakan ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Pada beberapa kasus, bakteri dan parasit juga dapat menyebabkan hal yang sama. Pada beberapa orang, gangguan autoimun tertentu menjadi penyebabnya. Kondisi ini juga bisa mengindikasikan kanker tetapi dalam kasus yang jarang terjadi.

Rambut di ketiak
Pertumbuhan rambut yang abnormal dapat menimbulkan sakit di ketiak. Rambut tersebut tidak tumbuh keluar tetapi kembali memasuki kulit. Kulit mengambil rambut ini dan beberapa benda asing berusaha untuk menyusup ke dalam tubuh sehingga menyebabkan peradangan, iritasi, dan gatal-gatal.

Diabetes neuropati
Diabetes juga dapat menyebabkan rasa sakit pada ketiak sebelah kiri. Kadar gula darah tinggi cenderung merusak saraf di seluruh tubuh. Namun, daerah kaki adalah daerah yang lebih rentan.

>>  Mengapa Ketiak Anak Kecil Bau?

Alergi
Produk seperti deodoran dan sabun dapat memicu alergi pada kulit. Ini dapat menyebabkan ruam kulit sehingga terjadi pembengkakan, sakit dan kemerahan.

Saraf terjepit
Jika sakit pada ketiak kiri disertai dengan kesemutan atau rasa terbakar, maka anda dapat menduga bahwa penyebabnya adalah saraf terjepit. Hal ini terjadi ketika saraf terlalu banyak tekanan karena jaringan sekitarnya.

Tips mengatasi sakit di ketiak kiri

Pengobatan bertujuan dalam mendiagnosis, dan menentukan penyebab masalah. Jika penyebabnya adalah saraf terjepit, maka sebagian besar dokter akan merekomendasikan istirahat yang cukup dan menghindari kegiatan yang mungkin memperburuk rasa sakit. Beberapa orang mungkin memerlukan terapi fisik, obat-obatan seperti non steroid anti inflammatory, atau suntikan kortikosteroid.

Pada kebanyakan orang mengatasi rasa sakit di ketiak dengan melakukan kompres dingin es. Hal ini tidak hanya akan membantu menghilangkan rasa sakit, tetapi juga akan mengurangi pembengkakan jika ada.

Jika rasa sakit di bawah ketiak kiri anda disertai dengan penurunan berat badan, demam terus-menerus, berkeringat di malam hari, kelelahan, kulit menjadi merah dan meradang, maka perhatian medis sangat diperlukan.

 
  Incoming Keywords: nyeri dibawah ketiak kiri, sakit dibawah ketiak kiri, rasa sakit di bawah ketiak sebelah kiri, nyeri punggung dan nyeri bawah ketiak, sering nyeri tiba pada ketiak, obat ketiak terasa kebakar, sakit di bahagian bawah ketiak, nyeri di bawah ketiak kiri, Titik refleksi nyeri bawah ketiak, ketiak kesemutan

, , , ,

Comments are closed.