Sakit Akibat Benjolan di Ketiak

Sakit yang terjadi akibat benjolan di ketiak bisa tidak berbahaya atau mungkin memang indikasi beberapa penyakit serius. Artikel berikut akan menginformasikan untuk anda lebih lanjut untuk mengetahui penyebab benjolan di ketiak dan pengobatan yang harus dilakukan.

Lebih sering daripada tidak, hal ini adalah karena beberapa penyebab ringan dan tidak perlu intervensi medis. Namun, anda harus tahu kapan benjolan tersebut tidak membahayakan dan ketika itu ternyata menjadi berbahaya. Satu-satunya cara untuk mengetahui adalah dengan mendapatkan diagnosa dari seorang praktisi medis yang berkualitas. Penyebab benjolan di ketiak dapat muncul sebagai akibat dari rambut yang tumbuh atau infeksi oleh pisau cukur, meskipun ada pula kemungkinan terkena kanker.

Faktor penyebab munculnya benjolan di ketiak

Kista
Kista adalah benjolan pada kulit ketiak, yang sebagian besar disebabkan karena rambut tumbuh ke dalam atau akibat menggunakan antiperspirant. Kista seringkali ditemukan pada remaja, yang baru saja mulai mencukur rambut mereka. Hal ini adalah masalah yang sepele sehingga tidak memerlukan tindakan medis lebih lanjut.

Vaksinasi
Reaksi alergi terhadap vaksin tertentu dapat menyebabkan benjolan muncul di ketiak dan menyakitkan. Hal ini sebagian besar disebabkan karena obat sulfa, yodium atau penisilin. Vaksin yang paling mungkin untuk menginduksi alergi jenis ini adalah vaksin campak, vaksin rubella, vaksin cacar, vaksin gondong, dan tipus.

Infeksi jamur dan bakteri
Setiap jenis infeksi bakteri atau jamur menyebabkan kelenjar getah bening di ketiak membengkak. Oleh karena itu, kelenjar getah bening yang membesar dapat dengan mudah dideteksi. Infeksi jamur seperti sporotrichosis dan infeksi bakteri juga menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening.

Infeksi virus
Infeksi virus membuat konsekuensi serius, sehingga benjolan yang ada di ketiak memerlukan intervensi medis. Infeksi virus seperti HIV / AIDS, cacar, infeksi mononukleosis, dan herpes, mampu menghasilkan benjolan yang menyakitkan di ketiak.

>>  Mengapa Ketiak Anak Kecil Bau?

Kanker
Kanker payudara masih menjadi penyebab utama dari benjolan keras di ketiak, terutama jika anda seorang wanita. Pertumbuhan abnormal jaringan payudara dapat menyebar hingga ke ketiak. Dengan demikian, sangat penting untuk mendeteksi apakah terdapat benjolan lain di sekitar payudara. Bentuk lain dari kanker seperti limfoma, leukemia, juga dapat menimbulkan pembesaran kelenjar getah bening, sehingga membentuk benjolan di ketiak.

Obat sakit untuk benjolan di ketiak

Pengobatan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Jika penyebab benjolan pada ketiak adalah hal kecil, maka anda dapat mengobatinya sendiri. Namun jika tidak, maka anda wajib menghubungi dokter. Tes darah atau biopsi dapat dilakukan untuk mendeteksi penyebab pastinya. Infeksi dapat diobati dengan antibiotik atau obat serupa. Sementara operasi adalah satu-satunya pilihan untuk mengatasi benjolan karsinogenik. Benjolan karena reaksi alergi dapat disembuhkan bila pemicu alergi diketahui.

Seperti disebutkan sebelumnya, sakit akibat benjolan di ketiak dapat berubah menjadi masalah yang memprihatinkan. Jika anda memiliki riwayat keluarga kanker, maka anda tidak boleh membuang waktu setelah anda mendeteksi keberadaan benjolan di ketiak. Biarkan dokter mendiagnosa penyebab benjolan di ketiak, setelah itu baru dokter dapat merekomendasikan anda pengobatan yang tepat.

 
  Incoming Keywords: benjolan di ketiak, benjolan pada ketiak, benjolan d ketiak, benjolan diketiak sakit, benjolan diketiak itu apa, benjolan diketiak, benjolan di ketiak dan terasa sakit, benjolan di ketiak apa, benjol kecil di ketiak, benjol di ketiak

, , ,

Comments are closed.