Ketiak Berwarna Gelap+Cara Menghilangkan Ketiak Hitam

Apakah anda menghindari memakai kaos tanpa lengan atau T-shirt, karena takut ketiak gelap hitam anda terlihat? Artikel tentang masalah ketiak hitam ini dapat membantu anda dengan beberapa solusi untuk mengatasi ketiak berwarna gelap dan hitam.

Ketiak gelap bisa membuat malu terutama bagi orang-orang yang berkulit putih. Hal ini menjadi benar-benar memalukan memakai pakaian tanpa lengan yang menampilkan ketiak berwarna gelap. Jika anda mengalami kondisi ini, maka janganlah berkecil hati. Ada berbagai obat untuk mengatasi masalah ini, yang dapat membantu anda dalam mengembalikan kecerahan warna kulit ketiak ini.

Penyebab ketiak gelap berwarna hitam

Ketiak hitam gelap dapat disebabkan oleh berbagai faktor, yang mungkin dapat berbeda dari satu orang ke orang lain. Sementara pada beberapa orang, penggunaan krim hair removal menjadi salah satu penyebabnya. Dalam hal lain, kondisi ini terjadi karena bercukur secara teratur. Penyebab lainnya adalah keringat ketiak yang berlebihan. Orang gemuk mudah mengalami ketiak berwarna gelap karena akibat dari gesekan kulit dengan pakaian atau dengan kulit itu sendiri. Dalam beberapa kasus, penggunaan deodoran dan antiperspirant juga menyebabkan masalah kulit, karena produk ini mengandung garam logam yang tidak baik untuk kulit.

Menurut beberapa ahli kesehatan, akumulasi sel kulit mati juga dapat menjadi penyebab kondisi gelap di ketiak. Kebersihan dan perawatan kulit harus diperhatikan untuk mencegah penggelapan kulit ketiak. Beberapa orang juga mengalami kulit gelap di daerah seperti pangkal paha dan leher. Kondisi ini disebut acanthosis nigricans, kebanyakan ditemukan pada orang gemuk. Diabetes tipe II juga terkait dengan kondisi tersebut. Beberapa orang memiliki kulit lebih gelap pada sendi seperti siku, lutut, dan ketiak. Hiperpigmentasi dan infeksi ketiak juga berada di antara kemungkinan penyebab ketiak menjadi berwarna gelap. Selain itu, genetik juga berpengaruh. Apapun mungkin menjadi penyebabnya, ketiak gelap berwarna hitam bisa menjadi penyebab memalukan. Kebersihan yang tidak tepat dan kurangnya perawatan kulit yang tepat juga dapat menjadi faktor yang mendorong terjadinya penggelapan kulit ketiak.

Cara menghilangkan warna hitam gelap pada ketiak

Mengidentifikasi penyebab ketiak gelap menghitam dapat membantu anda lebih muda. Sebagai contoh, jika deodoran yang menyebabkan perubahan warna kulit menjadi gelap, maka anda dapat memilih merek lain atau menghindari menggunakannya. Dalam hal gesekan kulit, anda dapat menggunakan pakaian longgar. Jika mencukur atau penggunaan krim hair removal adalah penyebab ketiak gelap, anda dapat memilih untuk menghilangkan rambut ketiak secara permanen. Mencukur juga dapat menyebabkan kulit lecet yang dapat menggelapkan warna kulit saat sembuh. Masalah yang berhubungan dengan mencukur adalah bagian yang tersisa dari rambut di bawah kulit membuat kulit tampak sedikit lebih gelap. Perawatan laser untuk rambut dapat dikatakan menjadi pilihan yang sangat baik bagi mereka yang tidak tertarik pada waxing, mencabut, atau mencukur.

>>  Mengatasi Sakit di Ketiak Kiri

Dalam hal akumulasi sel kulit mati di ketiak, cobalah melakukan pengelupasan kulit, dua kali seminggu. Anda juga dapat menggunakan krim pencerah warna ketiak untuk memperoleh warna kulit cerah. Saat membeli produk tersebut, pastikan secara klinis terbukti aman. Dianjurkan untuk menghindari produk dengan hydroquinone, yang memiliki sifat karsinogenik. Jika anda memiliki keringat berlebihan dan noda ketiak, hindari polyester dan pakaian sintetis lainnya. Hal ini juga baik untuk menurunkan berat badan jika anda gemuk. Seperti dituliskan di atas, terdapat cara menghilangkan warna gelap pada ketiak, yang dapat membantu dalam mengatasi kondisi ini.

  • Ambil 1 sendok makan tepung terigu, campur dengan kulit lemon bubuk 1 sendok teh, susu 1 sendok teh, yoghurt 1 sendok teh, dan sejumput bubuk kunyit. Oleskan pada ketiak dan biarkan kering. Setelah mengering bilaslah dan menggosoknya dengan lembut.
  • Jus lemon dan madu juga dapat menjadi salah satu solusi yang paling efektif untuk menghilangkan ketiak gelap. Yang harus anda lakukan adalah membuat pasta dari madu, jus lemon, dan gula. Panaskan campuran ringan ini dan oleskan pada ketiak. Bilas setelah dua puluh menit. Ulangi ini setiap tiga sampai empat hari untuk hasil terbaik.
  • Beberapa orang menggunakan baking soda untuk menghilangkan warna ketiak yang gelap. Selain untuk mengatasi bau badan, baking soda juga merupakan obat efektif untuk ketiak gelap. Cuci ketiak dan oleskan baking soda. Bilas dengan bersih setelah sepuluh menit.
  • Penerapan minyak kelapa pada ketiak dapat mencerahkan kulit. Pastikan untuk mencucinya dengan bersih setelah menerapkannya. Selain itu, minyak Vitamin E juga bermanfaat menghilangkan warna gelap di ketiak.
  • Anda juga dapat menggunakan kunyit dengan air jeruk nipis dan jus mentimun. Oleskan pasta ini pada ketiak dan bilas setelah dua puluh menit.
  • Potong lemon dengan diberi sedikit gula setelah itu gosokkan pada kulit ketiak dengan lembut. Cara yang lain adalah dengan memakai kentang, yang memiliki sifat memutihkan.

Langkah-langkah pencegahan dan solusi menghilangkan ketiak gelap maupun hitam di atas dapat sangat efektif untuk mengatasi kondisi tersebut. Pastikan juga untuk melembabkan kulit, setelah anda selesai dengan membilas. Dengan sedikit perawatan, anda dapat mengatasi masalah ini. Namun, jika perubahan warna kulit disertai rasa gatal, kemerahan, dan gejala lain, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter, daripada mencoba pengobatan rumah. Pada kebanyakan kasus, ketiak berwarna gelap seringkali adalah karena masalah kosmetik, bukan masalah kesehatan.

 
  Incoming Keywords: ketiak hitam pada anak, penyebab ketiak hitam

,

Comments are closed.