Mengukur Kadar Oksigen

Saturasi oksigen adalah ukuran perbandingan jumlah oksigen dalam media tertentu. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang parameter pengukuran ini. Oksigen merupakan kebutuhan vital bagi setiap makhluk hidup. Tapi bagaimana anda dapat mengukur berapa banyak oksigen yang terkandung dalam darah, atau di dalam air yang anda minum ataupun oksigen di udara yang anda hirup?

Pengukuran relatif dari kandungan oksigen yang dibawa atau dilarutkan dalam media tertentu disebut sebagai saturasi oksigen. Dalam tubuh manusia, saturasi oksigen adalah ukuran dari oksigen yang terlarut dalam darah. Sebuah contoh, 1 molekul hemoglobin mengandung 4 molekul oksigen. Jadi berapa banyak oksigen dari 100 molekul hemoglobin? Tentu saja 100 x 4 Katakanlah, 100 molekul hemoglobin membawa 380 molekul oksigen. Jadi oksigenasi darah dapat dihitung sebagai (380/400) x 100 yaitu 95%. Pengukuran ini sering disebut dengan SpO2.

Implikasi tingkat oksigen jenuh

Tubuh manusia normal membutuhkan pasokan oksigen yang konstan untuk berfungsi secara sehat. Kadar oksigen rendah dalam darah dapat menyebabkan kondisi medis yang serius dan mengancam jiwa. Kadar oksigen yang normal dalam kisaran antara 95-100%. Jika persentase berjalan di bawah saturasi oksigen normal atau turun bahkan kurang dari 80%, ini menunjukkan bahwa darah mengandung tingkat oksigen yang sangat rendah. Beberapa fakta yang perlu tentang ini adalah:

Jika oksigen turun di bawah level normal (yaitu kurang dari 92%), ada kemungkinan tubuh mengalami penyakit pernapasan seperti hipoksemia. Hipoksemia adalah penyakit pernapasan dengan gejala kelelahan, sesak napas, dan kebingungan.

Dengan kadar oksigen yang rendah dalam darah, oksigen tidak mampu menembus dinding sel darah merah. Dalam kasus rendahnya kadar oksigen dalam tubuh, orang akan menderita penglihatan, kehilangan memori, melemahnya otot jantung, jari kesemutan, batuk kronis, retensi air pada kaki dan pergelangan kaki.

>>  Proses Pencernaan Makanan dalam Tubuh Menghasilkan Energi

Kemungkinan, jika oksigen dalam darah di bawah 88%, tidak ada perusahaan asuransi yang mau memberikan ganti pengobatan anda.

Mengukur kadar oksigen

Oksimeter adalah sebuah perangkat kecil yang digunakan untuk mengukur kadar oksigen dalam darah. Ketepatan dan keakuratan pengukuran didasarkan pada berbagai faktor seperti kadar hemoglobin, persentase menghirup oksigen, suhu, aliran darah arteri ke jaringan pembuluh darah dalam tubuh, aliran balik vena darah dan oksigenasi orang tersebut.

Dengan faktor-faktor di atas dan rekaman oleh oksimeter, kurva saturasi oksigen dapat dicapai. Kurva saturasi oksigen bertentangan dengan tekanan parsial oksigen yang memberikan nilai p50. Nilai ini menunjukkan titik di mana hemoglobin memiliki saturasi 50% dari nilai oksigen. Dengan bantuan nilai ini, seseorang dapat menilai indeks afinitas oksigen dalam darah. Untuk manusia yang sehat, tingkat oksigen secara klinis adalah 95% meskipun nilai saturasi dapat bervariasi antara 97% – 99%.

Oximeters sebagai pengukur kadar oksigen, tidak dapat digunakan dalam kondisi medis tertentu seperti ketika seseorang mengalami keracunan karbonmonoksida dan serangan jantung. Dalam hal ini alat pengukur gagal untuk mendeteksi perbedaan antara oksigen dan karbonmonoksida yang terikat pada hemoglobin dalam darah.

 
  Incoming Keywords: saturasi oksigen, saturasi, normal spo2, spo2 adalah, saturasi adalah, nilai normal spo2, saturasi oksigen adalah, spo2 normal, apa itu spo2, ########

, , ,

Comments are closed.