Tingkat Oksigen Rendah dalam Tubuh

Setiap makhluk hidup di planet ini membutuhkan elemen oksigen (O2) dalam tingkat tertentu. Manusia dan hewan lebih membutuhkannya daripada tanaman. Ketika kadar oksigen normal, hal itu tidak menjadi masalah, tetapi ketika kadar oksigen mulai meningkat atau menurun, maka munculah sejumlah masalah kesehatan dan kadang-kadang berakibat fatal bagi individu.

Oksigen adalah satu-satunya sumber kehidupan bagi makhluk hidup, dan oksigen murni dapat memenuhi kebutuhan dasar untuk hidup sehat. Oksigen dalam tingkat rendah menyebabkan banyak situasi berbahaya yang dapat menyebabkan masalah pada organ dan kelainan metabolik yang dapat menyebabkan masalah kesehatan lebih lanjut. Semua makhluk hidup perlu untuk menghirup udara segar dan udara yang tidak tercemar untuk bertahan hidup. Tingkat oksigen normal dalam tubuh seseorang haruslah berada diantara 95 sampai 100%. Ketika kadar oksigen tubuh berada dalam kisaran ini, sel-sel tubuh menjadi cukup sehat untuk dapat melaksanakan fungsinya dengan benar. Jika ada kadar oksigen yang tinggi atau rendah, hal terbaik untuk dilakukan adalah mengunjungi dokter sesegera mungkin. Dalam data di bawah berikut ini, kita akan berkonsentrasi pada kadar oksigen rendah dalam tubuh, bersama dengan penyebab dan efek samping.

Tingkat oksigen rendah dalam tubuh

Tingkat oksigen dalam tubuh manusia dapat diukur dengan berbagai cara yang berbeda, akan tetapi yang paling sederhana adalah dengan melalui tes darah. Metode lain adalah termasuk pengujian kadar oksigen melalui oksimeter, dimana tingkat oksigen diukur dengan sensor cahaya. Dengan cara ini anda akan mampu mendeteksi jika terdapat kadar oksigen dalam tingkat yang relatif rendah. Berikut adalah penyebab dan gejala yang ditunjukkan ketika tingkat oksigen mencapai batas rendah dan alasan yang menyebabkan menurunnya kadar oksigen.

Penyebab rendahnya oksigen

Gangguan kadar oksigen rendah secara medis dikenal dengan hipoksemia, di mana anda menunjukkan gejala lemah. Beberapa penyebab tingkat oksigen yang rendah dalam tubuh tercantum di bawah ini:

  1. Salah satu alasan yang sangat umum untuk kelainan ini adalah hipoventilasi, dimana kadar karbondioksida dalam tubuh meningkat dan mengurangi kadar oksigen. Hal ini biasanya terjadi ketika metabolisme tubuh memproduksi karbondioksida ekstra dengan cepat.
  2. Asupan oksigen yang lebih rendah daripada keluar dan membuang karbondioksida mengurangi kadar oksigen. Hal ini menyebabkan pernafasan menjadi lambat, gangguan fungsi paru-paru atau kelainan dalam dinding dada yang mempengaruhi volume udara.
  3. Penyebab lainnya adalah kapasitas difusi dalam alveoli paru-paru. Ini adalah ukuran dari seberapa lancar oksigen melewati alveoli dan kapiler. Jika difusi ini lebih rendah, hal itu mengarah pada tingkat oksigen yang rendah dan masalah pernafasan. Difusi ini dapat dipengaruhi oleh dataran tinggi atau rendah di mana ada tingkat oksigen yang rendah yang menyebabkan kekurangan oksigen pada otak.

Gejala oksigen rendah

Jika anda memiliki kadar oksigen rendah dalam darah dan tubuh, ada kemungkinan akan menunjukkan gejala-gejala seperti kelelahan, nyeri otot, pencernaan yang buruk, depresi, asam lambung, kehilangan memori, masalah paru-paru, dan kelemahan tubuh secara keseluruhan.

Salah satu cara meningkatkan kadar oksigen adalah bernafas melalui hidung dan tidak melalui mulut. Mengurangi merokok, makan makanan sehat yang meliputi buah-buahan dan sayuran segar, berjalan-jalan di pagi hari dan minum banyak air merupakan cara lain untuk meningkatkan kadar oksigen. Jika anda memiliki pola makan yang sehat dan gaya hidup yang baik, kadar oksigen rendah tidak akan pernah mengganggu anda.

 
  Incoming Keywords: hal hal penyebab kurang oksigen otak, penyebab dan penyembuhan kekurangan oksigen, cara menambah oksigen pada tubuh, gejala kurang oksigen, hubungan gugup dalam mempengaruhi kadar O2 dalam darah, hal yang menyebabkan penurunan kadar oksigen, faktor yang menyebabkan berkurangnya kadar oksigen dalam tubuh, Efek jika tubuh minim oksigen, cara membuang kabandioksida dalam badan, tuliskan faktor apa saja yg dapat menyebabkan kekurangan kadar oksigen dalam tubuh

,

Comments are closed.