Gejala Bronkitis dan Pengertiannya

Mendiagnosis gejala bronkitis pada tahap awal akan mencegah kondisi ini menjadi lebih parah. Artikel ini adalah informasi lebih lanjut tentang apa saja gejala bronkitis dan metode pengobatan untuk gangguan pernafasan ini.

Paru-paru adalah salah satu organ yang paling penting dari sistem pernafasan. Ini adalah sepasang organ pernafasan di dalam rongga dada. Paru-paru  yang dilindungi oleh tulang rusuk ini sangat sensitif dan cenderung mudah terkena infeksi. Penyakit bronkitis adalah salah satu gangguan yang mempengaruhi paru-paru karena menghirup udara yang terkontaminasi. Penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri, menyerang bronkus dari paru-paru dan menyebabkan peradangan.

Apa itu bronkitis

Seperti disebutkan sebelumnya, bronkitis adalah infeksi paru-paru, yang dapat menjadi lebih buruk jika tidak diobati pengertian bronkitistepat pada waktunya. Kondisi ini dinamakan demikian karena mempengaruhi bronkus atau saluran udara dari paru-paru. Saluran udara mengeluarkan lendir untuk menjebak debu dan kuman memasuki tubuh. Dengan tidak adanya lendir, saluran udara ini menjadi teriritasi. Pada kondisi ini, lapisan dalam bronkus dapat meradang dan bengkak yang memicu produksi lendir yang berlebih. Ketika pada saluran udara terdapat lendir berlebihan, hal ini cenderung menyebabkan batuk. Ada dua jenis bronkitis yaitu akut dan kronis. Akut disebabkan oleh patogen, yaitu bakteri atau virus. Oleh karena itu kadang juga disebut sebagai bronkitis bakteri atau virus. Hal ini dapat mempengaruhi individu dari setiap kelompok usia. Di sisi lain, merokok adalah salah satu faktor penyebab utama bronkitis kronis. Jenis ini terlihat pada orang yang merokok. Pada stadium akhir, gangguan ini juga bisa berakhir sebagai infeksi paru-paru atau penyakit jantung, yang dapat mengancam jiwa dan bahkan berakibat fatal dalam beberapa kasus. Gejala-gejala bronkitis yang ditunjukkan oleh kedua jenis gangguan ini hampir sama.

Gejala bronkitis

Meskipun tanda-tanda dan gejala gangguan pernafasan ini dapat menyerupai gejala flu ataupun pilek, hal ini tidak boleh diabaikan, karena dapat memperburuk dan membuat sembuh lebih lama. Gejala bronkitis akut dan kronis hampir sama. Adalah penting untuk mendiagnosa gejala-gejala brontkitis ini pada tahap awal.

Gejala bronkitis akut
Sebagaimana telah kita lihat sebelumnya, bronkitis akut disebabkan karena peradangan pada bronkus, karena serangan kuman penyebab penyakit. Diberikan di bawah ini adalah beberapa gejala yang dapat diamati pada orang yang menderita bronkitis akut.

  1. Salah satu tanda-tanda utama adalah batuk kering terus-menerus, yang bisa berlangsung selama lebih dari dua minggu. Batuk kering juga dapat berubah menjadi batuk produktif, jika anda terken infeksi bakteri.
  2. Mengi, atau sesak napas dapat diamati sebagai salah satu dari tanda-tanda seperti yang diamati pada anak-anak, terutama pada anak muda. Suara aneh dapat didengar ketika anak bernafas, yang menjadi lebih sering terdengar ketika anak sedang tidur.
  3. Dengan peningkatan infeksi, warna dahak dapat berubah dari putih menjadi menjadi kuning atau hijau tua.
  4. Ketidaknyamanan di dada, ketidakmampuan untuk bernapas dengan benar dan demam ringan disertai menggigil, dapat dilihat pada orang dewasa penderita bronkitis. Beberapa individu juga mengalami kelemahan tubuh dan sakit kepala sebagai akibat dari infeksi.
  5. Nyeri di bawah tulang dada, disertai dengan perasaan sesak di daerah dada, yang cenderung untuk memancar ke seluruh bagian tubuh juga dapat terjadi dalam kasus yang parah.
>>  Mengobati Bronkitis pada Bayi

Gejala bronkitis kronis
Bronkitis kronis lebih sering mempengaruhi pria bila dibandingkan dengan wanita. Alasan utama untuk ini adalah karena merokok. Terkadang hal ini bisa berubah menjadi kanker paru-paru dan mengakibatkan kematian. Diberikan di bawah ini adalah beberapa indikasi seperti yang terlihat pada penderita yang menjadi korban gangguan pernapasan ini.

  1. Dalam kasus bronkitis kronis, seseorang mungkin lebih rentan terhadap pilek atau flu, mengalami hidung meler dan batuk terus-menerus. Batuk produktif dapat memburuk selama kondisi cuaca dingin dan juga di malam hari ketika terjadi penurunan suhu.
  2. Sebuah kondisi yang dikenal dengan nama sianosis, di mana bibir dan ujung jari bisa berubah kebiruan juga dapat terlihat sebagai salah satu tanda.
  3. Seseorang mungkin juga menderita mengi dan sesak napas.

Mengobati gejala bronkitis

Membiarkan bronkitis menjadi lebih parah dapat menjadi berbahaya karena dapat berubah menjadi kondisi yang mengancam jiwa. Oleh karena itu sangat penting untuk mengobati bronkitis ini pada tahap awal guna mencegah dari menjadi parah. Meskipun juga dapat diobati pada tahap selanjutnya, akan tetapi dapat memakan waktu yang lama untuk bisa sembuh dari kondisi tersebut. Sebelum pemberian pengobatan, dokter mungkin melakukan tes diagnostik tertentu seperti sinar-X di dada, pemeriksaan kultur sputum, dan tes darah untuk memeriksa tingkat keparahan. Dalam kasus bronkitis akut, dokter mungkin meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri. Ekspektoran juga dapat diresepkan sebagai obat batuk. Dalam hal pengobatan untuk bronkitis kronis, dokter mungkin memberikan saran kepada pasien untuk menjalani rehabilitasi paru, di mana pasien diajarkan beberapa latihan pernafasan. Di samping itu, ada juga beberapa solusi alami yang cukup efektif dalam mengobati gangguan pernapasan ini.

Jika anda melihat salah satu gejala bronkitis di atas atau yang serupa dengan itu, segeralah untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan untuk pengobatan yang tepat. Hal ini juga penting untuk mengetahui tentang metode dalam menghindari tertular bronkitis, karena gangguan ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius.

 
  Incoming Keywords: bronkitis menyebabkan mulut kering

, ,

Comments are closed.