Cara Efektif untuk Berkomunikasi Dengan Atasan

Khawatir tentang bagaimana berbicara dengan atasan anda mengenai cuti mendesak? Terlalu takut kehilangan pekerjaan anda karena kesalahan? Dengan cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan atasan anda, tips berikut akan berguna untuk membangun rasa percaya diri anda dalam mendekati atasan dan mengungkapkan pikiran anda.

Seorang bos menjadi orang yang paling menakutkan dalam kehidupan kerja kita. Bos memegang kekuasaan untuk dapat membuat atau menghancurkan karir dan kehidupan seseorang yang terhubung dengan mereka. Ini adalah peran ini yang membuatnya lebih sulit bagi banyak orang untuk berkomunikasi dengan atasan mereka. Namun, ada saatnya ketika setiap orang di kantor tidak dapat menghindari berbicara dengan bos.

Masalahnya akan lebih sulit jika bos ternyata lebih muda dari ada. Hal ini menciptakan keretakan psikologis, di mana salah satu bagian dari persepsi bahwa bos anda tidak berpengalaman dan menyalahgunakan kewenangan yang diberikan, sedangkan di sisi lain adalah alasan untuk menghormati keputusan yang dibuat oleh bos. Tips sederhana ini akan membantu anda berkomunikasi secara efektif dengan atasan. Jadi mari kita lihat beberapa diantaranya.

Cara efektif untuk berkomunikasi dengan atasan

Pilih waktu yang tepat
Selalu ada waktu dan tempat untuk segalanya. Dengan demikian, penting untuk memilih waktu yang baik untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan atasan anda. Ketika bos relatif bebas dan juga selama istirahat adalah saat-saat yang tepat untuk berbicara kepada bos. Jika anda tidak dapat menemukan waktu yang tepat, cobalah membuat janji dahulu dengan asisten pribadi bos anda.

Bicara yang jelas
Sering kali, orang-orang berbicara berbelit-belit tidak akan pernah sampai ke titik. Ini adalah penghamburan waktu bagi anda dan atasan. Jika diperlukan, berlatih apa yang perlu anda katakan, dan sampai ke titik dalam waktu yang tidak lebih dari lima menit ke dalam percakapan. Jadilah jelas tentang apa yang harus anda katakan.

Simak selengkapnya
Seorang bos, lebih sering daripada tidak, suka berbicara. Jadi setelah anda mengusulkan ide anda, kemungkinan besar bahwa bos anda akan ingin berbagi pemikirannya tentang hal itu. Adalah penting bagi anda untuk lebih mendengarkan dan menyimak. Jadilah pendengar yang aktif dan mencoba memahami apa yang dikatakan.

>>  Pentingnya Komunikasi yang Baik di Tempat Kerja

Mengolah kata
Kadang-kadang, kita tahu ketika ide tertentu tidak akan sesuai atau selaras dengan bos. Pada saat-saat seperti ini, semua yang kita lakukan adalah berharap untuk yang terbaik. Namun, apa yang dapat anda lakukan adalah melalui kata-kata dengan keyakinan. Kata-kata dapat meninggalkan kesan yang tak terhapuskan. Jadi, pastikan bahwa apa yang anda katakan meninggalkan kesan yang baik.

Bahasa
Agar efektif dalam berkomunikasi, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahasa tubuh. Pernahkah anda melihat orang membungkuk, bergumam, berkeringat, atau gelisah saat memberikan pidato? Tidak ada pembicara yang baik dan komunikator yang efektif berbicara seperti ini. Berbicara dapat membangkitkan emosi tertentu dari para pendengarnya. Ini adalah tujuan yang anda butuhkan untuk berkomunikasi dengan atasan. Lihatlah mata bos anda, bicaralah dengan nada tenang, perbaiki postur tubuh anda, dan benar-benar hindari segala bentuk ekspresi wajah negatif saat berkomunikasi dengan bos.

Jika tujuan anda adalah untuk mengembangkan komunikasi jangka panjang yang baik, maka anda perlu untuk membangun hubungan persahabatan dengan atasan anda. Satu hal yang perlu diingat, jangan pernah mencari muka!

 
  Incoming Keywords: cara berbicara dengan atasan, cara hubungan baik dengan atasan, cara mendekati pimpinan, cara belajar dekat sama atasan, trik jika kita diintrogasi dengan atasan, cara berbica yang baik dengan bos, cara berbicara dengan atasan yang baik, cara berbicara kepada atasan, cara berkomunikasi berbicara dengan atasan, cara berkomunikasi dengan atasan

, ,

Comments are closed.