Benjolan di Bawah Dagu

Benjolan di bawah dagu dapat terjadi karena berbagai masalah kulit seperti kista sebaceous, folikel rambut bengkak atau abses.

Benjolan di bawah dagu tak sedap untuk dipandang mata dan dapat merusak kulit yang bercahaya. Tidak seperti benjolan kecil, benjolan yang cukup besar ini cukup mudah diperhatikan oleh orang lain, yang dapat menyebabkan isolasi sosial. Jadi, untuk mengatasi gangguan ini dan mengembalikan keindahan kulit, mendiagnosis penyebab benjolan di bawah dagu sangatlah perlu dan tidak perlu menunda lebih lanjut untuk segera melakukan pengobatan yang diperlukan.

Penyebab benjolan di bawah dagu

Cedera
Benjolan yang membengkak di bawah dagu sering terjadi karena akibat dari cedera yang dialami. Sebuah pukulan keras ke dagu selama perkelahian atau kecelakaan dapat menyebabkan peradangan yang parah, yang mungkin muncul sebagai benjolan di bawah dagu.

Kista sebasea
Sebaceous adalah benjolan kecil yang muncul tepat di bawah kulit. Kondisi ini juga disebut dengan kista epidermoid, itu adalah benjolan seukuran kacang di bawah dagu dan berisikan minyak, yang disebut sebum. Kelenjar sebaceous yang terletak di bawah kulit, memproduksi sebum yang mencegah kulit dari kekeringan. Kulit kita terdiri dari pori-pori yang tak terhitung di mana sebum dilepaskan, yang membantu untuk membuat kulit halus. Ketika beberapa dari pori-pori tersebut tersumbat, terjadi penumpukan sebum di bawah daerah kulit, yang akhirnya menyebabkan benjolan di bawah kulit. Jika infeksi bakteri sekunder berkembang di dalam benjolan, maka dapat berubah menjadi kemerahan.

Kelenjar getah bening
Sebuah benjolan aneh di bawah dagu juga dapat berarti bahwa kelenjar getah bening yang meradang. Seperti kita semua tahu, kelenjar getah bening dianggap sebagai bagian integral dari sistem kekebalan tubuh. Organ kecil berbentuk bola kelenjar ini melakukan pekerjaan untuk menghancurkan mikroba berbahaya. Sel darah putih seringkali ditemukan pada kelenjar getah bening yang menghancurkan bakteri dan virus. Hal ini dapat diamati bahwa kelenjar getah bening terletak di bawah lengan, dagu, dan di banyak bagian lain dari tubuh termasuk dada. Namun, selama terjadi infeksi dan terlalu banyaknya patogen, kelenjar getah bening menjadi membengkak. Kelenjar getah bening yang membesar di lokasi dagu terlihat sebagai benjolan di bawah dagu yang menyakitkan ketika disentuh. Penderita juga mungkin mengalami demam, yang menunjukkan adanya serangan virus atau infeksi bakteri.

Folikel rambut
Sebuah folikel rambut adalah sebuah kantong kecil tepat di bawah kulit, di mana helai rambut muncul. Kelenjar sebaceous memproduksi sebum yang melekat pada folikel rambut. Setiap pori pada epidermis (lapisan terluar kulit) adalah tempat di mana helai rambut terlihat muncul dari kulit. Sebum yang dihasilkan membuat jalan melalui folikel rambut untuk melakukan kontak dengan kulit. Namun, folikel rambut bisa meradang ketika sebum yang diproduksi berlebihan. Infeksi bakteri dalam folikel rambut juga dapat menyebabkan peradangan kantung tersebut. Folikel rambut membengkak, adalah sebuah kondisi yang disebut folikulitis, yang dapat menghalangi bagian dari sebum dan mencegahnya untuk mencapai permukaan kulit. Sebum yang terjebak di bawah kulit akhirnya akan mengarah pada pembentukan benjolan.

>>  Penyebab Benjolan di Perut

Metode mencukur yang tidak tepat juga dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan folikulitis, sehingga akhirnya dapat menyebabkan pembentukan benjolan di bawah dagu.

Gondok
Benjolan yang telah berkembang di bawah dagu dan di sisi leher dapat menunjukkan gejala gondok, suatu kondisi yang biasanya ditandai dengan peradangan kelenjar tiroid. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di daerah leher. Terlepas dari pembengkakan rahang bawah tersebut, gondok dapat menyebabkan suara serak, menyebabkan batuk, dan kesulitan dalam menelan. Gondok juga dapat menekan tenggorokan, sehingga timbul gangguan pernafasan.

Tahi lalat
Meskipun setiap orang memiliki tahi lalat di tubuh mereka dalam bentuk bintik-bintik hitam, hal ini biasanya tidak diketahui karena ukurannya yang kecil. Namun, dalam beberapa kasus, tahi lalat ditemukan dengan ukuran besar dan muncul sebagai benjolan berwarna coklat atau hitam.

Kutil
Kutil adalah pertumbuhan kulit yang merupakan akibat dari infeksi virus. Meskipun benjolan ini juga memicu rasa gatal, mereka tidak berbahaya dan biasanya terlihat pada anak-anak. Benjolan ini berbentuk kembang kol yang keras dan memiliki permukaan kasar.

Menghilangkan benjolan di bawah dagu

Pengobatan untuk benjolan di bawah dagu tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Benjolan di bawah dagu yang terjadi karena infeksi bakteri akan diobati dengan antibiotik. Dokter mungkin akan meresepkan krim antibiotik, tetapi dalam kasus infeksi parah, pasien akan diberikan antibiotik oral. Untuk meringankan rasa sakit, obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen (Tylenol) dalam dosis kecil mungkin juga bisa membantu. Obat anti inflamasi seperti ibuprofen juga dapat membantu untuk meringankan ketidaknyamanan. Selain itu, metode kompres es juga dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan cedera.

Dalam kasus kista sebaceous, suntikan kortikosteroid bisa diberikan untuk meredakan peradangan. Dalam kebanyakan kasus, operasi kecil akan dilakukan, di mana seluruh kista dihapus. Operasi pengangkatan kelenjar sebaceous ini membantu untuk mencegah terulangnya kembali masalah ini.

Kadang-kadang obat seperti bleomycin langsung diberikan ke kutil melalui suntikan untuk menghancurkan virus. Infeksi seperti bisul pada umumnya diobati dengan antibiotik oral, tetapi dalam beberapa kasus dokter mungkin menusuk abses dengan jarum untuk mengeluarkan nanah.

Tahi lalat jarang menjadi perhatian, tetapi tahi lalat besar di bawah dagu mungkin memerlukan perhatian medis untuk menhilangkan pertumbuhan kanker. Jika tes diagnostik menunjukkan keberadaan sel-sel kanker, pembedahan dapat digunakan untuk menghilangkan tahi lalat. Kemoterapi juga dapat digunakan dalam kasus kanker yang telah menyebar.

 
  Incoming Keywords: benjolan dibawah dagu, benjolan di bawah dagu, benjolan di dagu, cara mengatasi bisul di dagu, bengkak di bawah dagu, bengkak bagian dagu it penyakit ap, bagian leher deket dagu bengkak, tiba tiba nyeri dibawah dagu dan terasa sakit, bengkak merah dibawah leher terasa gatal, benjolan di bawah kulit bagian rahang

, , ,

Comments are closed.