Melatih Otak Kanan dengan Cara Efektif

Melatih otak kanan adalah kegiatan yang merangsang setengah dari kreativitas otak anda. Pada artikel ini akan diberikan beberapa saran untuk kegiatan yang berfungsi dalam mengasah otak kanan yang efektif.

Otak manusia dibagi dalam dua bagian dan meskipun secara struktural tampak mirip, namun keduanya berfungsi secara berbeda. Penelitian telah menunjukkan bahwa otak kanan adalah di mana berpikir kreatif dan intuitif berawal, sedangkan otak kiri lebih berkontribusi terhadap pemikiran logis atau penalaran matematika. Tentu saja, setiap tugas yang kita lakukan memiliki kontribusi dari kedua sisi otak. Bagi beberapa orang, otak kiri lebih mendominasi. Orang-orang ini bersifat metodis dalam segala sesuatu yang mereka lakukan dan ingin mengikuti perintah dan prosedur. Di sisi lain, dominasi menggunakan otak kanan lebih intuitif, visual, dan kreatif dalam keterampilan pemecahan masalah mereka. Mereka adalah orang-orang dengan tipe kreatif, yang sering memunculkan ide-ide. Untuk mengembangkan sisi intuitif, melatih otak kanan dapat membantunya.

Sinergi dari otak kanan dan otak kiri dapat membantu anda dengan solusi yang lebih baik dan membuat penggunaan yang lebih menyeluruh tentang kemampuan dan bakat anda. Latihan-latihan yang disarankan bagi otak kanan di sini adalah untuk orang-orang yang memiliki kepribadian yang sebelumnya didominasi oleh otak kiri. Mereka perlu untuk melonggarkan dan melepaskan metode dan prosedur, untuk lebih mengarah pada pemikiran yang kreatif.

Melatih otak kanan

Visualisasi, imajinasi, dan melihat sesuatu dari perspektif yang lebih besar adalah fungsi otak kanan. Sementara itu, merinci dan berpikir metodis adalah fungsi otak kiri. Latihan ini dirancang untuk meningkatkan pemikiran imajinatif dan membawa anda menjadi lebih kreatif ke depan. Pada dasarnya kegiatan yang menyenangkan membantu anda melonggarkan dan mendapatkan perspektif baru pada suatu hal. Seringkali kita fokus pada masalah dan terus berpikir pada baris yang sama, sedangkan yang dibutuhkan adalah perspektif yang segar.

Bermain musik dan bernyanyi
Belajar untuk memainkan alat musik atau bernyanyi adalah salah satu cara terbaik dalam melatih otak kanan. Bahkan menghargai musik yang bagus dapat membuka pikiran anda. Menyanyi adalah ekspresi dari pikiran anda.

Sketsa lukisan
Anda harus mencoba melukis atau membuat sketsa. Salah satu alasan mengapa anda harus melakukannya adalah bahwa hal itu sangat menyenangkan. Mengatur diri dengan warna, kuas, dan kanvas atau gambar. Sketsa apa pun yang anda ingin buat, biarkan pikiran anda mengembara bersama dengan kuas cat.

Olahraga
Kegiatan olahraga seperti tenis meja dan bulu tangkis atau permainan lain juga dapat menjadi stimulan otak kanan. Dengan strategi yang dijalankan sambil bermain game, membutuhkan banyak visualisasi. Anda harus melihat diri anda melakukannya dalam pikiran dan kemudian anda dapat mengeksekusinya. Itu sebabnya, olahraga adalah cara yang baik untuk melatih otak kanan.

Menulis cerita sendiri
Ide dari latihan ini adalah menciptakan alur cerita khayalan anda sendiri dan menuliskannya. Anda mulai dengan situasi acak dan membangun cerita. Hal ini sangat menyenangkan. Anda akan mengejutkan diri sendiri dengan apa yang anda tulis melalui imajinasi anda.

Membaca peta
Ini adalah permainan yang membutuhkan banyak visualisasi. Anda mempelajari peta negara selama beberapa menit dan kemudian mencoba untuk memvisualisasikan dan menemukan tempat di mana harus anda cari. Tidak hanya akan meningkatkan pengetahuan geografi anda,  tapi juga akan meningkatkan visualisasi.

Mengunjungi pameran seni
Kunjungan ke pameran seni bisa menjadi alat untuk melatih otak kanan yang baik. Cobalah untuk memahami perasaan yang disampaikan oleh para master pelukis. Biarkan pikiran anda terpaku warna dan pola yang anda lihat. Apresiasi seni bisa mengasah otak kanan yang besar, karena anda harus melampaui pemikiran konvensional untuk menghargai apa yang pelukis coba untuk katakan.

Permainan drama
Drama juga merupakan latihan untuk otak kanan yang baik. Salah satu permainan yang dapat anda mainkan adalah drama improvisasi. Dengan alur cerita yang tidak tertulis, anda harus bergantung pada imajinasi anda dan keterampilan improvisasi dengan sebuah cerita.

Di atas ini adalah beberapa latihan yang dapat anda coba untuk mengasah kemampuan otak kanan anda. Kegiatan-kegitan tersebut akan dapat membantu anda untuk menggunakan otak kanan dengan baik. Sisi kreatif anda akan dapat memecahkan masalah yang sebelumnya tidak mudah untuk anda pecahkan. Jika anda mempunyai waktu yang cukup, maka anda harus mencoba untuk melatih otak kanan.

 
  Incoming Keywords: cara mengasah otak kanan, melatih otak kanan, cara melatih otak kanan, Aktifkan otak kanan, cara mengaktifkan otak kanan, Fakta fakta mengenai otak kanan, mengaktifkan otak kanan, cara belajar menggunakan otak kanan, cara menggunakan otak kanan, cara kerja otak kanan

, ,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Alasan Mengapa Wanita Lebih Emosional Daripada Pria?

    […] Cara melatih otak kanan […]