Cara Melatih Otak Kiri yang Benar

Cara melatih otak kiri yang benar berguna untuk meningkatkan keterampilan logis dan analitis. Latihan otak kiri yang diberikan dalam artikel ini adalah semua yang anda butuhkan.

Otak pada manusia terdiri dari dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Para ilmuwan percaya bahwa setiap bagian dari otak berhubungan dengan keterampilan dan kemampuan yang berbeda. Otak kiri dianggap berhubungan dengan logika, penalaran, keterampilan numerik, menulis, dan berbicara. Di sisi lain, otak kanan berhubungan dengan menggambar, melukis, mematung, dan musik. Singkatnya, otak kanan membuat anda kreatif dan imajinatif. Pernahkah anda mendengar istilah-istilah seperti orang dengan otak kiri dan orang berotak kanan? Nah, istilah ini digunakan untuk orang-orang dengan satu keterampilan tertentu yang berhubungan dengan bagian tertentu dari otak. Misalnya, pada orang otak kiri, orang-orang tersebut terlihat baik pada kegiatan yang berhubungan dengan otak kiri. Sementara kreativitas sebagian besar adalah bawaan, keterampilan otak kiri dapat diperoleh dengan praktek. Hanya melalui cara melatih otak kiri yang diberikan di bawah, anda akan mengetahuinya.

Cara melatih otak kiri

Sebelum kita beralih ke kegiatan untuk memperkuat otak kiri, mari kita memahami bagaimana otak kiri bekerja dan karakteristik dari orang yang dominan dengan otak kiri. Telah diamati bahwa orang yang dominan dengan otak kiri adalah orang yang bersifat logis dan mempertimbangkan hal-hal sebagai bagian dari keseluruhan. Orang-orang ini memiliki memori yang kuat guna membantu mereka lebih cemerlang dalam profesi yang mengharuskan mereka untuk berpikir logis dan menggunakan memori mereka. Di sisi lain, melatih otak kanan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreatif anda. Cara berlatih menggunakan otak kiri, seperti yang diberikan di bawah ini, dapat membantu meningkatkan linguistik, berpikir logis, dan kemampuan analisis. Cara ini dimaksudkan untuk anak-anak maupun orang dewasa, lewat hal yang menyenangkan untuk melatih sel-sel otak kiri anda.

Menulis
Ini adalah cara yang baik dalam melatih otak kiri anda. Anda dapat memulai dengan menulis buku harian pribadi sendiri di mana anda dapat menuliskan peristiwa sehari-hari. Menulis blog adalah salah satu cara yang sangat populer sekarang ini, terutama microblogging. Yang perlu anda lakukan adalah menemukan sebuah subjek yang anda minati dan kemudian tuangkan isi hati anda. Setelah anda memahami, anda juga dapat menulis untuk media cetak lokal dan menerima royalti untuk pekerjaan anda.

Bermain puzzle
Ini adalah cara lain untuk melatih sel-sel otak dan menjaga agar tetap sehat selama bertahun-tahun. Mengisi teka-teki silang atau bermain jigsaw adalah permainan asah otak yang baik untuk mengasah otak kiri, yang dapat anda lakukan pada saat kebosanan melanda. Cara ini menjaga otak anda agar tidak mudah pikun meski usia makin tua. Seperti kata pepatah “makin tua makin menjadi”.

>>  Meningkatkan Fungsi Kerja Otak dengan Melatihnya

Mencoba sesuatu yang baru
Apakah anda selalu ingin belajar memetik gitar tetapi tidak pernah cukup mempunyai waktu untuk melakukannya? Telah terbukti bahwa belajar keterampilan baru meningkatkan aktivitas sel otak di bagian kiri otak. Anda bahkan bisa melangkah lebih maju dan belajar bahasa yang sama sekali baru. Ini akan memberi anda kesempatan untuk belajar setiap aspek dari bahasa, dimulai dengan ejaan dan kosakata untuk tata bahasa dan struktur kalimat. Mencoba melakukan hal-hal yang sama sekali baru untuk anda akan menantang otak anda.

Membaca
Karena otak kiri berhubungan dengan kosa kata dan ejaan, membaca tidak hanya akan meningkatkan dan menanamkan keterampilan ini dalam diri anda, tetapi juga menjaga sel-sel otak anda aktif. Anda dapat membaca surat kabar, buku, majalah atau situs yang berbeda di internet. Membaca meningkatkan pengetahuan anda tentang subyek yang berbeda dan membuat anda lebih sadar akan dunia di sekitar anda. Di samping itu, membaca fiksi juga berguna bagi otak kanan, karena mengharuskan anda untuk menggunakan imajinasi anda. Suatu kenyataan adalah bahwa anda sedang membaca artikel tentang cara melatih otak kiri ini.

Bermain scrabble
Ini adalah salah satu cara yang lebih menarik untuk menjaga sel-sel otak kiri anda daripada duduk menganggur dan melibatkannya dalam beberapa aktivitas yang bermanfaat. Permainan seperti scrabble membantu anda membangun kosakata dan meningkatkan keterampilan mengolah kata-kata. Bermain scrabble mengharuskan anda untuk membuat kata-kata baru dari kata yang sudah ada dari sebelumnya.

Sekarang anda menyadari beberapa latihan yang efektif untuk otak kiri. Jadi, apa yang anda tunggu? Jika perlu libatkan keluarga anda untuk bersama-sama melatih otak kiri.

 
  Incoming Keywords: permainan mengasah otak kiri dan kanan, Mengaktifkan Ingatan Otak Kiri, melatih otak kiri, Melatih keterampilan otak kanan dan kiri, cara mengolah otak kiri, cara menggunakan otak kiri, cara mengembangkan otak kiri, cara memaminkan logoka, cara melatih otak kiri dan otak kanan, cara melatih otak kiri

, ,

Comments are closed.