Mengapa Burung Mempunyai Bulu?

Apakah anda pernah bertanya-tanya mengapa burung mempunyai bulu? Jawabannya terletak pada sejarah evolusi burung. Semua burung memiliki bulu, tidak terkecuali penguin. Bulu-bulu mereka yang singkat dan padat, membuatnya tahan air. Lapisan bagian dalam dari bulu menjaga penguin tetap hangat dalam suhu dingin.

Pada setiap benua memiliki beragam jenis burung yang indah dan bervariasi. Anda mungkin tidak akan percaya bahwa burung dan dinosaurus memiliki leluhur yang sama.

Burung hewan yang cukup unik, bukan hanya karena kemampuan mereka untuk bisa terbang, tetapi juga karena mereka mempunyai keistimewaan dari bulu. Jadi, mengapa burung memiliki bulu yang lembut ini? Jawaban yang jelas untuk ini adalah untuk terbang. Bulu ini memungkinkan burung untuk menyempurnakan kemampuan mereka untuk terbang sedemikian rupa sehingga tidak ada organisme lainnya mampu menandinginya.

Fungsi bulu pada burung

Tidak diragukan lagi, bulu adalah salah satu struktur indah yang dirancang dalam dunia kehidupan binatang. Bulu memiliki beberapa kegunaan, beberapa di antaranya disebutkan di bawah ini.

  • Fungsi utama bulu adalah memberikan termoregulasi. Apakah itu dingin atau panas, bulu bertindak sebagai pelindung terhadap elemen alam.
  • Bulu juga cukup berguna selama hujan, karena bulu memiliki sifat tahan air dan bertindak sebagai jas hujan. Beberapa burung juga memiliki kelenjar yang mengeluarkan minyak, dan bertindak sebagai lapisan tambahan perlindungan terhadap hujan. Ini menekan pertumbuhan bakteri dan jamur pada tubuh.
  • Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di Animal Behaviour mengungkapkan bahwa burung menggunakan bulu mereka untuk merasakan lingkungan mereka, seperti kucing menggunakan kumisnya. Meskipun bulu tidak memiliki saraf, bulu burung terhubung ke daerah di mana saraf berada. Jika saraf dirangsang, burung mengubah posisi bulu dan postur mereka.
>>  Penyebab Mengapa digigit Nyamuk Terasa Gatal

Teori evolusi bulu burung

Ada beberapa tulang dinosaurus yang pernah ditemukan di Cina, yang ternyata adalah seekor makhluk terbang. Selain itu, kebanyakan dari kita tahu bahwa pterodactyl adalah dinosaurus berbulu. Apa tujuan dari bulu untuk makhluk terbang? Semua pertanyaan ini dan tahap evolusi dinosaurus cukup membingungkan.

Seperti yang anda ketahui, bulu adalah adaptasi lanjutan dari kulit. Sebuah teori yang dikenal dengan Hipotesis Arboreal, menunjukkan bahwa burung-burung zaman dahulu terbang dengan melompat dari pohon. Namun, teori ini kehilangan dukungan di kalangan paleontologi ketika beberapa fosil theropoda ditemukan di Cina. Ada teori lain yang menyarankan adanya protobirds, yang berlari cepat dan melompat dari tanah untuk menangkap mangsa. Untuk melakukan hal ini, protobirds mengembangkan kemampuan untuk meningkatkan tubuh mereka di udara dan mendarat dengan selamat di tanah. Hal ini secara bertahap menyebabkan kepakan sayap, seiring dengan waktu, protobirds melambung di langit. Namun, teori ini juga tampak terlalu tidak masuk akal.

Bulu adalah struktur yang memiliki asal usul evolusi misterius. Hal ini sulit untuk merekonstruksi bagaimana bulu berevolusi.

 
  Incoming Keywords: fungsi bulu pada burung, guna bulu pada burung

Comments are closed.