Berhenti Menjadi Terlalu Baik

Jika anda adalah tipe orang yang tidak bisa mengatakan ‘tidak’ kepada orang lain dan selalu berakhir menjadi terlalu baik untuk mereka, maka artikel ini bisa menjadi penyelamat anda. Pelajari mengapa terlalu baik untuk orang lain adalah ide yang buruk, dan bagaimana untuk berhenti melakukannya.

Tidak ada salahnya dalam bersikap baik kepada orang lain. Tetapi apa yang salah adalah terlalu baik keseringan, atau lebih tepatnya sepanjang waktu. Sebagian dari kita melakukan hal yang baik untuk orang lain. Melakukan hal-hal untuk orang yang anda sayangi membuat anda merasa baik. Namun seringkali sifat ini juga menimbulkan kesulitan, karena kita berakhir menjadi terlalu baik untuk kebaikan orang lain, bukan diri kita juga. Adalah sebuah ide yang buruk untuk membiarkan orang menginjak-injak anda dan mengambil keuntungan dari anda. Jika seluruh hidup anda habiskan melakukan hal-hal untuk semua orang di sekitar anda, lalu bagaimana dengan waktu untuk diri sendiri?

Ada beberapa orang yang benar-benar tanpa pamrih dan kepada siapa saja bersikap baik. Namun jika anda menjadi begitu baik untuk semua orang, maka akan menjadi bumerang bagi anda. Anda mungkin ingin menjadi yang baik untuk semua orang. Tetapi orang-orang di sekitar anda tidak akan seperti ini! Mereka telah menjadi begitu terbiasa dengan sikap anda yang terlalu baik, dan mereka tidak akan menyadari bahwa itu bukan hal yang tepat. Semua kekacauan emosional ini akan membuat anda merasa lelah, kalah, dan benar-benar menyedihkan.

Cara berhenti menjadi terlalu baik

Hal ini tidak sesulit kelihatannya. Dalam satu baris, yang pertama dan terpenting yang harus anda lakukan adalah membuat orang lain termasuk keluarga, kerabat, teman, kolega, dan atasan anda menyadari bahwa anda tidak dapat tersedia bagi mereka setiap saat mereka membutuhkan anda. Anda adalah seorang individu juga, dan anda memiliki kehidupan sendiri. Tips berikut dapat membantu dalam mengatasi masalah ini.

Tersenyum dan katakan tidak
Ketika anda bercermin, anda bisa mengatakan tidak bagi diri anda. Tetapi jika berhadapan dengan orang lain, mengapa tidak anda katakan kepada orang lain? Mulailah dengan teman-teman, keluarga, kerabat, bahkan mungkin pacar. Jangan mengatakan tidak dengan keras atau kasar. Katakanlah dengan senyum keyakinan!

Berusaha sendiri
Jangan berharap orang lain untuk menyelamatkan anda. Jangan berharap seseorang untuk ikut campur dan mengambil keuntungan dari anda.

Prioritas
Memprioritaskan hal-hal dalam hidup anda dan tetap berpegang pada prioritas. Jangan mengubahnya hanya karena orang lain berpikir anda salah.

Mencintai diri sendiri
Manjakan diri anda dengan hadiah sesekali. Jangan biarkan siapa pun mengganggu waktu pribadi anda. Dan jangan merasa berkewajiban untuk bersikap baik kepada orang-orang sepanjang waktu.

Pelajari perbedaan antara menjadi baik dan terlalu baik, serta memilih untuk berhenti menjadi terlalu baik, demi kebaikan anda sendiri.

 
  Incoming Keywords: cara agar tidak terlalu baik dengan orang

Comments are closed.