Diabetes Menyebabkan Rambut Rontok

Diabetes datang dengan membawa masalah, dan rambut rontok adalah salah satunya. Akan tetapi bagaimana diabetes dapat menyebabkan rambut rontok? Kita menyadari bagaimana diabetes dapat mempengaruhi kehidupan seseorang. Hal ini adalah daftar penyakit yang paling ditakuti.

Apakah anda tahu bahwa rambut rontok merupakan salah satu gejala diabetes? Kehilangan beberapa helai rambut setiap hari adalah normal. Tetapi ketika anda mulai kehilangan lebih dari itu, maka dapat disebut sebagai rambut rontok. Bagi kebanyakan orang, rambut rontok terjadi bahkan sebelum diagnosis diabetes. Dalam kebanyakan kasus, jika rambut rontok disertai dengan gejala lain, seperti sering buang air kecil, mulut kering, rasa haus lebih sering, tingkat energi yang rendah, dan masalah penglihatan tiba-tiba, maka penyebabnya kemungkinan besar adalah kadar gula darah yang tinggi. Diabetes juga merupakan efek samping dari gaya hidup tidak sehat. Pada bagian berikut, kita akan melihat beberapa alasan utama bagaimana diabetes dapat menyebabkan rambut rontok.

Diabetes penyebab rambut rontok

Orang yang didiagnosis dengan diabetes terkena resiko serangan jantung, penglihatan, pembuluh darah, dan komplikasi ginjal. Tetapi rambut rontok jarang sekali dibicarakan karena tidak mengancam jiwa.

Perubahan hormonal
Ketidakseimbangan hormon mempengaruhi tubuh dalam banyak cara, dan rambut rontok adalah salah satu gejala utama. Setelah terjadi diabetes, akan ada perubahan hormonal yang berlaku di dalam tubuh. Para ahli medis meyakini bahwa itu adalah perubahan hormonal yang juga mempengaruhi kesehatan rambut dan menyebabkan rambut rontok.

Sirkulasi darah kurang
Kita semua tahu bahwa gizi sangat penting untuk kesehatan rambut. Sirkulasi darah yang baik ke kulit kepala memastikan bahwa nutrisi ini mencapainya, memastikan kekuatan dan kesehatan rambut secara keseluruhan. Dalam kebanyakan kasus diabetes, sirkulasi darah tubuh akan terpengaruh. Hal ini menyebabkan sirkulasi darah yang buruk, salah satunya adalah kepala. Dengan nutrisi yang kurang, folikel rambut menjadi lemah dan akhirnya mati. Hal ini menyebabkan rambut rontok berlebihan. Suplai darah tidak mencukupi untuk kulit kepala dan juga dapat mencegah pertumbuhan rambut baru juga.

>>  Penyebab Uban Rambut

Obat diabetes
Pengobatan untuk diabetes melibatkan konsumsi obat yang mungkin menjadi penyebab kerontokan rambut. Beberapa obat dapat memicu rambut rontok pada penderita diabetes. Dalam kasus seperti itu, konsultasikan dengan dokter untuk mencari solusinya.

Sistem imun yang Lemah
Kebanyakan penderita diabetes memiliki resiko menderita masalah tertentu seperti tiroid. Dengan tiroid yang tidak berfungsi dengan baik, akan terdapat rambut rontok. Penyakit kulit lainnya dan ruam dapat menyebabkan kulit kepala tidak sehat. Hal ini dapat menyebabkan akar rambut menjadi lemah dan mengakibatkan rambut rontok.

Tips mengatasi rambut rontok

  1. Hal ini sangat penting untuk menangani diabetes dengan cara yang positif. Menjauhi stres adalah solusi yang paling efektif untuk mencegah rambut rontok.
  2. Jika anda secara teratur mengikuti pola makan yang baik dan berolahraga, hal ini akan bermanfaat bagi tubuh anda dengan sirkulasi darah yang baik dan nutrisi yang tepat.
  3. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk solusi eksternal. Banyak cara yang mungkin direkomendasikan untuk mengatasi perawatan rambut rontok, shampoo, dan alat-alat lain yang dirancang khusus untuk rambut rontok.

Dengan perawatan yang tepat dan usaha yang maksimal, anda akan dapat memerangi masalah rambut rontok, sementara terkena diabetes.

 
  Incoming Keywords: diabet penyebab rambut rontok, ginjal dan rambut rontok, rambut gugur tanda penyakit apa, rambut rontok ginjal

Comments are closed.