Penyebab Ketombe Pada Kulit Kepala

Jika anda berpikir bahwa tidak mencuci rambut secara teratur adalah satu-satunya penyebab ketombe, berpikirlah sekali lagi. Alasan munculnya ketombe dapat berkisar dari kekotoran penyakit kulit. Berikut adalah informasi rinci tentang penyebab ketombe.

Ketombe adalah salah satu kondisi yang paling memalukan yang dialami oleh pria dan wanita di dunia. Hal ini juga salah satu masalah pada rambut. Ketombe tidak hanya mengarah ke kulit kepala dan gatal, tetapi juga menghasilkan serpihan pada pakaian. Kondisi ini bersifat kronis, dan ketombe cenderung muncul kembali jika tidak ditangani dengan baik.

Penyebab ketombe

Ada beberapa mitos dan kesalahpahaman terkait dengan ketombe, seperti mencuci rambut terlalu sering, tidak mencuci rambut setiap hari, tidak menggunakan sampo, sering makan makanan pedas, dsb. Namun, seperti yang disebutkan di atas, kemungkinan ada beberapa penyebab yang sama.

Tidak mencuci rambut
Tidak mencuci rambut secara teratur menyebabkan akumulasi kotoran dan debu di rambut yang dapat memicu ketombe. Demikian pula, peningkatan produksi minyak juga merupakan salah satu penyebab ketombe.

Penyakit kulit
Ketombe juga dapat disebabkan karena penyakit kulit tertentu seperti eksim dan psoriasis. Dalam kondisi ini, jaringan kulit mati lebih cepat, sehingga menimbulkan kulit kering dan bersisik.

Kekurangan gizi
Pola makan seseorang juga berkontribusi dalam pembentukan ketombe, dan tidak memiliki jumlah makanan yang cukup sehat dapat menjadi penyebab ketombe. Mengkonsumsi makanan rendah vitamin (A, B, C) menyebabkan kekurangan gizi, yang juga salah satu alasan utama untuk ketombe. Minum air dalam jumlah yang kurang, mengkonsumsi makanan berminyak dan asin juga terkait dengan pembentukan ketombe.

Perawatan rambut
Menggunakan produk yang mengandung bahan kimia, menggunakan sampo dan produk rambut lainnya yang tidak sesuai dengan jenis rambut anda juga dapat menyebabkan ketombe.

>>  Mengobati Kulit Kepala Gatal Karena Ketombe

Cuaca
Ketombe juga dapat disebabkan karena pengaruh cuaca dingin dan kering. Pada saat yang sama, pengaruh kondisi iklim yang sangat panas dan sering terkena sinar matahari juga dapat menyebabkan kulit kepala gatal dan berketombe.

Ketidakseimbangan hormonal
Ketidakseimbangan hormon disebabkan karena alasan apapun, seperti pubertas, fungsi normal kelenjar, stres, dll, adalah alasan lain untuk ketombe. Stres itu sendiri juga dapat menyebabkan ketombe ringan sampai parah pada orang.

Selain yang disebutkan di atas, berikut adalah beberapa alasan tambahan yang dapat mengakibatkan ketombe pada pria dan wanita:

Malassezia, kulit berminyak, alergi, hipersensitivitas, kurang tidur dan istirahat, kutu rambut, penggunaan sisir, berkeringat, sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan infeksi jamur.

Hal ini penting untuk menghilangkan ketombe dan segera diobati untuk mencegah munculnya lagi. Sebelum mencari pengobatan, anda harus melihat apa yang menjadi penyebab ketombe dan mencoba untuk mengatasi penyebabnya. Sebagian besar penyebab yang disebutkan di atas dapat diobati secara efektif. Menggunakan sampo anti ketombe adalah cara terbaik untuk mengobati kondisi ini. Selain itu, ada beberapa pengobatan rumah untuk ketombe yang dapat digunakan. Menggunakan minyak pohon teh dianggap sebagai salah satu metode terbaik untuk menghilangkan ketombe. Demikian pula, memijat dengan minyak dan setelah perawatan rambut yang tepat juga efektif.

Terakhir, anda harus ingat untuk selalu mengikuti metode yang tepat akan kebersihan dan kesehatan, memiliki pola makan yang baik dan menghindari percobaan dengan produk perawatan rambut, dapat membantu dalam mencegah ketombe.

, ,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Penyebab Kulit Kepala Kering dan Tips Mengatasi

    […] kulit kepala yang berbeda. Banyak orang salah menganggap bahwa keduanya adalah masalah yang sama. Ketombe terjadi karena infeksi jamur sementara kulit kepala kering dapat terjadi karena berbagai banyak […]