Cara Mengatasi Insomnia

Apakah anda sedang mencari cara mengatasi insomnia? Apakah anda mempunyai gangguan susah tidur? Artikel berikut akan memberikan beberapa solusi alami untuk mengatasi insomnia dengan efektif, yang akan membantu anda untuk mengatasi gangguan tidur dan mendapatkan tidur nyenyak.

cara mengatasi insomnia

tidur

Jika anda menderita insomnia, ini berarti anda tidak sendirian. Jutaan orang di dunia pernah menderita insomnia. Gangguan tidur ini ditandai dengan kurangnya tidur atau tidak dapat tidur pada malam hari, sehingga menghasilkan gejala seperti mudah marah, kelelahan dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi atau melakukan tugas. Insomnia bisa disebabkan karena beberapa alasan, mulai dari stres, kondisi kesehatan tertentu, dan pengaruh obat serta kurangnya nutrisi seperti magnesium dan kalsium. Untuk mengatasi insomnia, banyak orang mengandalkan berbagai macam cara alami untuk mengatasi insomnia daripada meminum obat tidur, yang umumnya diresepkan oleh dokter. Diberikan di bawah ini adalah beberapa cara mengatasi insomnia dengan beberapa solusi alami yang berguna.

Cara mengatasi insomnia

Membuat lingkungan menjadi nyaman
Untuk mulai mengatasi insomnia, buatlah ruang di mana anda tidur serta tempat tidur terasa nyaman dan sesantai mungkin. Tidur di kasur yang nyaman dan meredupkan lampu, pastikan anda tidak membawa pekerjaan atau laptop bahkan menonton TV di kamar tidur, karena semua ini dapat mengganggu tidur anda.

Jauhi stres
Jika anda berada di bawah stres, baik fisik maupun mental, akan dapat menjadi sulit bagi anda untuk mendapatkan tidur malam yang baik. Cara terbaik untuk mengatasi stres dan kecemasan adalah dengan bermeditasi atau melakukan yoga setiap hari. Hal ini sering terlihat bahwa ketika seseorang terus-menerus berpikir dan merencanakan tentang hal-hal yang harus dilakukan pada hari berikutnya, ia tidak dapat tidur di malam hari. Untuk menghindari hal ini, bermeditasi selama beberapa menit sebelum tidur akan sangat membantu.

>>  Penyebab dan Gejala Insomnia

Pola tidur
Sebagian besar dari kita memiliki rutinitas hidup yang serampangan, dengan beberapa orang yang bekerja berjam-jam di siang hari sementara yang lain bekerja di malam hari. Ini mengganggu pola tidur juga. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika kita tidur pada waktu yang sama setiap hari dan bangun saat yang sama keesokan harinya, tubuh kita secara otomatis beradaptasi dengan rutinitas ini. Katakanlah, jika anda membuat kebiasaan tidur pada jam 11 setiap hari, anda akan melihat bahwa setelah beberapa hari, setiap kali itu 11, anda cenderung merasa mengantuk. Jadi anak-anak maupun orang dewasa harus mengikuti pola tidur yang tepat.

Perhatikan pola makan
Obat alami yang efektif untuk insomnia adalah mengambil makan malam yang ringan dan hanya makan makanan tersebut sebelum tidur, dan yang mudah dicerna. Senyawa karbohidrat seperti yang ditemukan dalam sereal, roti, buah-buahan, dan sayuran adalah pilihan ideal untuk makanan sebelum tidur. Segelas susu sebelum tidur benar-benar bekerja! Jika anda memasukkan ini dalam rutinitas sehari-hari maka anda akan dapat mengatasi insomnia.

Menghindari kafein
Beberapa orang memiliki kebiasaan minum kopi setelah makan malam. Minuman kafein, seperti kopi dan teh, dapat menjaga seseorang terjaga untuk waktu yang lama karena merangsang otak. Jadi, hindarilah segala bentuk minuman berkafein, setidaknya empat jam sebelum tidur.

Dengarkan musik atau membaca buku
Penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik akan menenangkan pikiran. Bersantailah dan membuat kebiasaan mendengarkan musik lembut, tepat sebelum pergi tidur. Ini adalah salah satu tips yang efektif untuk mengatasi insomnia. Atau secara bergantian, anda dapat membaca buku selama beberapa menit setiap malam, sampai anda mengantuk dan tertidur.

Setelah anda melakukannya secara teratur, maka hal ini akan dapat membantu anda mengatasi gangguan tidur ini. Namun, jika anda amati bahwa terdapat kondisi yang semakin parah, segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan menyeluruh dan diagnosis lebih lanjut.

 
  Incoming Keywords: solusi insomnia, cara penanganan insomnia, langkah yang di lakukan terhadap penderita insomnia, solusi insomaniaa, solusi insomia, solusi untuk insomnia

, ,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Mengatasi Insomnia Dengan Mudah | artikel ...

    […] Beberapa cara mengatasi insomnia dengan beberapa solusi yang mudah sekali untuk dijalankan sebagai rutinitas setiap hari agar dapat tidur.  […]

  2. Manfaat Teh Peppermint untuk Kesehatan

    […] kram karena menstruasi. Banyak orang berpendapat bahwa minum teh peppermint dapat digunakan sebagai cara mengatasi insomnia, mengatasi stres, dan melawan sakit kepala. Minum secangkir teh sehabis makan secara bertahap dapat […]

  3. TIPS TIDUR: Cara Cepat untuk Dapat Tertidur

    […] Cara mengatasi insomnia […]