Langkah Cepat Menghilangkan Komedo di Hidung

cara menghilangkan komedo hidung

Whitehead yang muncul di hidung adalah bentuk jerawat yang terjadi baik pada pria maupun wanita. Kondisi memanas untuk jangka waktu tertentu mungkin dapat menyakitkan, tetapi menghilang dengan sendirinya. Artikel ini menyajikan cara-cara alami untuk mengurangi atau menghilangkan komedo di hidung dengan alami.

Whitehead adakalanya juga dikenal sebagai komedo tertutup yang terjadi karena produksi sebum atau minyak kulit berlebihan dan terakumulasi di dalam pori-pori kulit. Ini sebagian besar terlihat di daerah hidung, dahi, dagu dan juga di bawah mata. Bagian dari wajah yang rawan whitehead pada umumnya disebut dengan ‘T-zone‘. Whitehead muncul sebagai bintik-bintik putih atau benjolan kecil yang berisi dengan bahan berminyak. Oksidasi sebum tidak berlangsung pada komedo tertutup, maka itu warnanya tetap putih. Berbeda dengan komedo terbuka atau blackhead, di mana oksidasi terjadi.

Cara menghilangkan komedo whitehead hidung

✔ Cleansing
Siapkan lotion pembersih dari 50 ml susu cair dan sedikit garam, ditambah dengan 2 sendok teh air jeruk nipis. Oleskan di atas area hidung, kemudian biarkan selama beberapa menit dan kemudian lap dengan kapas basah. Hal ini membantu untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan kotoran.

✔ Klabet
Anda juga dapat membuat pasta dari daun klabet dan menerapkan pasta di atas hidung. Biarkan selama 15-20 menit sampai kering sepenuhnya. Kemudian bilas dengan air hangat. Menggunakan pasta ini juga membantu mencegah komedo tertutup muncul pada hidung anda.

✔ Air mawar
Air mawar dan cendana juga bermanfaat dalam mengobati whitehead di hidung. Oleskan pasta ini pada daerah yang terkena dan biarkan selama setengah jam. Cuci hidung dengan air hangat dan keringkan.

✔ Buah delima
Buatlah pasta dari bubuk delima dan tambahkan satu atau dua sendok teh air jeruk nipis. Terapkan pada area yang terinfeksi. Tunggu sampai kering dan bilas dengan air dingin.

>>  Penyebab Whitehead di Dagu

✔ Garam
Air garam sangat efektif dalam membuka pori-pori kulit dan mengatasi komedo tertutup. Ambil garam dengan air hangat dan oleskan pada hidung sampai kering, setelah itu bilas dengan air hangat.

✔ Pasta gigi
Oleskan sedikit pasta gigi pada daerah yang terserang komedo putih dan biarkan sepanjang malam. Ini membantu dalam mengisap semua nanah dan cairan dari whitehead. Baking soda juga dapat digunakan sebagai alternatif pengganti pasta gigi.

✔ Minyak pohon teh
Minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri akan bermanfaat dalam mengobati komedo di hidung. Minyak ini juga mudah diserap oleh kulit. Sebagai minyak esensial ini sangat kuat, tetapi mungkin juga memiliki efek samping jika kulit anda halus.

Berbagai alat penghilang blackhead dan whitehead yang tersedia di pasaran juga dapat digunakan. Pastikan anda mengikuti langkah-langkah yang tepat sesuai petunjuk saat menggunakan alat penghilang komedo. Jika salah dalam menangani komedo di hidung maka ada kemungkinan meninggalkan bekas luka. Anda dapat menggunakan produk kulit yang mengandung witch hazel sebagai salah satu bahan. Jangan lupa untuk menghapus riasan anda sebelum tidur. Penerapan toner diikuti dengan pelembab yang baik diperlukan sebagai rezim perawatan kulit sehari-hari. Apapun produk kulit produk yang anda gunakan, pastikan itu cocok untuk jenis kulit anda. Hindari produk yang mengandung bahan kimia berbahaya. Selain menggunakan obat penghilang komedo tersebut, yang paling penting dari semuanya adalah minum air putih setidaknya delapan sampai sepuluh gelas sehari sebagai langkah mencegah komedo tumbuh di hidung lagi.

, ,

Comments are closed.