Manfaat Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan sangatlah banyak. Aloe Vera atau lidah buaya adalah adalah tanaman sukulen dari Afrika utara. Lidah buaya merupakan bagian penting dari obat-obatan herbal untuk kulit dan berbagai penyakit internal.

Lidah buaya juga dikenal dengan nama Indian Aloe, Barbados Aloe, Wand of Heaven, Burn Aloe, Aloe Cina, Aloe perfoliata. Tanaman ini terkait dengan spesies gaharu dari Afrika utara. Lidah buaya tumbuh subur di iklim tropis Asia dan Afrika. Getah tanaman ini digunakan dalam sejumlah kosmetik dan obat-obatan termasuk untuk pengobatan diabetes.

Lidah buaya bertangkai pendek dan tumbuh hingga ketinggian tidak lebih dari 1 meter. Tangkai hijaunya kadang-kadang memiliki bintik-bintik putih. Tanaman ini mempunyai bunga kuning di musim kemarau. Penelitian mengungkapkan bahwa tanaman membentuk mikoriza arbuskular, sebuah simbiosis khusus yang memungkinkan tanaman untuk menyimpan nutrisi mineral yang diserap dari tanah. Budidaya tanaman lidah buaya telah lama berlangsung untuk tujuan hias.

Manfaat lidah buaya

Jus lidah buaya yang digunakan di seluruh dunia dapat untuk mengobati masalah pencernaan, mulas, dan sembelit. Lidah buaya juga digunakan dalam berbagai minuman, aplikasi kosmetik seperti lotion, makeup, pelembab, dan tabir surya. Getah yang terkandung dalam lidah buaya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari obat-obatan herbal.

Lidah buaya diyakini sangat efektif dalam mengobati luka bakar dan lecet. Hal ini digunakan secara luas dalam pengobatan luka dan mempercepat proses penyembuhan. Penelitian mengungkapkan bahwa getah tanaman lidah buaya juga sangat efektif dalam memperbaiki kadar glukosa darah, dalam kasus penderita diabetes.

Jus lidah buaya  terbukti memiliki sejumlah sifat antibakteri dan antijamur. Hal ini digunakan dalam obat-obatan untuk mengatasi kurap atau jamur. Lidah buaya juga merupakan anti inflamasi dan antioksidan. Krim lidah buaya yang banyak tersedia juga membantu untuk menyembuhkan luka, sengatan, terbakar sinar matahari, eksim, dan jerawat. Getah dari tanaman ini juga dikonsumsi untuk mengobati penyakit asam lambung, kandidiasis, arthritis, rematik, asma, demam dan bahkan sebagai pelindung dari radikal bebas.

, ,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Manfaat Lidah Buaya untuk Menurunkan Berat Badan

    […] mendapatkan manfaat lidah buaya, anda harus mengkonsumsi setidaknya 2-4 ons jus lidah buaya setiap hari. Jika dikonsumsi setiap […]