Meningkatkan Fungsi Kerja Otak dengan Melatihnya

Bagaimanakah cara meningkatkan fungsi kerja otak? Artikel ini membahas trik bagaimana meningkatkan fungsi otak melalui teknik melatih otak.

Melatih otak adalah hal yang penting karena otak merupakan pusat yang mengontrol semua fungsi dari semua organ-organ lain dalam tubuh. Ada banyak cara melatih otak yang berbeda, yang dapat membantu menjaga kondisi otak tetap fit dan meningkatkan fungsi otak.

Perkembangan otak tidak sepenuhnya dikendalikan oleh faktor genetik. Melatih otak juga memainkan peran penting di dalamnya. Penelitian terbaru telah membuktikan bahwa perkembangan otak berlangsung terus-menerus, bahkan setelah bertahun-tahun pertumbuhan tubuh telah berlalu. Fenomena perkembangan otak disebut dengan plastisitas otak. Dengan demikian, dapat dapat disimpulkan bahwa melatih otak memainkan peran penting dalam menjaga fungsi otak dengan cara yang tepat saat dewasa dan di usia yang lebih tua juga.

Meningkatkan fungsi kerja otak

Beberapa tips yang efektif tentang cara meningkatkan fungsi kerja otak telah terdaftar di bawah ini;

  • Cara terbaik untuk menjaga otak anda bekerja dengan cepat dan efisien adalah dengan tetap membuatnya bekerja. Dan itu bisa dilakukan dengan rasa ingin tahu yang tinggi.  Dengan kata lain, menjadi penasaran dan mencari jawaban di balik rasa ingin tahu anda adalah kunci untuk menjaga otak anda tetap berjalan sepanjang waktu dengan baik.
  • Cara lain untuk meningkatkan kesehatan otak anda adalah dengan memanjakan diri anda dalam permainan yang bisa memaksa anda untuk fokus dan berpikir cepat. Cobalah untuk bermain permainan seperti sudoku, teka-teki silang, permainan memori, catur, atau apapun yang dapat membuat anda berpikir.
  • Nutrisi adalah aspek lain yang tidak bisa diabaikan untuk menjaga kesehatan otak. Beberapa contoh makanan sehat untuk otak antara lain meliputi minyak ikan berminyak, blueberry, tomat, sereal, biji labu, brokoli, kacang-kacangan.
  • Terlibat dalam teknik meditasi setidaknya sekali sehari, tidak hanya menambah kesehatan fisik, tetapi juga meningkatkan fungsi kerja otak sehingga membuatnya tajam dan aktif. Selain itu, meditasi membantu dalam mengurangi penderitaan emosional, sehingga memberikan otak lebih banyak waktu untuk berkonsentrasi pada unsur-unsur kehidupan yang lebih terang.
  • Berolahraga tiap hari memberikan kontribusi untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Olahraga meningkatkan sirkulasi darah dan mengatur oksigen serta glukosa dalam tubuh termasuk otak. Terlibat dalam permainan olahraga juga memberi otak lebih banyak ruang lingkup untuk belajar lebih terampil.
  • Membaca buku menawarkan lebih banyak manfaat bagi otak  bila dibandingkan dengan menonton televisi. Membaca buku menjaga pikiran kita terlibat dalam menerima dan mengirimkan proses informasi. Beda dengan menonton televisi, dimana kita hanya menerima saja.
  • Cobalah menulis dengan kedua tangan pada saat yang sama, mengenakan jam tangan di sisi yang lain, atau mengambil rute yang berbeda ketika ke kantor atau sekolah. Perubahan sederhana dalam gaya hidup memberi otak dengan tantangan baru, dan membantu dalam membuatnya meningkatkan fungsi kerja otak.
  • Apapun yang anda lakukan, pastikan anda mendapatkan kualitas tidur yang baik. Tidur malam yang nyenyak membantu otak untuk mengintegrasikan keterampilan yang telah dipelajari oleh orang di masa lalu.
>>  Melatih Otak Kanan dengan Cara Efektif

Sama seperti tubuh, pikiran anda juga perlu terus diberi makan dengan informasi yang baru, agar tetap tajam.

 
  Incoming Keywords: cara meningkatkan kinerja otak, cara meningkatkan kinerja otak manusia, cara meningkatkan kinerja otam, cara meninkatkan kinerja otak dengan mudah, fungsi kerja otak, memperbaiki cara kerja otak, meningkatkan kinerja otak, perbaiki otak dengan membaca

, , ,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Menghafal Cepat Dengan Cara Mudah

    […] otak Apakah anda seorang mahasiswa atau karyawan? Sangat penting bagi anda untuk melatih otak. Cobalah secara teratur untuk melatih memori dengan bermain jigsaw, puzzle, teka-teki silang, […]