Planet Merkurius

Planet merkurius adalah planet terdekat dengan matahari yang terdiri dari dataran dan kawah seperti pada bulan. Karena pluto tidak lagi dianggap sebagai planet, maka merkurius telah menjadi planet terkecil dalam sistem tata surya kita.planet merkurius

Rasa ingin tahu pada manusia telah membimbingnya untuk melakukan penelitian mengenai tata surya. Manusia juga telah menciptakan teknologi canggih untuk mengirimkan satelit ke langit guna mengumpulkan informasi tentang berbagai peristiwa dan perubahan yang terjadi dalam ruang angkasa. Satelit bagaikan mata-mata yang mengawasi planet dan ruang angkasa sekitarnya, dan juga mengambil gambar serta mengirimkannya ke bumi.

Sebagai planet yang terdekat dengan matahari, suhu di siang hari dapat mencapai hingga 427° C. Tidak adanya atmosfer membuat suhu di malam hari mencapai -137° C. Jarak antara merkurius dan bumi adalah sekitar 77 juta km pada saat terdekatnya dan 222 juta km bila pada posisi terjauh dari planet bumi. Menjadi salah satu dari lima planet yang dapat dilihat dengan mata telanjang, planet merkurius sudah lama dikenal oleh manusia sejak zaman kuno.

Planet merkurius

Planet merkurius memiliki diameter 3,031.67 km, yang kira-kira 38% dari bumi. Demikian pula dengan total luas permukaannya 0,147 kali dan memiliki massa 0,055 dari planet kita. Total volume hanya 5,4% dari bumi. Fakta di bawah akan menambah pengetahuan anda tentang planet merkurius;

  • Merkurius merupakan salah satu dari empat planet terestrial dalam tata surya. 3 planet lainnya adalah planet venus, bumi, dan planet mars.
  • Untuk rotasi, dibutuhkan waktu 58 hari untuk menyelesaikan satu putaran, sungguh waktu yang sangat lama.
  • Gaya gravitasinya sangat kurang dibandingkan dengan planet bumi. Jika di bumi berat anda mencapai 31,7 kg, maka di sana berat anda hanya sekitar 12,24 kg.
  • Nama merkurius berasal dari dewa Romawi yang bernama Merkurius, yang mampu untuk bergerak lebih cepat dari planet lain.
  • Jika anda ingin melihat planet merkurius, waktu yang tepat untuk dapat menyaksikannya adalah pada waktu senja, akan nampak sperti bintang yang bersinar terang di langit.
  • Karena begitu dekat dengan matahari, planet merkurius hanya membutuhkan waktu 88 hari untuk mengorbit(berevolusi) pada matahari.
  • Permukaan planet ini hampir mirip dengan bulan yang dipenuhi kawah, yang diyakini karena disebabkan oleh hantaman meteor dan asteroid.
  • Meskipun tidak memiliki atmosfer, para ilmuwan percaya bahwa planet ini tetap mengandung unsur hidrogen, helium, natrium, dan oksigen.

Dengan kemajuan dalam bidang astronomi, hal ini akan dapat lebih banyak untuk mengungkapkan misteri tentang planet merkurius di masa depan.

, ,

Comments are closed.