Benjolan Pada Kulit Kepala Terasa Gatal

Benjolan pada kulit kepala terkadang dapat juga disertai dengan rasa gatal. Artikel kesehatan ini akan memberikan informasi mengenai beberapa penyebab dari masalah kulit kepala yang benjol dan sangat mengganggu kenyamanan.

Kulit kepala adalah lapisan pelindung kulit yang meliputi kepala. Lapisan ini terdiri dari folikel kecil disertai dengan pembuluh darah dan dikemas satu sama lain, di mana rambut tumbuh. Terlepas dari folikel rambut, kulit kepala juga memiliki kelenjar sebaceous, yang mengeluarkan sebum untuk menjaga kulit kepala agar terhidrasi. Karena rambut dan kulit kepala bisa terkena berbagai faktor eksternal seperti debu, polusi, bahan kimia, dsb, hal ini rentan terhadap sejumlah masalah. Kondisi semacam ini dapat dilihat pada anak-anak maupun orang dewasa. Benjolan ini bisa sangat mengganggu dan menjengkelkan.

Penyebab benjolan pada kulit kepala

Ada beberapa kondisi yang dapat menimbulkan benjolan pada kulit kepala yang dapat membuat gatal. Hal ini penting untuk mengetahui akar penyebab masalah ini untuk lebih mudah mengatasinya. Beberapa penyebabnya tercantum di bawah ini:

Hives
Hives disebabkan oleh reaksi alergi dan muncul bagaikan benjolan besar, meski sebenarnya merupakan beberapa benjolan kecil yang berdempetan. Jika anda ingin mengobati gatal-gatal, dokter akan meresepkan obat antihistamin.

Jerawat
Ketika folikel rambut mengalami akumulasi puing-puing sel mati, kotoran, dan minyak, hal itu menimbulkan gatal dan benjolan. Penyumbatan tersebut merupakan tempat yang ideal untuk pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat pada kulit kepala.

Infeksi
Ada berbagai infeksi seperti bakteri staphylococcus, psoriasis, kurap, dan cacar air yang dapat menyebabkan gatal-gatal dan benjolan pada kulit kepala dan juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh anda.

Kista
Ada dua jenis kista, kista epidermal dan sebaceous, yang menyebabkan bisul kecil di kulit kepala. Kista dapat digambarkan sebagai kantung kecil di bawah dan di atas lapisan kulit. Hal ini biasanya berisi dengan minyak. Kondisi ini umumnya diobati dengan cara pembedahan untuk menghilangkan kista beserta isinya.

Dermatitis
Dermatitis adalah kelainan kulit dengan gejala yang nampak seperti peradangan, gatal, dan bernanah. Hal ini juga dapat mempengaruhi kulit kepala dan memicu benjolan. Meskipun bukan penyakit menular, benjolan dapat terinfeksi jika pecah dan terjadi kontak dengan patogen, polutan, dan bahan kimia.

Parasit
Parasit tungau dan kutu dapat menjadi salah satu faktor penyebab jerawat pada kulit kepala.

Folliculitis
Ini adalah infeksi folikel yang disebabkan oleh sejenis bakteri. Gejala folikulitis adalah pembentukan bisul merah, nyeri, dan gatal pada kulit kepala.

Kanker kulit
Pertumbuhan sel-sel kanker pada kulit kepala dapat menyebabkan pembentukan benjolan yang gatal dan menyakitkan di kulit kepala. Kanker kebanyakan mempengaruhi bagian kulit kepala di mana pertumbuhan rambut sedikit.

>>  Sakit Akibat Benjolan di Ketiak

Pengobatan untuk benjolan gatal di kulit kepala

Karena ada kemungkinan kulit kepala yang gatal dengan benjolan dapat memperburuk dan menyebabkan infeksi lain, perlu mencari intervensi medis untuk diagnosa dan pengobatan.

  1. Mengikuti diet sehat, kaya vitamin, mineral dan protein yang akan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang kuat sangat penting dalam mengobati dan mencegah benjolan pada kulit kepala
  2. Minum banyak air akan membantu proses detoksifikasi tubuh, dan karenanya membantu dalam pengobatan.
  3. Menggunakan shampo yang diformulasikan khusus untuk mengobati gatal benjolan pada kulit kepala. Shampo yang mengandung zat seperti ketoconazole, ciclopirox, tar, zinc pyrithione, selenium sulfida, dan asam salisilat akan membantu dalam mengurangi rasa gatal.
  4. Selalu menjaga kelembaban kulit kepala. Tepat setelah keramas, pijat kulit kepala anda dengan sedikit kondisioner antibakteri. Biarkan pada rambut selama sekitar 15 menit sebelum membilasnya. Anda juga dapat menggunakan cuka sari apel untuk membilas rambut anda.

Terlepas dari perawatan ini, anda juga dapat menggunakan salah satu dari minyak alami untuk mengobati benjolan gatal ini.

  1. Minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi.
  2. Minyak jojoba bertindak dalam cara yang sama. Hal ini membantu dalam penyembuhan secara cepat dari jerawat dan membuat kulit kepala terhidrasi.
  3. Minyak lavender mengurangi peradangan dan gatal-gatal pada kulit kepala.
  4. Minyak rosemary memiliki sifat antibakteri dan menenangkan kulit serta juga membantu dalam mengobati infeksi dengan cepat.
  5. Minyak nimba juga memiliki sifat antibakteri dan efektif dalam menyembuhkan gatal dan benjolan di kulit kepala.

Anda dapat mencoba pengobatan alami untuk kulit kepala gatal dan mencegah benjolan pada kulit kepala agar tidak terulang. Tetapi jika anda menderita berulang kali, akan selalu lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter kulit, untuk diagnosa tepat dan pengobatan masalah kulit kepala.

 
  Incoming Keywords: benjolan di kepala tidak merah tapi sakit, penyebab benjolan gatal di jidat, penyebab benjolan di kulit kepala, mengobati Alergi pada kulit kepala yg berbintik merah, koreng di kepala, jerawat bisul di kulit kepala, gatal2 d atas daging d bawah kulit, bintik bernanah dikepala orang dewasa, benjolan seperti jerawat di kulit kepala, benjolan dikepala trus kering kaya koreng

, , , ,

Comments are closed.