Sejarah Tato

sejarah tatoT ato adalah salah satu simbol tertua yang digunakan oleh berbagai suku-suku kuno, dan mempunyai arti penting. Artikel berikut akan berisi mengenai sejarah tato yang digunakan oleh banyak orang di dunia.

Manusia selalu berusaha untuk meningkatkan penampilan mereka. Oleh karena itu, perhiasan, pakaian, dan aksesoris lainnya telah ada sejak dahulu kala. Salah satu cara kuno untuk menghias diri yang dikenal umat manusia dan telah lama adalah tato. Pada awalnya, tato telah digunakan untuk semua jenis tujuan. Selama bertahun-tahun, tato digunakan sebagai simbol pangkat, simbol spiritualitas, pengabdian, agama, dan penghargaan untuk keberanian, atau juga jimat. Tato juga digunakan sebagai simbol hukuman, orang terbuang, dan perbudakan. Tato telah menjadi salah satu seni tubuh yang paling sering digunakan.

Kata tato berasal dari kata Polinesia, ‘tatao’, yang secara harfiah berarti tekan atau menandai seseorang. Kata ini diciptakan oleh Kapten James Cook pada tahun 1769. Cara asli untuk menciptakan tato saat itu jauh lebih ekstrim daripada zaman sekarang. Sebuah sisir yang runcing akan dicelupkan ke dalam jelaga yang kemudian digunakan pada tubuh.

Sejarah Tato

Tidak ada bukti yang jelas tentang keberadaan tato dalam sejarah hingga ditemukannya tubuh manusia yang telah membeku, yang telah berusia 5000 tahun, pada tahun 1991. Para ahli meyakini bahwa mumi ini muncul sekitar 3300 tahun SM. Di samping itu, arkeologi modern telah menemukan bukti adanya sejarah tato yang juga digunakan di Mesir, Romawi, Yunani, dan wilayah Jepang.

Mesir
Sejarah tato dalam budaya Mesir telah lazim di dalam bentuk seni mereka. Pada tahun 1891, mumi seorang imam dari dewi Hathor bernama Amunet ditemukan. Mumi ini memiliki beberapa pola geometris tato di sekujur tubuhnya. Seni tato Mesir melambangkan praktek ritual dan dari situlah seni tato tersebar sampai ke Yunani, Persia, Arab, dan Asia Tenggara.

Cina
Seni tato kuno di Cina telah ditampilkan dalam sastra Cina, sejak dinasti Zhou dari 1045 SM sampai 256 SM. Di dataran Tiongkok kuno, tato dikaitkan dengan kelompok atau penjahat, bandit, dan gangster.

>>  Fasisme VS Nazisme

Timur tengah
Orang-orang di timur tengah menggunakan tato dalam keadaan berkabung untuk orang mati. Hal ini adalah untuk menghormati orang mati dan merasa kehilangan.

Jepang
Arkeolog telah menemukan seni tato Jepang di banyak patung-patung tanah liat dari makam kuno yang telah berusia sekitar 5000 tahun. Patung-patung tanah liat memiliki wajah manusia dengan tanda tato. Tato ini dianggap religius dan diketahui memiliki kekuatan magis. Dalam sejarah dinasti di Cina menyatakan bahwa Jepang merupakan master dari seni tato.

Persia
Penemuan ukiran batu dan berhala dari Kekaisaran Achaemenid yang telah ada sejak 550-330 SM adalah bukti arkeologi adanya tato.

Polinesia
Menurut kepercayaan orang Polinesia, kekuatan spiritual dan keyakinan yang kuat diwakili oleh tato. Dalam budaya Samoa, tato melambangkan jajaran, kelahiran, reputasi keluarga, dsb.

India dan Thailand
Banyak berhala di India kuno memiliki desain tato. Di Thailand, tato pada biarawan cenderung memiliki kekuatan magis tertentu untuk mendapatkan energi dan meningkatkan keterampilan mereka.

Indonesia
Berbicara tentang Indonesia, tato tribal adalah desain tato dari borneo yang terkenal saat ini. Kalimantan merupakan salah satu dari beberapa tempat yang telah berhasil menjaga warisan budaya, yang telah ada ribuan tahun yang lalu, dan sekarang masih terjaga.

Inggris
Seni tato yang berlaku di Inggris hanya setelah Captain Cook kembali dari perjalanan panjang dari Polinesia dengan tato.

Yunani
Di Yunani biasanya tato digunakan untuk menunjukkan lambang perbudakan. Bangsa Maya dan Aztec Incans juga diketahui menggunakan tato. Tato ini kadang-kadang juga digunakan sebagai tanda atau simbol milik kelompok suku.

Meskipun ada campuran sudut pandang positif dan negatif dalam hal budaya dan agama, faktanya adalah bahwa bentuk seni tato makin mendapatkan lebih banyak popularitas hari demi hari. Tato zaman sekarang kebanyakan adalah representasi simbolis dari individualitas seseorang.

 
  Incoming Keywords: sejarah panjang tato

Comments are closed.