Mengatasi Pusing Sehabis Makan

Jika kepala anda merasa pusing sehabis makan sepanjang waktu, maka sudah saatnya anda memeriksakan diri ke dokter. Artikel ini akan memberikan informasi untuk mencegah kondisi ini dan juga tentang apa yang dapat menyebabkan sering mengalami pusing setelah makan.

Pusing merupakan gejala dari beberapa kondisi yang mendasarinya dalam tubuh. Cara terbaik untuk mengobati kepala pusing setelah makan adalah mengetahui penyebab yang mendasari.

Penyebab kepala pusing sehabis makan

Radang perut
Kondisi di mana lapisan perut mengalami peradangan disebut gastritis. Pusing dan rasa lelah setelah makan adalah gejala umum dari kondisi ini. Ketidakteraturan jadwal makan, makan makanan yang tidak dimasak dengan benar, makan terlalu banyak dan berlebihan asupan makanan berminyak dapat menyebabkan gastritis.

Gangguan labirin
Labirin adalah bagian dari sistem pendengaran yang memberikan rasa keseimbangan. Setiap masalah yang terjadi dalam labirin dapat mengganggu keseimbangan fungsinya, yang dapat menyebabkan rasa pusing setelah makan.

Aterosklerosis
Orang tua dapat mengembangkan pengerasan arteri atau sendi pada leher. Gangguan tersebut menyebabkan tekanan pada saraf dan pembuluh darah. Hal ini membuat seseorang merasakan pusing dan mual sehabis makan.

Stres
Stres, cemas, kesedihan, dan ketegangan berkepanjangan atau depresi dapat menyebabkan pusing sehabis makan. Kondisi ini akan lebih buruk lagi jika anda mengalami gangguan makan seperti anoreksia.

Obat
Obat-obatan tertentu seperti antihistamin, diuretik, relaksan dan obat-obatan untuk mengontrol tekanan darah dapat membuat kepala pusing setelah makan.

Penyakit jantung
Gangguan fungsi jantung tidak dapat mengirimkan jumlah darah yang cukup ke perut dan usus. Makanan yang besar atau berminyak susah untuk dapat diolah, sehingga menyebabkan rasa mual dan pusing.

Gangguan tiroid
Gangguan tiroid dapat menyebabkan kepala pusing sehabis makan. Gangguan yang sering terjadi diantaranya adalah tiroiditis dan hipotiroidisme. Gangguan tersebut dapat menyebabkan anda merasa lelah sehabis makan.

>>  Sakit Kepala Setelah Makan

Masalah ginjal
Penyakit ginjal dapat menyebabkan pusing setelah makan. Gangguan ginjal makin memburuk jika anda makan makanan asin.

Tips mengatasi dan mencegah pusing setelah makan

Seiring dengan pengobatan medis, anda dapat mengikuti beberapa langkah-langkah perawatan sederhana untuk mengatasi masalah ini.

  1. Makanlah hanya buah dan sayuran selama beberapa hari. Anda dapat melanjutkan diet seimbang setelah gastritis mereda.
  2. Minumlah air secara berkala. Buatlah diri anda menjadi tetap terhidrasi untuk mencegah pusing setelah makan.
  3. Hindari minuman berkarbonasi dan soda. Jika anda ingin mengkonsumsi minuman selain air putih, cobalah minuman sehat seperti jus jeruk nipis atau air kelapa muda.
  4. Jangan pernah melewatkan jadwal makan. Cobalah untuk makan malam dua jam sebelum tidur.
  5. Jangan memaksakan diri dalam aktivitas berat atau banyak gerakan setelah makan. Cobalah rileks untuk beberapa saat setelah makan.
  6. Minum minuman seperti jahe hangat dapat membantu mengatasi kepala pusing setelah makan.

Pusing sehabis makan merupakan pertanda tidak baik jika anda terlalu sering mengalaminya. Sebagaimana dibahas di atas ini, mungkin ada banyak penyebab di balik itu. Mendapatkan diagnosis medis yang tepat dapat membantu mengatasi masalah ini dan menghindari komplikasi yang parah.

 
  Incoming Keywords: pusing setelah makan, Habis makan pusing, kenapa habis makan pusing, habis makan kepala langsung pusing, penyebab pusing setelah makan udang, kalau habis makan badan lemas pusing mual, habis makan udang pusing, pusing setelah makan asin, habis makan kepala pening, pusing habis makan urang

, ,

Comments are closed.