Kandungan Nutrisi Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan

B elimbing adalah buah asli dari Indonesia, India, dan Sri Lanka. Buah belimbing mempunyai beberapa manfaat kesehatan, di sisi juga diketahui mempunyai efek samping tertentu. Artikel ini memberikan informasi tentang manfaat belimbing bagi kesehatan beserta faktanya.

Belimbing ini juga disebut dengan carambola, yang merupakan buah averrhoa carambola, tanaman asli dari beberapa tempat di dunia sepertimanfaat belimbing India, Sri Lanka, dan Indonesia. Buah ini biasanya juga tumbuh di daerah-daerah seperti Karibia, Amerika Tengah, Hawaii, dan bagian lain dari Amerika Selatan serta Asia. Belimbing, dalam hal ini adalah belimbing yang berbentuk segi 5 atau bintang, merupakan buah yang berwarna hijau kuning dan memiliki rasa manis dan segar. Belimbing ini dapat dimakan langsung dan dapat dijadikan campuran atau dibuat sebagai salad.

Kandungan nutrisi belimbing

kandungan nutrisi belimbingAlasan mengapa orang suka menikmati buah yang berair adalah karena mereka ingin memanfaatkan sebagian besar nutrisi dari buah tersebut. Tabel di samping ini merupakan daftar kandungan nutrisi buah belimbing dalam satu cangkir belimbing.

Manfaat belimbing bagi kesehatan

Seperti yang kita lihat dalam tabel sebelumnya, buah ini kaya akan vitamin A dan vitamin C. Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan juga menghancurkan radikal bebas berbahaya yang terbentuk dari hasil metabolisme. Radikal bebas dapat merusak membran sel , sementar vitamin C memiliki sifat antioksidan yang menghancurkan radikal bebas. Pada ibu menyusui, makan buah ini dapat meningkatkan produksi susu. Satu cangkir buah belimbing hanya mengandung sekitar 40 kalori, buah ini sangat bagus untuk mengontrol berat badan. Kalium dalam buah membantu mencegah kram otot, sementara kalsium memperkuat tulang dan gigi. Belimbing juga rendah sodium, kolesterol dan lemak.

  • Salah satu manfaat belimbing bagi kesehatan adalah mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular. Kandungan antioksidan yang tinggi membantu dalam pencegahan kanker.
  • Belimbing bermanfaat membantu dalam menurunkan kolesterol.
  • Mencegah dan mengobati sembelit.
  • Membantu dalam mengendalikan gejala penyakit kuning.
  • Belimbing juga dikenal dapat mengobati sakit mata dan merangsang produksi susu pada ibu menyusui.
  • Para ilmuwan percaya bahwa belimbing memiliki peran penting untuk memperlambat penuaan sehingga menunda timbulnya tanda-tanda seperti keriput dan kulit kendur.
  • Membantu dalam menurunkan berat badan.
>>  Khasiat Kentang dengan Beragam Manfaat Kesehatan

Efek samping belimbing

Meskipun belimbing mempunyai begitu banyak manfaat bagi kesehatan, di sisi lain juga dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan pada orang-orang tertentu. Orang-orang ini adalah mereka dengan masalah ginjal, gagal ginjal kronis atau mereka yang berada di bawah perawatan dialisis ginjal. Buah ini mengandung asam oksalat berlimpah, dan itu adalah alasan mengapa belimbing mempunyai efek samping. Gangguan kesadaran, insomnia, cegukan, nyeri otot, dan kejang dapat terjadi pada orang-orang tertentu.

Belimbing mempunyai manfaat banyak untuk kesehatan. Namun, orang-orang dengan perawatan dialisis harus menahan diri untuk mengkonsumsi buah ini. Ini adalah semua tentang fakta buah belimbing yang meliputi kandungan nutrisi, manfaat belimbing bagi kesehatan, dan beberapa efek sampingnya.

Comments are closed.