Penyakit Mata Penyebab Kebutaan

Beberapa penyakit mata jika tanpa diagnosa dan pengobatan yang tepat dapat menyebabkan kebutaan yang parah. Kemampuan untuk melihat dunia sekitar kita dengan segala keindahannya merupakan berkah yang harus kita syukuri. Namun, penyakit tertentu dapat menghilangkan karunia ini.

Sebelum kita berbicara tentang kebutaan dan penyebabnya, kita akan mencoba memahami sedikit tentang penglihatan, dan bagaimana hal itu membantu kita untuk melihat sesuatu. Ketika kita melihat suatu objek, sinar cahaya dari objek memasuki mata melalui iris, dan menjangkau lensa melalui kornea. Sinar yang dibiaskan melalui kornea dan lensa mencapai retina, di mana itu membentuk sebuah objek yang terbalik. Retina adalah jaringan yang peka akan cahaya yang melapisi permukaan bagian dalam dari setiap mata dan terhubung ke otak melalui saraf optik. Citra objek ini kemudian ditransfer ke korteks visual otak melalui saraf optik, sehingga kita dapat melihat sesuatu.

Penyakit mata yang menyebabkan kebutaan

Kerusakan yang terjadi pada setiap bagian dari mata atau saraf optik, karena penyakit atau luka, dapat menyebabkan kebutaan parsial atau buta total. Secara umum, terdapat 4 penyakit mata yang seringkali dapat menyebabkan kebutaan seseorang;

Katarak
Penyakit katarak disebabkan karena lensa yang kotor dari satu atau kedua mata. Ini adalah penyakit mata penyebab kebutaan yang paling sering dialami oleh banyak orang di seluruh dunia, terutama di negara berkembang. Dengan bertambahnya usia, maka seseorang semakin rentan terkena resiko penyakit katarak.

Gejala yang terjadi adalah penglihatan kabur, kesulitan untuk melihat dalam cahaya redup, penglihatan ganda, warna tampak memudar, kepekaan terhadap cahaya terang.

Selama tahap awal pengobatan katarak, penderita dianjurkan untuk menggunakan kacamata korektif atau lensa kontak. Namun, tahap lanjutan berikutnya akan diobati dengan operasi pengangkatan lensa dan menggantinya dengan lensa buatan.

Retinopati diabetik
Diabetes disebabkan oleh penurunan kadar hormon insulin dalam tubuh, yang sangat penting untuk metabolisme gula atau glukosa dalam tubuh. Gula yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, termasuk pada retina, dan ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan.

>>  Penyebab Mata Sensitif Terhadap Cahaya

Retinopati diabetik dapat diobati dengan operasi laser. Namun, hal itu dapat dicegah dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin dan menjaga kadar glukosa darah dengan pola makan yang tepat dan berolahraga.

Glaukoma
Glaukoma adalah istilah yang digunakan untuk penyakit mata, di mana tekanan cairan di dalam mata meningkat, hingga menyebabkan kerusakan pada saraf optik. Fakta yang membuat glaukoma berbahaya adalah bahwa penderita tidak mengalami gejala pada tahap awal.

Penyakit ini dapat diobati dengan obat tetes mata dan operasi. Diagnosis yang tepat dapat mencegah hilangnya penglihatan.

Degenerasi makula
Penyakit ini juga sering disebut degenerasi makula terkait usia, dimana terjadi pada orang di atas usia 60 tahun. Penyakit ini mempengaruhi makula, ujung saraf di retina, yang memainkan peran penting dalam penglihatan.

Ada dua bentuk degenerasi makula. Degenerasi makula basah melibatkan pertumbuhan pembuluh darah abnormal di bawah makula, sedangkan degenerasi makula kering melibatkan degenerasi sel-sel fotosensitif dari makula.

Gejala yang nampak adalah kesulitan dalam mengenali warna, kesulitan untuk melihat dalam pencahayaan terang, terlihat bintik-bintik pada penglihatan si penderita.

Di atas ini adalah 4 penyakit mata yang menyebabkan kebutaan yang seringkali banyak dialami oleh orang-orang. Mata adalah salah satu bagian yang sensitif dari tubuh yang harus selalu dijaga. Jika anda mempunyai masalah dengan mata, alangkah baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter mata untuk mencegah efek berlanjut.

 
  Incoming Keywords: penyakit mata yg menyebabkan kebutaan, apa penyebab mata tidak bisa melihat, penyebab kebutaan, mata buta disbabkan oleh, penyakit mata yang bisa menyebabkan buta, sebab penyakit kebutaan, Macam2 penyakit mata yang mengakibatkan kebutaan, luka di kepala menyebabkan buta, gejala awal kebutaan, apa yg menyebabkan orang menjadi buta

, , , ,

Comments are closed.