Jenis-Jenis Periklanan

Iklan adalah promosi produk perusahaan dan pelayanan yang dilakukan, terutama untuk menaikkan penjualan produk dan jasa. Hal ini juga dilakukan untuk membangun identitas merek dan berkomunikasi atas perubahan produk lama atau memperkenalkan produk baru dan jasa kepada pelanggan. Iklan telah menjadi elemen penting dari dunia usaha dan karenanya memberikan perusahaan cukup banyak sumber daya terhadap anggaran iklan mereka. Ada beberapa alasan untuk beriklan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  •     Meningkatkan penjualan produk/ jasa.
  •     Membuat dan mempertahankan identitas merek atau citra merek.
  •     Berkomunikasi atas perubahan di lini produk yang ada.
  •     Pengenalan produk baru atau jasa.
  •     Meningkatkan nilai dari merek atau perusahaan.

Dengan demikian, ada beberapa alasan untuk beriklan. Terdapat juga berbagai media yang dapat secara efektif digunakan untuk beriklan. Di bawah ini adalah berbagai kategori atau jenis iklan.

Iklan Cetak – Koran, Majalah, Brosur

Media cetak selalu menjadi pilihan iklan populer. Iklan produk melalui surat kabar atau majalah adalah hal yang umum. Selain itu, media cetak juga menawarkan pilihan seperti brosur promosi dan selebaran untuk tujuan periklanan. Seringkali, koran dan majalah menjual ruang iklan sesuai dengan area yang digunakan oleh iklan, posisi iklan di publikasi (halaman depan / halaman tengah, di atas / di bawah lipatan). Misalnya, sebuah iklan di sebuah surat kabar yang relatif baru dan kurang populer maka biaya jauh lebih kecil dari sebuah iklan di sebuah surat kabar yang memiliki pembaca yang banyak. Harga iklan cetak mungkin juga tergantung pada kualitas kertas di mana mereka muncul. Sebagai contoh, sebuah iklan di kertas glossy maka biayanya lebih besar daripada yang menggunakan kertas biasa

Iklan luar ruangan – Reklame, Spanduk, Kios

Iklan ini menggunakan beberapa alat bantu dan teknik untuk menarik pelanggan di luar ruangan. Contoh paling umum dari iklan luar ruang adalah papan reklame, kios, dan juga peristiwa dan pameran dagang yang diselenggarakan oleh perusahaan. Namun itu harus benar-benar singkat dan menarik perhatian orang yang lewat tersebut. Kios tidak hanya menyediakan outlet yang mudah bagi produk perusahaan tetapi juga sebagai alat iklan efektif untuk mempromosikan produk perusahaan. Menyelenggarakan acara khusus atau mensponsori adalah kesempatan yang sangat baik untuk iklan. Perusahaan dapat mengatur pameran dagang, atau bahkan pameran untuk iklan produk mereka. Bukan hanya itu saja, perusahaan dapat mengatur beberapa peristiwa yang terkait erat dengan bidang mereka. Misalnya sebuah perusahaan yang memproduksi utilitas olahraga dapat mensponsori turnamen olahraga untuk mengiklankan produk-produknya.

Iklan Broadcast – Televisi, Radio dan Internet

Iklan Broadcast adalah media iklan yang sangat populer yang terdiri atas beberapa cabang seperti televisi, radio atau internet. Iklan televisi sudah sangat populer sejak mereka diperkenalkan. Biaya iklan televisi sering tergantung pada durasi iklan, waktu siaran (perdana/ jeda waktu), kadang-kadang tergantung pada acara yang akan disiarkan, dan tentu saja popularitas saluran televisi itu sendiri. Radio mungkin telah kehilangan pesonanya karena munculnya banyak media di zaman sekarang. Namun, radio tetap menjadi pilihan skala kecil bagi pengiklan. Dengan maraknya perkembangan dunia internet saat ini, maka iklan internet akan selalu menjadi sasaran pengiklan, baik gratis ataupun berbayar.

>>  Iklan Spanduk Luar Ruangan

Iklan Terselubung – Iklan di Film

Iklan terselubung adalah jenis yang unik dari iklan di mana produk atau merek tertentu yang tergabung dalam beberapa saluran hiburan dan media seperti film, acara televisi atau bahkan olahraga. Tidak ada iklan komersial seperti itu dalam hiburan tapi merek atau produk tersebut secara halus (atau kadang-kadang jelas) dipamerkan dalam acara hiburan. Beberapa contoh yang terkenal untuk jenis iklan, munculnya merek Nokia yang ditampilkan pada telepon Tom Cruise di film Minority Report, atau penggunaan mobil Cadillac di film Matrix Reloaded.

Iklan Pengganti – Iklan secara tidak langsung

Iklan pengganti secara jelas terlihat di mana iklan produk tertentu dilarang oleh hukum. Iklan untuk produk seperti rokok atau alkohol yang berbahaya bagi kesehatan dilarang oleh hukum di beberapa negara. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan ini dengan beberapa produk lainnya yang memiliki nama merek yang sama dan secara tidak langsung mengingatkan orang atas rokok atau alkohol dari merek yang sama dengan iklan produk lainnya.

Iklan Sosial – Iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah teknik yang menggunakan iklan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan sosial yang relevan tentang hal-hal penting seperti AIDS, konservasi energi, integritas politik, deforestasi, buta huruf, kemiskinan dan sebagainya. ‘David Ogilvy’ yang dianggap sebagai salah satu pelopor konsep iklan dan pemasaran telah mendorong penggunaan bidang periklanan untuk tujuan sosial. Ogilvy pernah berkata, “Iklan membenarkan keberadaannya bila digunakan untuk kepentingan umum – Hal itu jauh terlampau kuat dibandingkan sebagai alat yang digunakan semata-mata untuk tujuan komersial”. Sekarang ini iklan layanan masyarakat telah semakin banyak digunakan pada non-komersial di beberapa negara di seluruh dunia dalam rangka untuk mempromosikan masalah sosial.

Iklan Selebriti

Menggunakan selebriti untuk menjadi bagian dari iklan. Meskipun masyarakat semakin pintar dan cerdas dan konsumen semakin kebal terhadap klaim berlebihan yang dibuat oleh iklan, ada bagian dari pengiklan yang masih percaya akan selebriti-bahwa kepopuleran selebriti tersebut akan mendongkrak penjualan mereka. Seberapa efektif iklan tersebut, adalah sesuatu yang setiap konsumen dapat menentukannya sendiri.

Masing-masing dari jenis iklan yang disebutkan memiliki tingkat efektivitas sendiri-sendiri. Hal tersebut adalah tugas dari pengelola periklanan untuk mengetahui jenis yang terbaik dan paling layak bagi perusahaan.

 
  Incoming Keywords: kategori iklan, iklan yang tampil di televisi merupakan jenis iklan media, jenis2 periklanan, kategori dalam iklan

,

Comments are closed.