Anemia Pada Wanita

A nemia dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi atau juga dapat terkait dengan kekurangan asam folat atau vitamin B12. Artikel ini adalah informasi lebih lanjut tentang penyebab dan gejala anemia pada wanita.

Istilah anemia biasanya digunakan untuk mengacu pada penurunan jumlah sel darah merah atau rendahnya tingkat hemoglobin. Hal ini dapat terdiri beberapa jenis anemia yang berbeda, dan masing-masing jenis anemia dapat disebabkan oleh faktor yang berbeda pula. Misalnya dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi atau kekurangan asam folat dan vitamin B12. Kondisi ini dapat menghasilkan beberapa gejala, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan kondisi.

Penyebab anemia pada wanita

Wanita, khususnya pada usia subur, akan lebih untuk menderita kondisi ini, terutama karena kehilangan darah setiap anemia wanitabulan selama siklus menstruasi. Banyak wanita dapat menderita anemia pada kehamilan juga. Seperti yang sudah disebutkan, ada berbagai jenis anemia seperti anemia kekurangan zat besi, anemia kekurangan vitamin, anemia aplastik, anemia hemolitik, anemia sel sabit dan anemia yang disebabkan oleh penyakit kronis dan penyakit sumsum tulang. Anemia defisiensi besi dapat disebabkan oleh kurangnya zat besi pada tingkat yang lebih besar dibandingkan tingkat normal karena kehilangan darah yang disebabkan oleh wasir, polip, tukak lambung, tumor dan datang bulan. Diet rendah zat besi dan penyerapan yang buruk dari zat besi juga dapat menyebabkan anemia jenis ini.

Anemia yang disebabkan karena kekurangan vitamin dapat dialami karena kekurangan vitamin B12 dan asam folat. Hal ini dapat dikaitkan dengan diet rendah vitamin dan ketidakmampuan tubuh untuk menyerap vitamin B12 secara efektif. Selain ini, penyakit seperti kanker, HIV/ AIDS, leukimia, gagal ginjal, dan myelodysplasia dapat menyebabkan kondisi ini. Di sisi lain, anemia aplastik ditandai oleh ketidakmampuan sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah yang cukup, sedangkan anemia hemolitik adalah kondisi di mana sel-sel darah merah dapat hancur pada tingkat yang jauh lebih cepat. Anemia sel sabit adalah jenis anemia yang parah, di mana sel-sel darah merah berbentuk sabit dan mati dalam waktu yang singkat.

Tanda anemia pada wanita

Tanda-tanda anemia pada wanita hampir sama dengan gejala yang terjadi pada pria. Gejala dapat berbeda tergantung pada jenis tertentu dan tingkat keparahan kondisi. Anemia ringan mungkin tidak memberikan gejala atau hanya menghasilkan gejala ringan. Berikut adalah tanda anemia pada wanita;

Kelelahan yang terlalu sering, sesak nafas, denyut jantung tidak teratur, pusing, tangan dan terasa kaki dingin, memori yang menurun, kulit pucat, mudah marah, sakit kepala, dan pikun.

Selain di atas, jenis anemia yang parah seperti anemia sel sabit dapat menghasilkan beberapa gejala lain seperti tangan dan kaki bengkak, penyakit kuning, nyeri di dada, perut dan sendi, serta masalah penglihatan. Anemia hemolitik juga dapat menyebabkan penyakit kuning, nyeri di perut dan bagian lain dari tubuh. Gejala-gejala anemia aplastik mirip dengan gejala umum untuk kondisi ini. Selain itu dapat menyebabkan gusi berdarah, mimisan, dan pembekuan darah yang lambat.

>>  Gejala Hemoglobin Rendah dan Penyebab HB Rendah

Tips mengatasi

Untuk mengatasi anemia tergantung pada penyebab anemia. Suplemen zat besi diperlukan bagi penderita anemia karena kekurangan zat besi. Diet yang kaya nutrisi dan mengandung zat besi juga bisa membantu meringankan anemia jenis ini. Anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 dan asam folat juga dapat diobati dengan suplemen vitamin ini.

Untuk anemia aplastik, transfusi darah maupun transplantasi sumsum tulang akan diperlukan untuk pengobatan. Transplantasi sumsum tulang dengan obat yang tepat dan kemoterapi biasanya digunakan untuk mengobati anemia yang disebabkan oleh penyakit sumsum tulang. Pengobatan untuk anemia sel sabit dapat meliputi pemberian obat antibiotik, transfusi darah, suplemen asam folat. Bisa dilihat, pengobatan yang diberikan dapat bervariasi tergantung pada jenis anemia.

Gejala seperti halnya mudah lelah, lemah, kurang konsentrasi seringkali dianggap sebagai hasil dari stres fisik dan mental. Namun, gejala ini tidak boleh dikesampingkan dan diabaikan begitu saja sebagai masalah kecil, karena kemungkinan konsisi ini dapat disebabkan oleh anemia. Jika tidak diobati, hal ini akan menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan yang lebih parah.

 
  Incoming Keywords: anemia di sertai nyeri di perut, akibat anemia, anemia pada wanita, apakah sakit punggung merupakan tanda anemia

Trackbacks/Pingbacks

  1. Gejala Kekurangan Zat Besi pada Pria Wanita Anak Balita

    […] Anemia Pada Wanita […]