Daftar Riwayat Hidup Curriculum Vitae

Curriculum vitae(CV) atau lazimnya sering disebut dengan daftar riwayat hidup adalah dokumen formal yang menyoroti prestasi profesional dan pribadi anda. Penulisan daftar riwayat hidup yang baik memberikan semua informasi yang diperlukan secara singkat dan to the point. Dalam artikel ini akan diberikan beberapa tips untuk menulis daftar riwayat hidup yang efektif, yang akan membantu anda dalam berkompetisi dan lebih dekat dengan pekerjaan yang anda inginkan.

Jika diartikan dalam arti luas, curriculum vitae pada dasarnya adalah bagian ringkasan dari kehidupan penulis. Ketika anda mencari pekerjaan, anda diwajibkan menulis daftar riwayat hidup atau curriculum vitae. Beberapa elemen dasar yang disertakan dalam dokumen ini terdiri dari kualifikasi pendidikan, pengalaman profesional, dan kualifikasi lainnya atau prestasi, baik akademik maupun non akademik. Dokumen tersebut juga berisi beberapa fakta pribadi lainnya seperti usia, alamat, bahkan hobi. Pada umumnya, membuat daftar riwayat hidup lebih rumit daripada resume.

Penting untuk diingat, bahwa terdapat perbedaan antara daftar riwayat hidup dan resume. CV biasanya ditulis di mana aplikasi ini bersifat lebih akademis. Secara keseluruhan, jika anda melamar pekerjaan di mana sentuhan manusia dan kehadiran emosi manusia diperlukan, CV akan menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan resume.

Format daftar riwayat hidup

Ada beberapa unsur penting yang harus disertakan saat menulis CV. Jika anda menggunakan template curriculum vitae, maka anda tidak perlu repot karena telah siap pakai.

  • Hal pertama mencakup semua fakta pribadi seperti tanggal lahir, usia, agama, alamat dan status perkawinan.
  • Rincian berikutnya terdiri dari kualifikasi akademik yang diikuti oleh beberapa rincian partisipasi akademik ekstra kurikuler, seperti proyek dan kegiatan lainnya.
  • Bagian ketiga dapat berisi semua rincian mengenai pengalaman kerja.
  • Adanya tambahan prestasi yang berhubungan dengan olahraga, seni atau bidang yang lain.
>>  Cara Mengetik Cepat Tanpa Melihat Keyboard

Dalam menulis daftar riwayat hidup, usahakan membuatnya sesuai dengan format standar perusahaan. Bagi perusahaan, format standar tersebut akan berguna untuk memudahkan penilaian dan hal-hal yang ingin diketahui dari kita.

Contoh curriculum vitae daftar riwayat hidup

Berikut ini adalah contoh daftar riwayat hidup yang dapat anda gunakan sebagai template saat menulis CV.

Daftar riwayat hidup non pengalaman kerja

Daftar riwayat hidup dengan pengalaman kerja

Curriculum vitae bagi fresh graduated

Curriculum vitae bagi yang sudah mempunyai pengalaman kerja

 
  Incoming Keywords: artikel tentang daftar riwayat hidup, cv dan riwayat hidup apakah sama?, perbedaan curiculum vitage dan riwayat hidup, perbedaan cv dan riwayat hidup

, ,

Comments are closed.