Penyebab Kentut Berbau Busuk

Apa sebenarnya yang menjadi penyebab kentut dengan bau yang busuk? Perut terasa kembung bisa disebabkan oleh berbagai faktor, adapun dikarenakan dari konsumsi makanan tertentu, atau juga akibat penggunaan obat-obatan yang dapat mengganggu sistem pencernaan. Penyebab serta beberapa solusi sederhana untuk mengatasi masalah ini akan dibahas dalam artikel ini.

Gas di dalam usus adalah campuran dari oksigen, nitrogen, karbondioksida, hidrogen dan metana. Gas ini dihasilkan sebagai produk sampingan selama proses pencernaan makanan. Hal ini umumnya dikeluarkan dari tubuh, baik melalui mulut atau melalui rektum. Ketika gas ini dikeluarkan melalui mulut, hal ini disebut dengan sendawa atau bersendawa, sementara gas yang dikeluarkan melalui rektum disebut flatus, lazimnya kita menyebutnya buang angin, atau yang lebih akrab adalah dengan sebutan “KENTUT”. Gas yang melewati rektum kadang bau dan kadang juga tidak bau. Jika kentut ini berbau busuk, hal ini sering disebabkan oleh fermentasi bahan makanan atau sampah di dalam usus besar. Fermentasi tersebut menghasilkan gas sulfur yang mengakibatkan bau busuk pada kentut.

Penyebab kentut

Sejumlah faktor dapat menjadi penyebab kentut. Salah satu penyebab kentut paling umum adalah menelan udara saat makan, yang disebut dengan istilah aerophagia. Hal ini dapat menyebabkan bersendawa dan masalah perut kembung setelah makan. Namun, hal biasanya tidak menyebabkan kentut dengan bau busuk. Kentut dengan bau yang busuk dapat disebabkan oleh pencernaan makanan oleh bakteri di usus. Makanan tertentu yang mengandung jumlah tinggi serat dan karbohidrat kompleks seperti polisakarida, tidak dapat sepenuhnya dicerna oleh enzim perut. Hal ini memberikan kesempatan bakteri di usus untuk mencerna makanan ini dan menghasilkan gas sewaktu masih dalam proses. Ini adalah alasan mengapa makanan seperti kacang-kacangan, kembang kol, dan produk gandum menyebabkan bau busuk pada kentut.

Mengkonsumsi produk susupun juga dapat menyebabkan kentut. Pada kasus intoleransi laktosa, tubuh tidak dapat sepenuhnya mencerna susu dan produk makanan yang dibuat dari produk susu. Ini memungkinkan bakteri di usus untuk melakukan fermentasi dan menghasilkan gas. Selain ini, kondisi lain dapat disebabkan oleh sembelit, penyakit radang usus, ulcerative colitis, diverticulitis dan sindrom iritasi usus besar. Biasanya, terlalu sering menggunakan obat pencahar serta asupan obat-obatan tertentu seperti antibiotik juga dapat menyebabkan masalah ini.

>>  Sakit Perut Kentut Terus Menerus

Mengatasi kentut berbau busuk

Untuk mengurangi kadar gas lambung berlebih dan ketidaknyamanan yang terkait, berikut ini adalah solusinya. Cara terbaik untuk mencegah kondisi ini adalah dengan membuat beberapa perubahan atau modifikasi dalam pola makan dan gaya hidup. Yang pertama, cobalah untuk makan perlahan-lahan dengan mengunyah makanan dengan benar. Hal ini akan mengurangi jumlah udara pada saat anda menelan makanan. Seiring dengan ini, perhatikan jenis makanan yang anda makan akhir-akhir ini. Ini akan membantu anda untuk mengetahui makanan tertentu yang menyebabkan bau busuk si kentut. Jika makanan tertentu menjadi penyebab kentut anda berbau busuk, maka kurangilah untuk mengkonsumsinya.

Jika anda mengalami intoleransi laktosa, cobalah untuk mengurangi atau menghindari mengkonsumsi produk susu untuk mengatasi masalah kentut. Selain itu juga harus mengurangi asupan minuman berkarbonasi. Makan makanan berlemak terlalu banyak juga dapat menyebabkan masalah kentut. Oleh karena itu, kurangilah jumlah makanan tersebut dan mencoba untuk mengikuti diet yang sehat dan seimbang. Di samping cara-cara sebelumnya, anda dapat mencoba dengan mengkonsumsi jahe, teh peppermint, cengkeh, biji adas, biji kapulaga, kayu manis dan ketumbar.

Pada umumnya, perubahan pola makan dan gaya hidup yang disebutkan di atas akan membantu anda untuk mengatasi masalah kentut berbau busuk. Namun, jika masalah ini terus berlanjut untuk waktu yang lama, berbicaralah dengan dokter untuk mendapatkan diagnosa lebih rinci. Kentut yang berbau busuk dan berlebihan dapat disebabkan oleh masalah kesehatan dari saluran pencernaan.

 
  Incoming Keywords: kentut bau, penyebab sering kentut dan bau, Kenapa kentut bau, sebab kentut bau, sering kentut bau, Kalau kentut bau, cara menghilangkan kentut bau, kenapa kentut saya bau banget, Kenpa kentut bs bau, makanan yang menyebabkan bau kentut

, , , ,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tanda Gejala Perut Kembung

    […] bau busuk Tanda lain dari perut kembung adalah sering kentut dengan bau busuk. Berbeda dengan perut yang normal, kentutnya tidak akan bau meski kentut dengan suara yang […]