Penyebab Lemak Berlebih pada Perut

O besitas perut atau lemak berlebih pada perut yang terlihat buncit adalah hasil dari berbagai penyebab seperti genetik, menopause, stres, makan berlebihan, dan banyak penyebab lain. Artikel berikut akan menjelaskan beberapa penyebab lemak berlebih pada perut.

Obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling umum di seluruh dunia. Banyak faktor seperti makan berlebihan, kurang berolahraga dan gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab obesitas. Lemak berlebih pada menghilangkan lemakperut adalah jenis yang paling utama dari obesitas. Hal ini juga dikenal sebagai lemak visceral. Lemak berlebih pada perut sering terjadi pada pria dan wanita. Ini tidak hanya mempengaruhi penampilan seseorang, tetapi juga menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Hal ini dapat menyebabkan diabetes tipe 2, penyakit kolesterol dan trigliserida dalam darah, serta tekanan darah tinggi yang menyebabkan penyakit jantung atau stroke. Berbagai faktor genetik dan fisik juga menjadi alasan yang menyebabkan kelebihan lemak di perut.

Penyebab lemak berlebih pada perut

Stres
Menurut penelitian, kelebihan kadar lemak pada perut bisa disebabkan karena stres. Ketika anda mengalami stres, hormon kortisol akan dilepaskan. Kortisol merangsang penyimpanan lemak di sekitar perut. Oleh sebab itu, ketika anda merasakan stres, maka sering merasa lapar dan cenderung makan lebih banyak. Ini adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Genetika
Ada 2 jenis bentuk tubuh yaitu tubuh dengan bentuk apel dan yang satunya berbentuk pir. Jika mempunyai tubuh berbentuk buah pir, maka mengakibatkan akumulasi lemak di bagian bawah tubuh. Sedangkan tubuh berbentuk apel menyimpan lemak pada perut. Kebanyakan orang memiliki tubuh berbentuk apel. Jika salah satu orang tua anda memiliki tipe tubuh seperti itu, maka anda berada pada resiko lebih tinggi memiliki lemak berlebih pada perut.

Metabolisme yang lambat
Tingkat Metabolisme merupakan faktor utama yang menyebabkan lemak pada perut. Proses metabolisme yang lebih lambat menyebabkan kurangnya pembakaran kalori dan akumulasi kelebihan lemak. Anda dapat meningkatkan tingkat metabolisme basal dengan diet bergizi dan seimbang serta olahraga dengan teratur.

Pencernaan buruk
Makan berlebihan dan pencernaan yang buruk dapat menyebabkan sejumlah masalah pencernaan. Hal ini juga menyebabkan perut kembung. Tidur dengan segera setelah makan juga dapat meningkatkan resiko penyimpanan lemak di sekitar daerah perut.

>>  Manfaat Diet Seimbang Bagi Tubuh

Tidak berolahraga
Jika anda mengikuti gaya hidup malas dan terus-terusan makan tanpa aktivitas fisik, maka ini dapat menyebabkan obesitas dan akumulasi lemak berlebihan pada perut. Hal ini sangat penting untuk membakar kalori melalui olahraga teratur untuk menjaga berat badan yang sehat.

Postur tubuh
Postur tubuh yang buruk dapat memberi anda penampilan perut terlihat seperti periuk.

Alkoholisme
Alkohol menghambat laju metabolisme dan meningkatkan obesitas. Kalori yang diperoleh dari kelebihan alkohol sering disimpan di daerah perut.

Menopause
Menopause adalah salah satu alasan utama untuk lemak berlebih pada perut wanita. Setelah menopause, banyak wanita cenderung mengalami penumpukan lemak di sekitar perut karena perubahan hormon.

Tips mengurangi lemak berlebih pada perut

Banyak orang yang berpikir bahwa kelebihan lemak pada perut dapat dikurangi dengan cara menurunkan berat badan. Tapi, hal itu tidak cukup untuk menghilangkan lemak berlebih pada perut. Anda harus memilih rezim diet khusus untuk menurunkan kadar lemak di perut seperti diet sehat yang memiliki keseimbangan yang tepat dari serat, protein, lemak, dan karbohidrat. Rutin berolahraga adalah cara terbaik untuk mengurangi lemak pada perut. Melakukan olahraga berat, senam aerobik, berlari, jogging, berenang, dan jalan cepat terbukti dapat membantu mengatasi masalah ini.

Untuk mencegah lemak yang berlebih pada perut, anda juga harus mengikuti gaya hidup sehat yang meliputi diet sehat dan seimbang disertai olahraga rutin. Anda juga dapat memilih teknik manajemen stres seperti meditasi, yoga, dan relaksasi untuk meredakan stres.

 
  Incoming Keywords: apa penyebar lemak diperut, bentuj lemak, penumpukan lemak disebut

,

Comments are closed.