Gejala Flu Perut Penyebab dan Pengobatan

Gejala flu perut tidak berhubungan dengan influenza, meskipun dari istilah namanya terlihat mirip. Hal ini mengacu pada infeksi perut yang mempengaruhi usus. Infeksi pada perut ini disebabkan oleh virus dan dikenal dengan istilah gastroenteritis. Flu perut adalah infeksi yang menyebabkan perut dan usus mengalami peradangan. Kondisi ini tidak mengganggu orang yang sehat. Namun, bagi orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah, infeksi bisa saja terjadi dan sangat mengganggu.

Gejala flu perut

Gejala umum flu perut termasuk diare, nyeri, dan kram di daerah sekitar perut, serta demam ringan. Bersama dengan ini mungkin dapat terjadi mual dan muntah, nyeri otot dan sakit kepala sesekali. Dalam kasus jika mengandung darah, maka mungkin menunjukkan infeksi yang parah. Masa inkubasi flu perut cenderung berkisar dari 4 jam sampai 1-2 hari. Namun, mungkin tergantung pada jenis virus. Gejala ini cenderung memiliki masa durasi satu atau dua hari. Pada beberapa kasus, ini dapat berlangsung selama 10 hari.

Penyebab flu perut

Rotavirus dan noroviruses adalah patogen penyebab flu perut. Infeksi ini sangat menular. Seseorang yang mengalami infeksi dapat melakukan kontak melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Bahkan berbagi benda seperti peralatan, handuk atau makanan dari orang yang terinfeksi.

Pengobatan flu perut

Tidak ada pengobatan khusus untuk menyembuhkan flu perut. Karena hal ini disebabkan oleh virus, maka penggunaan antibiotik tidak akan membantu. Dokter biasanya merekomendasikan penderita untuk mengikuti beberapa langkah-langkah perawatan di rumah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan istirahat untuk makan dan minum selama beberapa jam. Minum banyak cairan setiap hari sangat diperlukan.

Setelah itu, makan dapat dilanjutkan secara bertahap. Adalah lebih baik untuk memulai dengan makanan yang mudah dicerna seperti pisang. Makanan yang mengandung kafein, alkohol, dan nikotin harus dihindari. Hal ini juga bijaksana untuk menjauhi produk susu dan makanan berlemak. Mendapatkan banyak istirahat juga penting untuk mengontrol gejala flu perut.

Gastroenteritis dapat dicegah dengan mengikuti pola kebersihan yang tepat. Mencuci tangan secara menyeluruh, terutama setelah pergi ke kamar kecil, dan menggunakan barang-barang pribadi yang terpisah, adalah beberapa pertimbangan penting untuk diperhatikan. Selain itu, hindarilah kontak dekat dengan orang yang terkena.

 
  Incoming Keywords: flu perut, Gejala flu perut, flu perut pada dewasa, definisi penyakit flu perut, flu dan sakit lambung, flu lambung/ flu perut, apa yang dimaksud dengan penyakit influenza perut, flu perut gejala dan pemyebab, flu perut pada wanita, flu usus

Comments are closed.